Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita CiamisPenilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Ciamis, Dispora Jabar Optimis Juara

Penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Ciamis, Dispora Jabar Optimis Juara

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat mengapresiasi pemuda pelopor asal Ciamis yang melakukan inovasi teknologi mesin perontok padi minimalis yang mewakili Jabar di tingkat nasional.

Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Jabar, Muhammad Nizar, mengaku terkejut mencoba mesin hasil inovasi Syamsul Zuhri sangat luar biasa.

Selain mesinnya bisa digendong yang merupakan inovasinya dalam memudahkan petani membawa alat tersebut ke sawah, juga begitu mudah untuk mengoperasikannya.

“Tadi saya sudah saya coba bersama tim penilai dari Kemenpora. Benar saja, sangat mudah, ringan, dan tentu saja proses pembuatannya melibatkan para pemuda sekitar. Ini bagus sekali menurut saya,” kata Nizar saat fact finding pemuda pelopor tingkat nasional di Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Rabu (07/10/2021).

Pihaknya pun optimis Syamsul tersebut nanti akan mendapatkan nilai maksimal dari tim juri dari Kemenpora. Sehingga, Jabar bisa menjadi juara di tingkat nasional dalam bidang inovasi teknologi ini.

Apalagi, kata Nizar, hasil inovasi tersebut merupakan jawaban atas permasalahan yang ada di petani.

“Tentu saja kami harap nantinya ada penyempurnaan dan pengembangan lagi. Apalagi hasil karya para pemuda ini luar biasa dan menjadi contoh pemuda lainnya di Jabar maupun nasional,” pungkasnya.

baca juga: Pemuda Pelopor Jabar Asal Ciamis Kembangkan Mesin Perontok Padi Minimalis

Keyakinan Pemuda Pelopor Ciamis Masuk Nasional

Di lokasi yang sama, Kepala Disbudpora Ciamis, Erwan, mengaku sejak awal sudah memiliki keyakinan bahwa mesin perontok padi tersebut bisa bicara di tingkat nasional.

Setelah melalui berbagai proses dan tahapan seleksi, kata Erwan, akhirnya keyakinan tersebut pun terbukti saat ini.

“Bagi kami, ini inovasinya sangat unik, pemberdayaan pemudanya ada dan manfaatnya buat orang banyak sudah terbukti. Maka dari itu, kami optimis Mas Syamsul bisa menjadi yang terbaik setelah penilaian dari pusat ini,” ujarnya.

Menurutnya, di Ciamis banyak pemuda-pemuda hebat yang bisa membawa nama harum Tatar Galuh di berbagai bidang. Apalagi ini sangat membantu pihaknya dalam mencapai indeks pembangunan pemuda (IPP).

“Intinya, kami akan segera secepatnya membantu juga dalam mengurus hak kekayaan intelektual (HAKI). Sebab, ini kan sangat sederhana dan mudah untuk meniru inovasinya. Maka dari itu, ini harus cepat-cepat,” pungkasnya.

baca juga: Pemuda Pelopor Jabar Asal Ciamis, Lolos ke Tingkat Nasional

Sementara itu, Syamsul Zuhri, mengaku sangat bersyukur atas dukungan dan dorongan semua pihak yang telah membantu dalam pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional ini.

Ia harap hasil penilaian tim dari Kemenpora bisa maksimal dan Jawa Barat bisa juara di tingkat nasional.

“Saya bersama teman-teman Lare Trebis beserta keluarga atas dukungan semua pihak semoga saja bisa mendapatkan hasil terbaik,” singkatnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -