Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Radiator Normal Bisa Dilihat dari Kondisi Fisik dan Kinerjanya

Ciri Radiator Normal Bisa Dilihat dari Kondisi Fisik dan Kinerjanya

Ciri radiator normal mudah sekali Anda ketahui. Sebab, jika komponen tersebut masih dalam kondisi bagus, tentu berpengaruh pada komponen lainnya. Sehingga kerjanya juga akan lebih optimal.

Berbagai jenis kendaraan memiliki komponen yang berfungsi cukup penting. Begitu juga dengan radiator. Radiator mobil memiliki peran yang vital.

Jika kondisinya bermasalah, pasti berpengaruh pada kinerja komponen lainnya. Lantas bagaimana cara untuk bisa tahu jika radiator masih normal? Tidak semua orang bisa memastikannya begitu saja.

Padahal cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah. Anda bisa pastikan kondisi kendaraan masih berfungsi secara optimal. Radiator harus memiliki kondisi normal ketika mobil masih Anda gunakan.

Jika kondisinya baik, tentu bisa bekerja dengan maksimal. Sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib tahu ciri radiator normal. Ciri komponen yang normal bisa Anda lihat dari fungsinya.

Radiator menjadi salah satu komponen yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Suhu kerja radiator yang normal bisa menjaga suhu dan temperatur mesin. Untuk itu, agar radiator bisa bekerja secara normal, Anda perlu cek kondisinya setiap saat.

Baca Juga : Ganti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Apa Saja Ciri Radiator Normal?

Semua komponen kendaraan harus Anda tahu apa saja fungsi dan masalah yang bisa ditimbulkan. Bahkan termasuk cara kerjanya. Karena alasan inilah, tentu Anda perlu periksa kondisinya.

Salah satu yang memiliki peran cukup penting pada mobil yaitu radiator. Jika kondisinya menurun, tentu kerjanya juga tidak akan optimal.

Kerja radiator yang tidak normal mampet atau bocor bisa mengakibatkan overheating. Sebenarnya masih banyak kondisi yang akan berubah ketika radiator tidak normal. Untuk itu, agar lebih jelas tentang ciri radiator normal, simak ulasan berikut.

Air Radiator Stabil

Ciri radiator normal yang pertama yaitu air pada reservoir tank stabil. Anda bisa cek kondisi air radiator tersebut. Jika memang masih batas optimal, tentu kondisinya normal.

Selain itu, pastikan air pada radiator juga bersih tidak bercampur kotoran. Jika kondisi ini tetap dalam kondisi stabil, memberikan isyarat bahwa tutup radiator dapat bekerja baik. Sehingga radiator akan bersirkulasi baik dari atau ke reservoir tank.

Baca Juga : Filter Oli Mobil, Ketahui Fungsi dan Waktu Ideal untuk Mengganti

Mesin Bekerja dengan Baik Saat Panas Maupun Dingin

Selain ciri radiator normal yang pertama, kondisi kedua ini tak kalah penting pengguna ketahui. Saat kondisi mesin dingin atau panas, radiator bisa bekerja secara optimal.

Anda bisa mengetahuinya dari temperatur yang biasa terletak pada dashboard. Jika kondisi menunjukkan indikator sesuai standar dan mesin sama, maka masih normal. Sehingga bisa bekerja secara optimal.

Sirkulasi Air Radiator Berjalan Normal

Radiator mobil memiliki peran tersendiri. Ciri radiator normal selanjutnya yaitu menunjukkan sirkulasi air berjalan dengan baik.

Cara untuk mengecek kondisi air radiator yaitu dengan membuka tutup radiator saat mesin dalam kondisi hidup.

Saat mesin bekerja, air radiator akan masuk ke mesin. Sehingga suhu stabil menjadi panas saat dinyalakan. Jika air terhambat, bisa Anda pastikan radiator bermasalah.

Baca Juga : Kabin Mobil Berisik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tidak Ada Kotoran yang Menutupi

Normal atau tidaknya radiator bisa Anda ketahui dari ada tidaknya kotoran yang menutup bagian dalam. Secara visual, kondisi radiator akan terlihat saat membuka tutupnya.

Jika kondisi bagian dalam radiator bersih, tentu kondisinya normal. Berbeda jika kondisi bagian dalam radiator kotor seperti lumut, sudah pasti kondisinya tidak normal.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan membersihkannya. Sebab jika lama dibiarkan, tentu membuat mampet. Itulah ciri radiator normal dan tidak.

Kisi-Kisi Radiator Bersih

Hal lainnya yang penting Anda perhatikan yaitu bagian kisi-kisi radiatornya. Kisi-kisi radiator tidak tersumbat menandakan jika perputaran yang digunakan untuk mendinginkan berfungsi dengan baik.

Putaran udara yang lancar ini membantu fungsi radiator bekerja optimal. Sehingga tidak akan mengganggu pendinginan air pada mesin.

Jika kisi-kisi tersumbat atau kotor, radiator sudah tidak lagi normal. Karena alasan inilah, Anda juga perlu memperhatikan kisi-kisi radiator.

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya perhatikan kondisi radiator. Apalagi mengingat jika fungsinya cukup penting pada kendaraan.

Anda pun perlu tahu apa saja ciri radiator normal. Sehingga mobil bisa berfungsi dengan baik. Perjalanan akan terasa aman dan nyaman apabila kondisi kendaraan baik. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -