Rabu, Januari 19, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi Aset Tetap, Karakteristik, Jenis, Hingga Pentingnya untuk Bisnis

Investasi Aset Tetap, Karakteristik, Jenis, Hingga Pentingnya untuk Bisnis

Investasi aset tetap atau aktiva tetap mengacu pada investasi jangka panjang yang ada dalam operasi bisnis.

Jenis aset yang satu ini mampu memberikan keuntungan finansial yang memiliki masa manfaat jangka waktunya lebih dari 1 tahun.

Bahkan untuk jenis investasi ini terbagi atas property, plant, and equipment (PP&E) (PP&E) di neraca. Aktiva tetap ini memiliki wujud jangka waktu lama untuk menghasilkan barang dan jasa.

Bahkan tidak untuk dijual kembali. Aset dengan masa pakai satu tahun ini bermaksud untuk tidak dijualbelikan kembali untuk menunjang operasional kegiatan. Mulai dari tanah, gedung, dan peralatan yang disewakan.

Untuk itu, investasi aset tetap ini mampu memberikan manfaat dalam jangka waktu lama bahkan lebih dari setahun. Agar lebih jelas tentang apa investasi aset tetap tersebut, simak ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Cara Valuasi Saham Teknologi dengan Tepat Berdasarkan Metode

Karakteristik Investasi Aset Tetap

Bentuk fisik dari investasi ini berupa bentuk dan ukuran yang jelas. Investasi tersebut berfungsi dan bermanfaat untuk kegiatan operasional sebuah perusahaan.

Sehingga sengaja tidak jual beli pada konsumen perusahan itu sendiri. Nilai yang ada di aset tetap tersebut memiliki nilai besar. Misalnya kendaraan, tanah, gedung, dan peralatan seperti mesin perusahaan.

Aset ini tak likuid sehingga tidak lancar pada neraca perusahaan dan tak dapat dengan mudah terkonversi menjadi uang kas.

Jenis-Jenis Aset Tetap

Seperti yang sudah jelas sejak awal jika investasi aset tetap merupakan barang dan jasa yang bisa bermanfaat dalam jangka waktu lama. Adapun beberapa jenis dari investasi tersebut antara lain:

Baca Juga: Investasi Coin Market Cap Lengkap dengan Cara Perhitungannya

Bangunan, jenis aset sebagai tempat operasional perusahaannya untuk menjalankan bisnis. Misal kantor, toko, pabrik, dan sejenisnya.

Peralatan, sedangkan untuk peralatan lain yang masuk dalam investasi ini berupa meja, kursi, AC, dan furniture perusahaan lainnya.

Tanah, untuk investasi tetap ini berupa area bangunan lapangan, gedung, halaman, dan sebagainya yang berguna bagi perusahaan.

Mesin, jenis aset tetap lainnya berupa alat alat kerja yang menunjang produktivitas perusahaan. Misalnya mesin fotocopy, printer, dan yang lainnya.

Kendaraan, sebuah perusahaan tentu membutuhkan fasilitas transportasi guna menunjang kegiatannya. Bisa alat transportasi berupa mobil, motor, truk, dan yang lainnya.

Baca Juga: OctaFX Copy Trading Didesain Ulang, Ada Fitur Pelindung Investasi!

Pentingnya Aset Tetap Bagi Perusahaan

Investasi aset tetap memiliki peran yang cukup penting. Aset yang satu ini memiliki peran penting bagi semua jenis perusahaan. Selain bermanfaat untuk membantu bisnis juga menghasilkan pendapatan.

Perusahaan yang lebih efisien menggunakan aset tetap untuk menikmati keunggulan kompetitif daripada pesaing mereka. Memahami tentang apa yang merupakan aset tetap dan penting bagi para investor.

Sebab hal ini akan berdampak pada evaluasi perusahaan. Sehingga investasi aset tetap memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -