Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruHP Samsung Galaxy A03 Siap Rilis, Mengemas SoC Unisoc SC9863A

HP Samsung Galaxy A03 Siap Rilis, Mengemas SoC Unisoc SC9863A

HP Samsung Galaxy A03 telah muncul di situs sertifikasi Wi-Fi Alliance. Hal tersebut mengisyaratkan jika perangkat ini sepertinya akan meluncur dalam waktu dekat. Smartphone ini hadir dengan nomor model SM-A032F/DS.

Dari keterangan situs sertifikasi tersebut tidak banyak membocorkan informasi terkait perangkat. Namun laporan sebelumnya menunjukan bahwa Galaxy A03 sepertinya memperoleh dukungan tenaga SoC Unisoc SC9836A.

Smartphone ini rumornya akan mengemas baterai berkapasitas 5000mAh dengan RAM berkapasitas 2GB serta memperoleh varian RAM 3GB. Hampir sama dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A02.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy A02, Mengusung OS Android Terbaru (Android 11)

HP Samsung Galaxy A03 Muncul di Wi-Fi Alliance

Sebelumnya Samsung telah berhasil meluncurkan Samsung Galaxy A03s di India bulan lalu. Ini merupakan salah satu smartphone terjangkau yang hadir dengan layar HD+ 6,5 inch serta prosesor MediaTek Helio P35.

Perangkat ini hadir dengan harga Rs 11.499 di pasar India. Kini, sepertinya perusahaan Korea Selatan ini tengah mengerjakan varian Galaxy A03s yang dipangkas.

Perangkat baru tersebut mengusung nomor model SM-032F dan dapat diluncurkan sebagai Galaxy A03. Selain muncul di Wi-Fi Alliance, smartphone ini juga telah nampak di database Geekbench yang telah mengungkap beberapa spesifikasi utama Galaxy A03 sebelum peluncuran.

Baca Juga: Samsung Galaxy A03s Meluncur, Harga Terjangkau dengan Baterai Besar

Samsung Galaxy A03 Terungkap di Beberapa Sertifikasi

Berdasarkan hasil tes Geekbench, Samsung Galaxy A03 akan mengemas prosesor Unisoc SC9863A yang memiliki PowerVR Rogue GE8322. Ini merupakan chipset cukup kuat yang biasa tersemat pada perangkat entry level.

Smartphone ini akan datang dengan RAM 2GB. Hampir sama dengan pendahulunya, Galaxy A02, smartphone ini kemungkinan memperoleh varian RAM 3GB.

Pada sisi perangkat lunaknya, handset ini akan menjalankan Android 11 di luar kotak dengan One UI 3.1 di atasnya. HP Samsung Galaxy A03 telah berhasil mencetak skor 123 dan 468 poin dalam tes single-core bahkan tes multi core masing-masing di daftar Geekbench.

Tidak banyak informasi mengenai perangkat ini yang terungkap dalam sertifikasi tersebut. Akan tetapi, sepertinya smartphone yang akan datang ini memperoleh pita Wifi 2.4 GHz dengan 802.11 b/g/n serta WiFi Direct. Bulan lalu, Samsung Galaxy A03 nampak pada Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) serta daftar Geekbench.

Daftar FCC AS menyebutkan bahwa smartphone yang akan datang ini mengemas baterai berkapasitas 5000 mAh. Selanjutnya, dalam daftar tersebut menyebutkan opsi konektivitas jaringan smartphone serta tidak disebutkan konektivitas 5G.

Nomor model pada daftar FCC AS adalah SM-A03M. Sedangkan pada Geekbench terdaftar dengan nomor model SM-A032F. Hal ini mengisyaratkan bahwa smartphone ini akan datang dengan beberapa model.

Harapan Spesifikasi Lain HP Samsung Galaxy A03

Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan smartphone Galaxy A02s pada tahun 2020. Sedangkan Galaxy A02 memulai debut perdananya pada Januari 2021. Kedua perangkat ini mempunyai spesifikasi hampir sama, kecuali untuk perangkat kerasnya.

Dengan adanya asumsi ini, kita dapat mengharapkan HP Samsung Galaxy A03 menawarkan spesifikasi sama dengan Galaxy A03s, kecuali pada prosesor Unisoc.

Galaxy A03 kemungkinan akan menampilkan layar HD+ 6,5 inch dengan rasio aspek 20:9. Untuk dukungan aktivitas fotografinya, smartphone ini akan menampilkan pengaturan tiga kamera pada bagian belakang.

Kamera tersebut mungkin terdiri dari kamera utama 13MP, sepasang unit kamera makro, dan kedalaman yang masing-masing memiliki resolusi 2MP. Untuk kamera depannya kemungkinan tersemat kamera selfie 5MP.

Dari segi konektivitas HP Samsung Galaxy A03 sepertinya menawarkan berbagai fitur pendukung. Mulai dari dual-SIM, 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, jack audio 3.5mm, dan port USB Type-C. Handset ini juga mungkin menampilkan sensor sidik jari yang tersemat di samping seperti Galaxy A03.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy S22 Ultra Usung Bentuk Modul Kamera Berbeda

Kisaran Harga HP Samsung Galaxy A03

Samsung meluncurkan smartphone lain yang bernama Galaxy A03s belum lama ini. Smartphone ini memiliki varian penyimpanan 3GB RAM dan 32GB dengan harga INR 11.499 atau sekitar $155. Sedangkan pada varian RAM 4GB dan ROM 64GB tersedia dengan harga INR 12.499 atau sekitar $168 di India.

HP Samsung Galaxy A03 kemungkinan dibanderol dalam kisaran yang sama dengan Galaxy A03s. Mengenai rincian lebih lanjut dari perangkat ini, kemungkinan muncul sebelum peluncuran resminya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -