Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita BisnisCara Menjadi Investor Saham Sukses yang Membawa Banyak Cuan

Cara Menjadi Investor Saham Sukses yang Membawa Banyak Cuan

Pasar saham merupakan salah satu tempat berinvestasi yang resmi dan mampu menghasilkan banyak uang. Dalam hal ini, perlu memahami cara menjadi investor saham agar bisa memiliki kekayaan di masa depan. Kamu akan mudah untuk mengambil keputusan dalam membeli dan menjual saham.

Baca Juga: Istilah Dalam Trading Saham yang Wajib Diketahui Para Investor

Pahami Cara Menjadi Investor Saham

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk melangkah sebagai investor saham sukses. Penting memahami hal ini karena agar tidak mendapatkan kerugian saat menjalankannya. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan.

Menginvestasikan Waktu Sebelum Uang

Sebelum terjun ke dunia saham, kamu harus bisa mengalokasikan waktu untuk mempelajari dasar investasi. Pahami berbagai istilah saham yang pastinya membuat kepala semakin pusing. Kamu juga harus banyak belajar mengenai investasi saham dan mengasah skill menggunakan akun demo.

Selain itu, perlu bergabung dengan komunitas atau grup media sosial yang membahas soal saham. Biasanya terdapat para ahli yang akan mengajarkan cara bermain saham dengan baik. Kamu bisa saling sharing pengalaman dengan mereka.

Baca Juga: Penyebab Harga Saham Turun yang Wajib Investor Ketahui

Memulai dengan Jumlah Kecil

Kamu bisa memulai investasi saham dengan jumlah yang kecil. Apabila terjadi kesalahan, sebagai pemula tidak akan bisa rugi besar. Semakin besar dana yang kamu pertaruhkan, maka kerugian dan risikonya juga tinggi.

Pemula harus bisa bermain investasi saham dengan dana yang kecil. Kamu perlu mencoba dengan nominal ratusan ribu. Caranya dengan menyisihkan gaji atau uang untuk melangkah lebih maju dan bermain saham. Usahakan untuk memilih perusahaan dengan sekuritas yang menyediakan minimal deposit awal Rp 100.000.

Mengamati Situasi Ekonomi dan Politik

Cara menjadi investor saham berikutnya dengan mengamati situasi ekonomi serta politik. Dalam hal ini, kamu memiliki perusahaan yang rentan dengan perubahan, terutama di bidang ekonomi. Kamu harus tetap peka terhadap situasi ekonomi dan politik untuk mengambil keputusan investasi saham.

Kamu cukup rajin memantau berita bisnis, ekonomi, dan politik. Utamanya berita tersebut berkaitan dengan kebijakan pemerintah dan berpengaruh langsung terhadap masa depan perusahaan yang kamu pegang.

Baca Juga: Saham untuk Trading Harian yang Bagus dan Meningkatkan Profit

Memilih Saham Big Caps

Langkah berikutnya dengan memilih saham big caps atau saham dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar. Saham tersebut tidak terpengaruh oleh kompetitor julid dan tidak mudah digoreng. Kapitalisasi saham tersebut hampir mencapai angka Rp 40 triliun.

Saham dengan PER Rendah

Agar menjadi investor saham sukses, kamu perlu memperhatikan PER rendah. PER merupakan alat perhitungan harga saham suatu perusahaan. Saham dengan rasio PE rendah sangat menarik karena memiliki laba yang cukup besar.

Dengan memahami cara menjadi investor saham, maka kamu akan mudah dalam menjalankan lika-likunya. Bahkan keuntungan akan lebih mudah didapatkan karena bisa membawa profit unggul setiap saat. Tanpa butuh waktu lama, kamu akan menjadi sukses dengan tabungan investasi yang besar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -