Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita BisnisPengertian Swing Trading, Pahami Teknis dan Risikonya Sebelum Mulai

Pengertian Swing Trading, Pahami Teknis dan Risikonya Sebelum Mulai

Pengertian swing trading adalah salah satu istilah dalam dunia trading. Swing trading berupa teknik bermain saham yang cukup terkenal.

Dalam berinvestasi, tentunya Anda membutuhkan strategi yang benar. Strategi investasi sangat berguna untuk mengukur untung dan rugi.

Anda tentunya tidak ingin selalu rugi bukan? Oleh karena itu, pilih strategi atau teknik investasi yang paling Anda kuasai.

Dalam investasi saham, ada teknik terkenal yang bernama swing trading. Inilah penjelasannya.

Baca Juga: Investasi dengan Return Tertinggi Memiliki Banyak Jenis Bahkan Emas

Mengenal Pengertian Swing Trading pada Saham

Swing trading adalah strategi investasi untuk mendapat keuntungan dengan cepat. Dengan strategi ini, Anda akan memperoleh keuntungan dari jual beli saham dalam hitungan hari.

Strategi ini akan membuat aset akan tertahan (hold) selama beberapa saat. Selanjutnya, pemilik dapat menjual aset saham tersebut saat harga mencapai nilai yang paling tinggi.

Pada dasarnya, tujuan dari strategi swing trading saham adalah untuk mengumpulkan capital gain sebesar-besarnya dalam waktu yang singkat.

Pelaku yang menggunakan swing trading akan mendapatkan julukan swing trader. Senjata utamanya adalah dengan analisis teknikal.

Metode analisis teknikal yang swing trader gunakan menilai risiko yang terukur secara objektif. Meski begitu, trader juga tidak mengabaikan analisis fundamental saham, tren, dan pola harga.

Baca Juga: Budidaya Jahe Merah Hasil Melimpah Kualitas Baik, Ini Cara Mudahnya

Teknik Melakukan Swing Trading

Ada dua teknik yang terkenal dalam swing untuk mengelola risiko yang akan terjadi.

Teknik Entry

Pertama ada teknik entry. Ketika Anda menggunakan teknik ini, maka proses masuk dan pembelian saham akan mengikuti tren.

Tren dalam saham sendiri berarti sebuah kecenderungan pergerakan harga pada waktu tertentu. Tren terbagi atas kenaikan (uptrend), penurunan (downtrend), dan mendatar (sideways).

Ketika Anda membaca tren harga sebaik mungkin, maka mendapatkan waktu entry yang tepat. Dengan begitu, potensi risk/reward yang akan Anda terima lebih baik.

Teknik entry dalam pengertian swing trading dapat membantu menentukan keberhasilan trading jangka panjang. Jangan lupa untuk membuat check list entry agar lebih akurat.

Baca Juga: Investasi Aset Tetap, Karakteristik, Jenis, Hingga Pentingnya untuk Bisnis

Teknik Exit

Kedua ada teknik exit yang berarti strategi keluar pasar. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menentukan waktu keluar pasar yang tepat.

Penggunaan teknik exit umumnya adalah pada saat trader sudah mencapai nilai limit terendah. Tentunya setiap trader memiliki nilai limit terendahnya masing-masing.

Teknik exit akan membentuk trader untuk tidak terlena saat kenaikan harga saham melonjak. Dengan begitu, trader tidak harus menanggung kerugian yang besar.

Karena itulah, swing trader harus mampu menentukan titik exit yang tepat. Tidak lupa untuk menggunakan fasilitas Trailing Stop untuk mengamankan profit maksimal.

Dalam trading dan investasi, risiko memang selalu ada, termasuk pada pengertian swing trading. Oleh karena itu, perlu teknik dan pemahaman yang baik sebelum memulai trading. (R10/HR-Online)