Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruHuawei MateBook 16 Memiliki Dua Varian Terbaru, Intip Spesifikasinya Ini!

Huawei MateBook 16 Memiliki Dua Varian Terbaru, Intip Spesifikasinya Ini!

Huawei MateBook 16 membawa bobot yang cukup ringan karena terbuat dari bahan material berupa logam sehingga akan memudahkan para penggunanya. Kabarnya laptop ini juga mempunyai sebuah fitur yang bernama APU Seri-H dari AMD terbaru.

Perangkat tersebut telah hadir di negara Eropa dengan harga hingga Rs. 95.000 serta membawa layar seluas 16 inci. Lalu bagaimana mengenai spesifikasinya itu? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Huawei MateBook X Pro, Ketahui Spesifikasi dan Kelebihannya

Huawei MateBook 16 Hadir dengan Desain dan Bobot yang Lebih Ringan

Tampaknya perusahaan Huawei tengah mempersiapkan dua perangkat laptop sekaligus dari MateBook terbarunya ke pasar global. Kedua laptop tersebut adalah Huawei MateBook 14s dan seri MateBook 16 ini

Kabarnya MateBook 16 terbaru ini adalah penggabungan antara performa dan atau tenaga dengan portabilitas. Sedangkan untuk ukuran layarnya laptop ini hadir seluas 16 inci dengan menggunakan body yang lebih ramping.

Selain itu Huawei MateBook 16 ini juga membawa APU terbaru dari AMD, sehingga mampu membuat perangkat ini mudah Anda gunakan dengan mudah. Selain desain yang ramping, laptop ini juga hadir dengan bagian bodi metal serta hanya memiliki bobot sekitar 2 kilogram saja.

Sementara itu, Huawei telah menyematkan konfigurasi berupa prosesor antara Ryzen 7 5800H atau AMD Ryzen 5 600H. Pasalnya kedua prosesor tersebut adalah sebuah prosesor 7nm dengan dukungan Zen 3 Architecture baru.

Baca Juga: Huawei MateBook X, Produk Terbaru dari Huawei Desain Tipis

Desain Layar

Pasalnya bagian layar rupanya akan menjadi aspek unggulan dari Huawei MateBook 16 karena memiliki ukuran seluas 16 inci dengan panel berupa IPS. Tidak hanya itu saja, melainkan dengan resolusi lebih tinggi hingga 2.520 1.680 piksel dan aspek rasio 3:2 sehingga cocok untuk bekerja.

Misalnya seperti pengeditan dokumen, browsing dan lain sebagainya dan mampu menampilkan sebuah konten vertikal yang cukup banyak. Selain itu layar pada laptop dari Huawei ini juga telah mendukung HDR hingga 8 bit+FRC dengan cakupan hingga 100%.

Dengan color space sRGB yang terkalibrasi warna deltaE yang kurang dari 1, bahkan juga dengan rasio kontras mencapai 1.500″1 dan dukungan flicker free DC Dimming. Sedangkan untuk tingkatan kecerahannya itu hanya mencapai hingga 300 nitsa saja.

Ada juga bezel yang lebih tipis sehingga membuat perangkat laptop tersebut terlihat sangat premium dan elegan. Hadir dengan sejumlah fitur menarik dan bisa Anda gunakan dengan mudah tentunya.

Spesifikasi dan Dapur Pacu

Meskipun Huawei MateBook 16 tak menyediakan GPU eksternal, tetapi integrated graphics dari AMD Radeon sudah lebih powerfull dan canggih. Sedangkan untuk dapur pacunya laptop ini tersedia dalam dua jenis varian yang berbeda.

Pertama adalah dengan menggunakan AMD Ryzen 7 5800H lengkap dengan konfigurasi sebesar 8 core serta 16 thread. Sementara untuk varian yang lain adalah menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5600H dan konfigurasi 6 core serta 12 thread.

Dari kedua prosesor yang berbeda itu, juga telah diciptakan di atas arsitektur baru AMD 7nm Zen 3 khusus untuk para konten kreator atau gamers. Lengkap dengan thermal design power atau TDP sebesar 45W dan sudah tersedia dalam mode performance 54W.

Lebih lanjut lagi, bahwa laptop ini memiliki atau membawa kapasita baterai hingga 84W dengan pengisian daya yang lebih cepat Tipe-C 135W. Untuk bagian termal, perangkat ini mempunyai dua bagian pipa panas, kipas pendingin sirip hiu serta heatsink dengan paduan tembaga.

Fitur Lain dan Harga

Huawei MateBook 16 ini juga menghadirkan dua jenis port USB Type-A dan USB Type-C, headphone jack dan full size HDMI yang lebih lengkap. Pasalnya laptop ini juga mampu untuk bertahan hingga lebih dari 12 jam penggunaan untuk menonton konten atau video.

Untuk bagian konektivitas nirkabel, maka Huawei telah menyematkan berupa dukungan Bluetooth 5.1 dan juga WiFi 6. Bahkan ini juga telah menyediakan kolaborasi untuk PC-smartphone agar bisa menghubungkan HP Anda dengan laptop.

Sementara untuk bagian keyboard-nya tentu terlihat sangat minimalis karena memiliki speaker stereo dan touchpad kaca yang lebih luas. Sedangkan pada bagian tombol power telah terintegrasi berupa sensor sidik jari pada bagian kanan pojok atas.

Akan tetapi rupanya laptop baru dari Huawei itu baru tersedia di negara China karena Huawei Indonesia sudah sering merilis sebuah laptop. Huawei MateBook 16 varian Ryzen kabarnya memiliki harga sekitar 21 jutaan rupiah dan untuk varian Ryzen sekitar 23 juta rupiah. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membelinya? (R10/HR Online)

- Advertisment -