Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BisnisSaham Likuid Murah Hari Ini Didominasi PT Pertambangan

Saham Likuid Murah Hari Ini Didominasi PT Pertambangan

Saham likuid murah yang mendominasi adalah PT Pertambangan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil tertutup dengan zona hijau hari ini tepat tanggal 27 Januari 2022.

Data yang ada tersebut melalui Bursa Efek Indonesia ditutup dan menguat pada level 6.611,16 sebesar 0,16%. Sedangkan untuk saham likuid memiliki angka penutupan naik lebih tipis 0,02% pada angka 947,02.

Untuk IDX30 justru melemah 0,02% ke 504,30 untuk hari ini. Bahkan ada beberapa daftar saham likuid dengan valuasi paling murah.

Untuk dapat melihat rasio tersebut terdapat metode Price Earning Ratio yang Tim Riset OtoMobile.id lakukan.

Metode yang ada biasanya untuk analisa fundamental sebuah saham. Sehingga dapat menilai saham dari segi emiten, murah, wajar, atau justru melemah.

Jika hasil analisis tersebut menunjukkan Price Earning Ratio rendah, maka perusahaan juga akan menggap semakin murah. Untuk itu, saham likuid murah dapat terlihat pada data dengan rasio di bawah angka 10 kali.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Saham Terbaik untuk Para Investor Pemula

Daftar Saham Likuid Murah Tahun 2022

Dalam dunia investasi saham menjadi salah satu yang cukup populer hingga tahun ini. Padahal jika terlihat masih banyak jenis investasi yang bisa masyarakat luas pilih.

Saham menjadi yang paling banyak terpilih karena keuntungannya cukup besar. Meski demikian, bukan berarti tidak ada risiko yang bisa Anda alami.

Dengan teknik yang tepat, investasi bisa berjalan lancar dengan cuan tinggi. Namun untuk dapat mengetahui pergerakan harga saham, Anda perlu beberapa teknik yang tepat.

Sehingga mampu mengetahui pergerakan harga naik atau turun. Seperti halnya berikut ini ada beberapa daftar saham yang masuk pada harga murah.

Baca Juga: Investasi Ala Strategi Sir Alex Ferguson dengan Cara Perkuat Pertahanan

Saham likuid tersebut antara lain:

  1. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) untuk harga terakhir berada pada Rp 22.150, 4.83/kali.
  2. Pada posisi kedua yaitu Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan harga Rp 2.900, 5.26/kali.
  3. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) harga terakhir menunjukkan Rp 7.525, 5.52/kali.
  4. Sedangkan untuk Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menunjukkan harga sebesar Rp 860 untuk hari terakhir 5.77/kali.
  5. Untuk perusahaan pada urutan kelima yaitu Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dengan harga Rp 1.330, 5,91/kali.

Dari data yang tertera di atas menunjukkan bahwa ada dua saham batu bara penghuni saham likuid murah yaitu ITMG dan PTBA.

Pergerakan Saham Likuid Hari ini

Sebenarnya data terakhir tersebut sudah dapat disimpulkan saham apa yang memiliki kedudukan paling rendah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Saham Akan Ara, Investasi Risiko Tinggi dengan Banyak Pilihan

Data hari ini menunjukkan jika saham ITMG memiliki Price Earning Ratio 4,83 kali. Sehingga jauh lebih kecil dari rule of thumb 10 kali.

Saham ITMG dengan harga murah tersebut ditopang kinerja positif. Laba bersih sebesar US$ 271 juta atau senilai Rp 3,87 triliun (kurs Rp 14.300/US$) pada tahun 2021.

Sedangkan melaju naik dengan nilai US$ 39 juta atau sekitar Rp 555,75 miliar. Untuk hari ini saham likuid murah milik PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). (R10/HR-Online)