Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarHujan Deras, Atap Masjid Ponpes di Kota Banjar Ambruk

Hujan Deras, Atap Masjid Ponpes di Kota Banjar Ambruk

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, pada Rabu 3 November 2021 mengakibatkan atap masjid ponpes Al-Ijtihad Wattafwidl di Dusun Sinar Galih Rt 03 Rw 04, Desa Langensari, Kecamatan Langensari ambruk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kusnadi, melalui Kasi Darlog, Yudi Andiana, membenarkan kejadian tersebut.

Ia menyebut, peristiwa ambruknya atap masjid ponpes tersebut terjadi pada Rabu (3/11/2021) sekitar pukul 02.00 WIB.

Atap yang terbuat dari bambu tiba-tiba runtuh hingga memenuhi bagian lantai masjid.

“Dari informasi yang kami terima dan asesmen di lapangan. Kejadiannya tadi malam tepatnya usai hujan deras,” kata Yudi Andiana.

Baca Juga: Warga Panatasan Kota Banjar Kembali Minta Perbaikan PJU

Pihaknya menduga ambruknya bagian atap masjid ponpes tersebut terjadi lantaran konstruksi atap masjid yang terbuat dari bambu kondisinya sudah lapuk.

Sehingga tidak kuat menahan guyuran hujan deras yang turun malam itu.

“Diduga akibat kondisi bangunan sudah rapuh di tambah cuaca hujan deras. Saat ini kami sudah melakukan asesmen. Atap bangunan rusak parah dan dibutuhkan penutup atap atau terpal,” ujarnya.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, beruntung peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Karena pada saat kejadian keadaan masjid tidak sedang digunakan untuk aktivitas beribadah.

Karena bagian atap masjid ponpes ini mengalami kerusakan cukup berat, untuk sementara ini sebagian bangunan masjid tidak bisa digunakan untuk beraktivitas.

Ia menambahkan, hingga malam ini pihak BPBD mencatat baru menerima satu laporan adanya musibah bencana akibat hujan deras. (Muhlisin/R8/HR Online/Editor Jujang)