Senin, Agustus 15, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi LOVEBALI Diperbaharui, Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali

Aplikasi LOVEBALI Diperbaharui, Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali

Aplikasi LOVEBALI diperbaharui sebelum resminya pembukaan pariwisata di Pulau Dewata. Dalam beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Bali mengembangkan sebuah aplikasi wisata yang bernama LOVEBALI.

Pemerintah rencananya akan membuka penerbangan internasional menuju Pulau Bali yang rencananya mulai pada pertengahan bulan Oktober ini.

Namun demikian, Pemerintah Bali pun juga akan melakukan adanya pemutakhiran aplikasi LOVEBALI sebelum semua rencana tersebut terwujud.

Sebelumnya, Pemerintah Bali menetapkan adanya peraturan no. 15243 tahun 2020 mengenai persyaratan para wisatawan yang akan mengunjungi Bali, salah satunya untuk menginstal aplikasi LOVEBALI.

Baca Juga: Fitur Aplikasi PeduliLindungi Dapat Diakses di Aplikasi Lain, Apa Saja?

Aplikasi LOVEBALI Diperbaharui Sebelum Wisata Bali Resmi Dibuka

Perlu Anda ketahui bahwa Diskominfos Bali sebelumnya telah menyiapkan aplikasi LOVEBALI sejak tahun 2020 lalu. Karena kala itu kasus Covid-19 masih cukup mengkhawatirkan, maka penggunaan aplikasi ini pun belum dapat maksimal.

Berkaitan dengan adanya rencana membuka Bali bagi para wisatawan asing, maka Diskominfos pun akan kembali mengaktifkan LOVEBALI.

Rencananya, Bali akan terbuka tidak hanya untuk wisatawan lokal saja, akan tetapi juga bagi para wisatawan asing dari berbagai negara. Dalam hal ini, keseluruhan wisatawan tersebut akan termasuk dalam aplikasi LOVEBALI.

Terkait dengan adanya rencana aplikasi LOVEBALI yang akan diperbaharui, pemerintah setempat menerima data pariwisata yang mereka manfaatkan sebagai dasar dalam pengembangan kebijakan.

Manfaat Aplikasi LOVEBALI

Penggunaan aplikasi LOVEBALI bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pemerintah dalam melakukan pelacakan terkait dengan Covid-19. Saat ini dapat terbilang sebagai masa transisi, maka penggunaan aplikasi LOVEBALI selain demi keamanan masyarakat sekitar juga untuk keamanan para wisatawan yang menuju Bali.

Para wisatawan selama di Bali perlu mengakses LOVEBALI. Pemerintah Bali juga menghimbau para wisatawan untuk selalu menyalakan GPS mereka. Dalam hal ini, wisatawan tidak perlu khawatir, karena hal tersebut tidak akan meretas privasi mereka.

Apabila para wisatawan mengalami suatu masalah atau keluhan selama berlibur di Bali, maka wisatawan dapat menyampaikan keluhan melalui laman aplikasi. Melalui aplikasi LOVEBALI, Pemerintah Provinsi Bali berusaha melakukan perlindungan bagi para wisatawan agar lebih nyaman selama mereka berlibur di Bali.

Baca Juga: Aplikasi yang Berbahaya di HP Android, Awas Jangan Sampai Terunduh!

Upaya Pembaharuan Aplikasi LOVEBALI

Sebelum adanya upaya pembaharuan, LOVEBALI merupakan salah satu aplikasi hasil pengembangan Pemerintah Provinsi Bali untuk mempermudah memperoleh data kepariwisataan.

Selanjutnya data tersebut akan melalui proses pengolahan sebagai dasar dalam membuat kebijakan. Aplikasi LOVEBALI mempunyai fitur tracking atau pelacakan serta history perjalanan yang hampir sama dengan aplikasi PeduliLindungi.

Pemerintah Provinsi Bali pun bermusyawarah dengan PeduliLindingi terkait kemungkinan adanya integrasi dalam memudahkan para wisatawan.

Selanjutnya, terkait kabar aplikasi LOVEBALI diperbaharui, salah satu upayanya adalah pengembangan fitur kontribusi wisatawan dengan menggandeng BPD Bali pada sistem pembayaran. Ini berdasarkan keterangan langsung dari Diskominfos Bali.

Selain melakukan pengembangan fitur, Diskominfos Provinsi Bali juga akan mempersiapkan berbagai jenis urusan teknis pada aplikasi LOVEBALI. Urusan teknis tersebut meliputi migrasi sistem aplikasi LOVEBALI menuju komputasi awan AWS serta integrasi sistem aplikasi LOVEBALI.

Panduan Isi Aplikasi LOVEBALI

Meskipun aplikasi LOVEBALI telah diperbaharui, akan tetapi tidak ada perubahan terkait dengan panduan isi dari aplikasi ini. Adapun panduan isi dari aplikasi LOVEBALI antara lain:

  1. Anda kunjungi lama https://lovebali.baliprov.go.id/
  2. Lalu lakukan proses pendaftaran akun
  3. Berikutnya, lakukan verifikasi akun. Pada langkah ini akan terdapat kode OTP yang terkirim ke email pengguna. Kemudian lengkapi data diri yang meliputi titel, nama, email, no HP, NIK atau no paspor, kewarganegaraan, pekerjaan, tanggal lahir, bahasa serta mata uang.
  4. Selanjutnya isi halaman profil
  5. Lalu mengisi data kunjungan wisatawan.
  6. Setelah semua Anda isi dengan lengkap, maka Anda dapat memilih button simpan data. Secara otomatis akan tertera tulisan terimakasih dan proses pengisian aplikasi pun selesai Anda lakukan.

Pemerinta Provinsi Bali akan resmi membuka Bali untuk wisatawan asing mulai 14 Oktober mendatang. Gubernur Bali, Wayan Koster pun menyatakan kesiapan mereka untuk membuka pariwisata Bali bagi wisatawan asing. Ini Wayan ungkapkan pada Selasa 5 Oktober 2021 lalu.

Selain aplikasi LOVEBALI diperbaharui, Pemerintah setempat juga memberikan sejumlah persyaratan lain bagi para wisatawan. Persyaratan tersebut antara lain para wisatawan yang akan berkunjung ke Bali telah melalui dua dosis vaksin Covid-19. Selain itu, mengisi eHac yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindingi serta LOVEBALI lalu menyertakan hasil PCR. (R10/HR Online)