Perbaikan Jalan Nasional Jabar-Jateng di Banjar Sebabkan Kemacetan

Perbaikan Jalan Nasional Jabar-Jateng di Banjar Sebabkan Kemacetan
Antrian panjang kendaraan di Jalan nasional Jabar-Jateng tepatnya di Jalan M. Isa di lingkungan Cipadung. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Imbas perbaikan jalan Nasional Jabar-Jateng tepatnya di Jalan Brigjen M. Isa lingkungan Cipadung, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, menyebabkan antrian panjang kendaraan yang melintas.

Salah seorang warga setempat, Sukendar, mengatakan, kejadian antrian kendaraan di jalan tersebut sudah berlangsung sejak sepuluh hari yang lalu karena ada perbaikan jalan yang amblas di perbatasan Banjar-Ciamis.

Sehingga laju kendaraan menjadi lambat dan terjadi penumpukan kendaraan yang melintas.

Bahkan sebelumnya antrian yang terjadi sempat mencapai 1 kilometer.

Kemacetan tersebut, lanjutnya, terjadi setiap 10 menit sekali terutama saat jam sibuk kerja yaitu pada pagi hari sekitar pukul 07:00 Wib dan saat sore hari dari pukul 14:00-17:00 Wib.

“Sudah sepuluh hari yang lalu mulai macet. Setiap sepuluh menit sekali macetnya. Masalahnya di jalannya juga lambat,” kata Sukendar kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: FPSH-HAM Kota Banjar Bagikan Sembako Bantu Warga Pra Sejahtera

Warga berharap agar perbaikan jalan Jabar-Jateng tersebut cepat selesai supaya arus lalu lintas kendaraan bisa berjalan lancar.

“Kami penginnya untuk perbaikannya cepat selesai supaya arus kendaraan bisa berjalan lancar lagi,” ujarnya.

Dinas Perhubungan Banjar Pasang Rambu di Jalan Nasional Jabar-Jateng

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, Ajat Sudrajat, melalui kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Fera Mada Pratama, mengatakan, terkait adanya perbaikan di jalan nasional tersebut pihaknya sudah memasang road barrier dan rambu-rambu di lokasi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Adapun rekayasa lalu lintas untuk meminimalisir kemacetan di lokasi tersebut sementara ini hanya dilakukan pengaturan sistem buka tutup dengan melibatkan masyarakat agar arus lalu lintas bisa berjalan dengan lancar.

“Sementara kami melakukan sistem buka tutup jalan nasional Jabar-Jateng agar arus lalu lintas berjalan lancar dan tertib,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih melalui Kasat Lantas, AKP. Purwadi, mengatakan, untuk pengaturan itu pihaknya memberlakukan sistem buka tutup baik dari arah Banjar menuju Ciamis maupun dari arah sebaliknya selama 1×24 jam.

Sampai saat ini, lanjutnya, untuk rencana pengalihan arus tidak dilakukan karena selama ini tidak ada kendala.

Selain itu sudah ada pengaturan ritme kendaraan dengan sistem buka tutup baik dari arah Barat maupun Timur.

Sebagai antisipasi apabila terjadi kemacetan padat karena lokasi tersebut merupakan jalan nasional, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PPK sehingga saat weekend atau hari libur pekerjaan yang panjang nanti akan diperpendek agar lalu lintas terkendali.

“Kami harap warga bersabar karena memang ini jalan sedang ada perbaikan. Mungkin beberapa saat harus menunggu tetapi tidak ada kemacetan. Hanya menunggu beberapa saat saja karena bergantian kendaraannya. Kami juga terus memantau arus lalu lintas kendaraan,” jelasnya. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang