Sabtu, Januari 22, 2022
BerandaBerita TerbaruHP Apple iPhone 14 Max, Bawa Layar LTPS 60Hz atau LTPO 120Hz?

HP Apple iPhone 14 Max, Bawa Layar LTPS 60Hz atau LTPO 120Hz?

HP Apple iPhone 14 Max akan masuk dalam jajaran iPhone 14 yang rumornya meluncur September 2022. iPhone 12 akan hadir dengan mengusung 4 model, diharapkan terdiri dari iPhone 14, 14 Max, 12 Pro, serta 14 Pro Max.

Hal ini menandakan bahwa perusahaan hanya akan menyingkirkan model Mini setelah hadir dalam dua literasi.

Dalam laporan terbaru saat ini datang dari The Elec yang mengutip sumber di rantai pasokan layar, perusahaan belum memutuskan jenis layar apa pada iPhone 14 Max.

Masih terdapat simpang siur kabar bahwa perangkat ini akan datang dengan layar LTPS 60Hz atau menggunakan panel LTPO 120Hz.

Baca Juga: HP iPhone 14, Rumor Santer Beredar Mulai dari Desain Hingga Spesifikasi

Spesifikasi HP Apple iPhone 14 Max

Desas-desus mengenai iPhone 14 saat ini mulai bermunculan secara online sebelum iPhone 13 resmi diumumkan. Terdapat beragam info yang beredar untuk berspekulasi.

Kemungkinan besar, literasi iPhone berikutnya akan disebut iPhone 14 serta tetap pada faktor bentuk terpercaya dari tahun-tahun sebelumnya.

Rumor menunjukkan bahwa keempat model iPhone 14 mungkin akan hadir dengan teknologi layar PromoTion 120Hz.

Namun hal ini belum tentu benar adanya, karena menurut keterangan The Elec mengungkapkan bahwa ProMotion menjadi model Pro eksklusif. Sedangkan iPhone 14 standar dapat menampilkan layar OLED LTPS tanpa adanya opsi ProMotion 120Hz.

Baca Juga: HP Apple iPhone 13 Kabarnya Hadir ke Indonesia Bulan November Ini

Rumor Tampilan Layar Apple iPhone 14 Max

Hingga saat ini, Apple belum memutuskan jenis layar yang akan mereka sematkan pada HP iPhone 14 Max. Terdapat dua spekulasi bahwa perangkat ini akan mengusung layar LTPS 60Hz atau mungkin panel LTPO 120Hz.

Apabila perusahaan menggunakan layar LTPO 120Hz, maka ia harus membeli panel Samsung. Seperti yang kita ketahui bahwa Samsung hampir memonopoli teknologi OLED LTPO.

Raksasa Korea Selatan tersebut juga memasok panel untuk model iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max. Akan tetapi, jika Apple ingin mendiversifikasi rantai pasokannya serta mengurangi ketergantungan pada Samsung, maka perlu meningkatkan pangsa panel dari produsen seperti BOE dan LG.

Dalam hal ini, HP iPhone 14 Max dapat berakhir dengan panel LTPS 60Hz. Pasalnya, LG belum mampu dalam memproduksi layar OLED dengan teknologi LTPO.

Bahkan kabarnya akan menawarkan sesuatu pada tahun depan. Sedangkan di sisi lain, teknologi serupa dari BOE dengan basis di China sepertinya tidak akan tersedia hingga 2023 mendatang.

Baca Juga: HP Xiaomi 11 Youth Vitality Edition Siap Rilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

Sampai saat ini, Samsung masih menjadi pemasok panel layar terbesar ke Apple untuk perangkat iPhone. Bahkan dapat mencapai sekitar 130 juta unit hingga tahun depan.

Akan tetapi, LG dan BOE rumornya akan meningkatkan pasokan masing-masing hingga menjadi 60 juta unit serta 45 unit.

Kembali pada jajaran iPhone 14. Untuk iPhone 14 standar kita harapkan mempunyai layar berlekuk seluas 6,1 inch dengan kecepatan refresh 60Hz. Sedangkan pada HP Apple iPhone 14 Max akan mengusung layar berlekuk berukuran 6,7 inch. (R10/HR-Online)

- Advertisment -