Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruKunci Folder Di Android Paling Mudah dan Aman, Ini Caranya

Kunci Folder Di Android Paling Mudah dan Aman, Ini Caranya

Kunci folder di Android menjadi salah satu cara yang membantu pengguna mengamankan folder mereka. Pasalnya setiap orang ingin memiliki privasi yang tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Untuk menjaga folder atau file handphone agar tidak dibuka sembarang orang maka Anda perlu terapkan penguncian HP sesegera mungkin. Dengan begitu HP dan data Anda yang ada di dalamnya akan aman dari tangan-tangan jahil.

Cara Mudah Kunci Folder Di Android Dengan Mudah

Pada dasarnya penguncian folder bisa menggunakan password. Biasanya setiap handphone telah dibekali oleh fitur privasi sehingga Anda dengan mudah menyembunyikannya.

Ketika seseorang tersebut berusaha melihat folder Anda maka secara otomatis akan disuguhkan notifikasi untuk memasukkan password.

Tentu saja mereka tidak akan bisa masuk karena tidak mengetahui kunci sandinya. Selain itu bisa dengan beberapa aplikasi untuk memudahkan dalam penguncian.

Baca Juga: Membuka Aplikasi yang Terkunci, Inilah Caranya!

Mengunci File Menggunakan Password dengan File Locker

Untuk melakukan penguncian, Anda bisa menggunakan File Locker. Untuk melakukannya pertama, Anda harus memasang aplikasi File Locker terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di Play Store dengan mengetikkan aplikasi tersebut.

Jika sudah maka Anda tinggal jalankan saja. Anda akan melihat semua data serta folder dalam Android dengan tampilan yang mirip dengan aplikasi file manager.

Pilihlah file mana saja yang ingin Anda kunci, lalu klik folder yang didalamnya berisi file. Tekan tombol yang bersimbol kunci yang terletak di sebelah kanan setiap foldernya. Siapkan password yang memiliki tingkat sulit dibobol orang namun mudah untuk Anda ingat.

Kemudian Anda masukkan password tersebut dan konfirmasi kembali password Anda. Jangan lupa klik tombol lock. Sampai disini langkah Anda sudah selesai.

Setelah Anda kunci folder di Android lantas bagaimana jika Anda akan masuk ke folder tersebut? Cukup dengan cari file dalam folder yang bertanda tulisan merah. Input kembali password Anda. Maka Anda bisa melihat folder tersebut.

Merahasiakan Folder dengan Aplikasi File Save

Aplikasi File Save Hide Folder merupakan aplikasi yang cocok digunakan oleh pemula. Caranya dengan mencari aplikasi tersebut di Playstore. Lakukan penginstalan sehingga aplikasi terpasang di Android Anda.

Apabila Anda selesai menginstalnya maka Anda buka aplikasi tersebut dan klik Get Started di halaman awal. Selanjutnya Anda akan melihat permintaan untuk mengisi email dan password recovery mail.

Untuk melanjutkan langkah maka klik set. Tahap ini Anda bisa memasukkan password. Buatlah Password dengan kata yang mudah Anda ingat dan klik OK.

Ulangi pengisian password sebagai konfirmasi password sebelumnya. Input tanpa ada kesalahan. Pada halaman selanjutnya, Anda melihat pada layar yang menampilkan hal apa saja yang bisa Anda kunci folder di Android.

Klik saja All Folder. Aplikasi ini akan menampilkan keseluruhan folder milik Anda. Pilihlah folder yang ingin Anda sembunyikan atau rahasiakan dengan tekan dan tahan beberapa detik hingga folder terselect. Lalu klik icon kunci.

Untuk dapat membuka atau unlock file/folder yang sudah Anda kunci maka Anda klik dan tahan kembali hingga beberapa detik hingga terselect. Maka secara otomatis folder akan terbuka. Lalu Klik OK. Pada langkah terakhir, Anda harus klik restore.

Baca Juga: Buat Folder di HP, Solusi Aman Menyimpan Data Penting di Ponsel

Kunci Folder Menggunakan Files by Google

Bagi Anda yang menggunakan Android 8.0 ke atas, maka Anda dapat menyimpan folder bernama Safe Folder.

Cara kunci folder di Android cukup mudah Anda lakukan. Pertama Anda download serta install aplikasi Files by Google dari Play Store. Perlu Anda ketahui, aplikasi ini memiliki safe folder untuk menyimpan file pribadi Anda yang bersifat rahasia.

Anda dapat menggunakan password atau pattern untuk membuka kunci folder yang Anda sembunyikan. Klik browser pada pojok kanan atas untuk mencari file yang Anda ingin simpan pada safe folder.

Selanjutnya Anda bisa menyimpan semua folder tersebut. Maka folder Anda aman di aplikasi ini.

Perlu Anda ingat bahwa file yang ada di safe file akan ikut terhapus jika Anda melakukan uninstall aplikasi files by Google ini.

Anda bisa backup data pada safe folder apabila Anda ingin uninstall aplikasi ini. Kunci folder di Android tersebut memberikan keamanan folder sehingga orang lain tak bisa melihatnya. (R10/HR-Online)