Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruAsus ROG Flow Z13, Laptop Konvertibel yang Membawa Desain Tipis

Asus ROG Flow Z13, Laptop Konvertibel yang Membawa Desain Tipis

Asus ROG Flow Z13 tampaknya akan segera hadir menjadi penerus seri ROG Flow X13 sekaligus pesaing Surface Pro. Bahkan bocoran mengenai laptop tersebut juga telah menunjukkan bahwa perusahaan asal Taiwan mengeluarkan produknya.

Sepertinya laptop ini juga akan berdiri untuk berhadapan dengan perangkat Surface Pro 2-in-1 dari perusahaan Microsoft. Kemudian perangkat laptop konvertibel ini juga berubah menjadi PC gaming terbaik.

Laptop Asus ROG Flow Z13, Pesaing Flow X13

Kabar terbaru, sepertinya perusahaan Asus akan segera menghadirkan perangkat dari penerus ROG Flow X13. Tentunya laptop itu akan membawa desain yang lebih konvertibel layaknya Microsoft Surface Pro 8.

Bocoran terbaru ini juga telah muncul dalam sebuah postingan akun yang menyebutkan jika laptop ini mirip Surface Pro 8. Meski demikian, tidak terlalu banyak informasi beredar mengenai bocoran yang sangat akurat.

Apabila bocoran mengenai Asus ROG Flow Z13 sama dengan seri X13, kemungkinan besar cara kerjanya juga akan serupa. Sebab cara kerja X13 bisa dihubungkan ke kartu grafis eksternal atau XG Mobile.

Jadi, Asus akan menghadirkan penerus ROG Flow X13 atau laptop konvertibel yang memiliki fungsi ganda. Bahkan seorang leaker bernama Evan Blass juga percaya bahwa Z13 sekilas hampir sama dengan Microsoft Surface Pro 8.

Baca Juga: Asus ExpertBook B5 Flip Hadir Sebagai Laptop untuk Kalangan Pebisnis

Desain Lebih Tipis

Dari kutipan The Verge sejak 1 November, bocoran mengenai gambar Asus ROG Flow Z13 sudah beredar dan terlihat jelas. Pasalnya, gambar tersebut memperlihatkan bahwa desain perangkat keras laptop konvertibel itu sangat tipis.

Desain yang mampu menyaingi Microsoft Pro 8, mengingat ROG divisi gaming Asus menjadi mesin yang cukup kuat. Sementara Surface Pro 8 merupakan perangkat tablet konvertibel khusus untuk para pengguna kantoran.

Asus pun akhirnya berspekulasi segera menghadirkan penerus seri ROG Flow X13 yang sudah rilis. Sebab, seri Flow X13 itu merupakan laptop konvertibel yang membawa penekanan khusus dalam kecakapan bermain game.

Selain itu, X13 merupakan laptop yang bisa terhubung ke card grafis eksternal dengan dukungan prosesor AMD Ryzen. Kemungkinan besar seri Flow Z13 juga akan membawa eGPU yang serupa.

Kartu Grafis Eksternal

Apabila laptop Asus ROG Flow Z13 sama dengan seri X13, kemungkinan juga akan terhubung ke eGPU atau kartu grafis eksternal XG Mobile. Selain itu, eGPU juga bisa berubah menjadi dok USB lengkap dengan beberapa port tambahan.

Dengan demikian, mampu menghadirkan convertible 13 inch yang bisa berubah menjadi mesin game lebih lengkap lagi. Bahkan publikasi ini telah menunjukkan jika Flow Z13 mampu mendukung konektivitas eGPU dengan cara serupa.

Tidak hanya itu, melainkan GPU eksternal juga akan membawa lebih banyak port terbaru. Lebih lanjut lagi, ini juga bisa meningkatkan kemampuan kinerja laptop 13 inch ke tingkat lebih baru.

Memang belum begitu jelas mengenai jenis peningkatan apa yang akan ada pada laptop ROG Flow Z13 dari perusahaan Asus. Namun gambaran bocoran mengenai laptop tersebut merupakan bagian dari tweet yang telah menampilkan gambar ROG TWS.

Baca Juga: Asus VivoBook Ultra A412FA Terbaru di Indonesia, Intip Spesifikasinya!

Berubah Menjadi PC Gaming

Sepertinya Asus ROG Flow Z13 dengan eGPU selain untuk bekerja, juga dapat memainkan berbagai macam game. Sebab, performa pada laptop konvertibel ini cocok untuk segala kegiatan penggunanya.

Selain bertindak untuk kartu grafis tambahan, pada eGPU ini juga telah terpasang tambahan berupa USB port. Itu artinya mampu mengubah perangkat seluas 13 inch seperti PC gaming.

Sementara untuk varian Flow X13 membawa tenaga berupa prosesor mobile yakni AMD Ryzen 9 59800HS. Lengkap dengan perpaduan berupa NVIDIA GeForce GTX 1650.

Sedangkan untuk mendongkrak performa laptop supaya bisa setara dengan PC gaming pada umumnya, maka Asus telah menambahkan GPU tambahan. Dengan tambahan ini, jelas saja performa laptop terbaru ini tak terkalahkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Sepertinya perusahaan juga tengah mempersiapkan acara CES 2022 Januari mendatang untuk meluncurkan Asus ROG Flow Z13. Sebagai penggemar setia, maka kita sudah tidak sabar untuk menunggu kehadirannya. Dengan spesifikasi handal dan fitur mumpuni, tentu tertarik untuk memilikinya bukan? (R10/HR Online)

- Advertisment -