Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyalin Cahaya Resmi Tayang, Ini Isu Tersembunyi Dibalik Film!

Penyalin Cahaya Resmi Tayang, Ini Isu Tersembunyi Dibalik Film!

Penyalin Cahaya resmi tayang di layanan Netflix sejak Kamis, 13 Januari 2022 WIB dan berhasil mendapatkan rating suka sebanyak 79% penonton.

Meski demikian, film karya Wregas Bhanuteja itu juga pernah tersandung kasus, yakni salah satu kru terlibat dalam masalah pelecehan seksual.

Menurut informasi yang beredar, film ini sudah dapat pengguna saksikan dan ini tidak ada lagi pada bagian Coming Soon.

Sebab ada beberapa akun, thumbnail, dan banner Penyalin Cahaya tak muncul pada beranda. Bahkan para pengguna harus mencarinya di pencarian supaya dapat mengakses.

Baca Juga: Alasan Daus Mini Sembunyikan Kehamilan Istri yang Kini Telah Melahirkan

Film Penyalin Cahaya Resmi Tayang 13 Januari 2022, Simak Ceritanya!

Tampaknya film berjudul Penyalin Cahaya sampai kini masih menjadi bahan perbincangan publik.

Mulai dari prestasinya yang berhasil membawa pulang 12 Piala FFI (Festival FIlm Indonesia) sampai dengan skandal kru yang terseret kasus pelecehan.

Meski demikian, di tengah-tengah isu seperti ini, justru film tersebut kembali tayang lagi dan berhasil menyita perhatian para penonton.

Tidak sedikit pula yang menyebutkan bahwa skenario ini cukup baik dan bisa menggugah emosi.

Dalam film ini menceritakan sebuah kisah penyintas kekerasan seksual dan dengan pengemasan yang realistis.

Bahkan tidak sedikit pula netizen maupun warganet yang memberikan komentar positif terhadap film itu.

Baca Juga: Komedian FF Ditangkap karena Narkoba, Siapa Dia?

Menghapus Kru yang Terlibat Pelecehan Seksual

Meskipun Penyalin Cahaya resmi tayang, akhirnya tim produksi sudah menghapus nama kru yang terlibat kasus pelecehan seksual pada masa lalunya.

Sementara itu, informasi terkait dugaan kasus itu, awalnya penerimanya tim produksi dan komunitas yang bertugas mengelola laporan kasus pelecehan.

Meski demikian, belum dan tidak terungkap apakah dugaan kasus pelecehan seksual ini akan berlanjut ke ranah hukum atau tidak.

Jadi, film ini menjadi bahan perbincangan publik lantaran mengisahkan tentang penyintas kekerasan seksual hingga memenangkan piala Citra FFI.

Beberapa saat kemudian, akhirnya pengumuman dari tim produksi justru semakin membuat film garapan Wregas Bhanuteja ini semakin trending.

Warganet juga terbelah antara memboikot sampai menuntut gelar pemenang FFI tercabut namun tetap dukung penayangan film itu.

Baca Juga: Twenty Five Twenty One, Drama Korea Terbaru Nam Joo Hyuk

Bagaimana Akhirnya?

Keberhasilan Penyalin Cahaya resmi tayang dan atas kasus pelecehan seksual itu, netizen meminta agar pihak FFI 2021 segera menarik piala citra tersebut.

Sebab kru film yang terseret kasus itu adalah Henricus sebagai penulis skenario hingga peraih piala FFI 2021.

Pasalnya, kabar dugaan pelecehan awalnya dilakukan oleh penulis atau kru film Penyalin Cahaya. Film ini mengangkat cerita kekerasan seksual.

Sampai pada akhirnya Kaninga Pictures dan Rekata Studios mengambil sikap tegas hingga mengeluarkan surat pernyataan sikap.

Mengenai film ini sendiri adalah berkisah tentang perjuangan Sur atau Shenina Cinnamon yang tengah mencari keadilan dari kasus penyebaran foto saat mabuk.

Bahkan Sur tak mengingat kejadian terkait foto itu ketika pesta komunitas teater. Lalu Sur meminta bantuan dari teman semasa kecilnya yakni Amain atau Chicco Kurniawan.

Amin sendiri merupakan tukang fotokopi, ia bekerja juga tinggal di kampus. Sampai akhirnya film Penyalin Cahaya resmi tayang, sutradara Wregas Bhanuteja juga mendedikasikannya sebagai media guna menyuarakan isu kekerasan.

Ia memandang film merupakan media komunikasi yang lebih efisien guna menyuarakan kegelisahan yang tengah terjadi di masyarakat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -