Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita JabarWagub Jabar Dorong Perkembangan UMKM Melalui Digitalisasi

Wagub Jabar Dorong Perkembangan UMKM Melalui Digitalisasi

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum dorong perkembangan pada pelaku UMKM melalui Digitalisasi. Hal ini merupakan cara paling efektif saat situasi pandemi agar UMKM Jabar kembali menggeliat.

Uu menyampaikan hal tersebut saat meluncurkan aplikasi Inginapa Indonesia. Sebuah marketplace yang memiliki tema dari daerah untuk dunia. Peluncuran aplikasi ini dilaksanakan di Pasar Sandang, Sumedang, Rabu (2/2/2022).

Uu menyebut transaksi e-commerce Jabar pada pertengahan triwulan III 2021 tumbuh hingga 59,03 persen menurut data Bank Indonesia. Angka pertumbuhan itu bisa terus meningkat pada tahun 2022 ini.

“Transaksi masyarakat lewat dunia digital kemungkinan akan terus meningkat di 2022 ini. Dibanding dengan yang lain, pangsa pasar digital Jawa Barat nomor 1,” katanya.

Untuk itu, Uu mendorong Koperindag Sumedang melakukan sosialisasi dan edukasi untuk perkembangan pelaku UMKM.

“Pedagang, warung, yang bukan hanya anak muda, melainkan ibu-ibu dan bapak-bapak pelaku UMKM. Agar mereka tidak bingung ketika melakukan transaksi melalui aplikasi,” jelasnya.

Uu menyebut aplikasi Inginapa Indonesia ini merupakan solusi untuk perkembangan UMKM Jabar.

Sementara itu, Direktur PT Inginapa Indonesia Sobar Bachtiar menjelaskan aplikasi Inginapa Indonesia ini lahir dari aspirasi pelaku UMKM Sumedang. Penjualan melalui digital bisa mempermudah promosi dan transaksi terdapat masyarakat luas.

“Mudah-mudahan dengan meluncurkan aplikasi ini, harapan saya Kabupaten Sumedang dapat bertransformasi. Terutama dalam hal perekonomian dari manual ke digital,” kata Sobar.

Bachtiar pun berharap pemerintah daerah mendukung upaya tersebut dengan saling berkolaborasi. Tujuannya untuk mengembangkan pada pelaku UMKM seluruh daerah Jabar. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)