Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita BisnisCiri Investasi Aman, Wajib Tahu Sebelum Mulai

Ciri Investasi Aman, Wajib Tahu Sebelum Mulai

Ciri investasi aman menjadi hal penting yang wajib Anda ketahui. Tentunya banyak orang mendambakan investasi aman agar mencegah kerugian. Ada beberapa ciri-ciri investasi aman yang dapat membantu Anda.

Baca Juga: Daftar Investasi Bodong OJK 2021, Simak Selengkapnya di Sini!

Kenali Apa Saja Ciri Investasi Aman

Investasi saat ini menjadi salah satu jalan untuk mendapat keuntungan di masa depan. Banyak orang yang menggunakan investasi sebagai cara untuk mengelola finansial yang baik.

Tetapi, investasi bagi sebagian orang masih merupakan istilah asing dan menakutkan. Masyarakat yang belum mengerti merasa investasi menakutkan karena memiliki risiko kerugian yang besar.

Padahal, dibalik risiko kerugian yang besar, investasi juga memiliki keuntungan tinggi. Biasanya setelah tahu bahwa investasi bisa memberikan keuntungan besar, orang-orang jadi ingin segera ikut berinvestasi.

Tetapi, dalam memulai investasi Anda harus memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah ciri investasi yang aman. Berikut beberapa cirinya.

Pengelola Investasi Sudah Mendapat Izin Dari OJK

OJK merupakan sebuah badan pengawas segala lembaga pada sektor keuangan di Indonesia. Jika perusahaan investasi sudah mendapatkan izin dari OJK, maka biasanya sudah terjamin aman.

OJK selalu memastikan setiap perusahaan di bawah pengawasannya bebas dari segala jenis penipuan.

Rasional Dalam Menawarkan Janji

Banyak orang yang memulai investasi karena memiliki peluang keuntungan yang besar. Para oknum nakal akhirnya memanfaatkan hal tersebut untuk menipu.

Mereka akan datang menawarkan berbagai keuntungan yang besar sehingga Anda tergiur. Anda harus menghindari perusahaan investasi yang menawarkan keuntungan tidak wajar.

Baca Juga: Investasi Tanpa Risiko, Apakah Ada? Berikut Penjelasan Detailnya!

Risiko Akan Selalu Ada

Ciri investasi aman selanjutnya adalah mengetahui bahwa risiko akan selalu ada. Perusahaan investasi terpercaya biasanya akan menjelaskan kepada Anda risiko-risiko yang dialami.

Tujuannya bukanlah untuk menakuti, tetapi agar Anda memiliki persiapan yang matang. Jika ada perusahaan investasi yang tidak mengatakan risiko tersebut, maka wajib Anda curigai.

Balik Modal pada Waktu yang Wajar

Anda wajib mencurigai perusahaan investasi yang menjanjikan balik modal dengan waktu singkat. Investasi bukanlah sesuatu yang dapat memberikan keuntungan dengan singkat.

Pilihan Produk Investasi yang Aman

Setelah mengetahui ciri investasi aman, Anda bisa memilih produk investasi yang baik pula. Ada beberapa produk investasi yang aman di Indonesia.

Investasi Saham

Jenis investasi ini sudah terkenal di Indonesia. Anda dapat memilih berbagai perusahaan jasa investasi saham yang aman dan terpercaya.

Investasi Emas

Emas dikenal sebagai barang yang memiliki nilai stabil sehingga membuatnya cocok menjadi barang investasi.

Investasi Properti

Produk investasi properti dapat menjanjikan karena semua orang pasti membutuhkan tempat tinggal.

Baca Juga: Cara Investasi di Bareksa untuk Pemula yang Mudah dan Efisien

Investasi Reksadana

Jenis produk investasi ini dapat Anda lakukan dengan modal kecil dan keuntungan yang besar.

Investasi Deposito

Merupakan investasi dengan cara menyimpan uang di bank dalam kurun waktu tertentu. Nantinya Anda akan memperoleh uang kembali dengan untung yang besar.

Mengetahui ciri investasi aman sangatlah penting untuk Anda yang baru ingin memasuki dunia perinvestasian sehingga terhindar dari segara penipuan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -