Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Jaringan Darah Pada Hewan yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Saja?

Fungsi Jaringan Darah Pada Hewan yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Saja?

Fungsi jaringan darah pada hewan termasuk ke dalam jaringan ikat. Jaringan ini tersusun atas sel-sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah.

Semua susunan jaringan tersebut berada di dalam cairan yang bernama plasma. Perlu kamu ketahui bahwa jaringan darah ada pada hewan level tinggi.

Jaringan darah tersebut berada di dalam organ seperti lidah, jantung, sumsum tulang belakang, paru-paru, ginjal, dan hati.

Baca Juga: Jenis Jaringan pada Hewan, Pengertian dan Fungsinya

Fungsi Jaringan Darah Pada Hewan

Tubuh hewan terdiri dari banyak jaringan di dalamnya. Salah satu yang paling penting adalah jaringan ikat yang salah satunya merupakan jaringan darah.

Jaringan darah pada tubuh hewan berada di dalam cairan yang bernama plasma. Plasma darah terdiri dari air yang mengandung berbagai zat terlarut yang mengalir dari satu bagian tubuh ke bagian lainnya.

Bahan makanan seperti lemak, asam amino, dan glukosa akan mengalir dari usus ke hati, dari hati ke ginjal, dan hormon yang berasal dari kelenjar buntu menuju ke berbagai organ yang menjadi targetnya.

Terdapat dua jenis sel darah di dalam jaringan ini, yaitu sel darah merah atau eritrosit dan sel darah putih atau leukosit. Keduanya memiliki fungsi jaringan darah pada hewan yang berbeda.

Sel darah merah atau eritrosit memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen yang berasal dari organ respirasi menuju ke berbagai jaringan lain. Darah merah memiliki umur aktif yang mencapai 120 hari.

Jika lebih dari 120 hari, maka sel darah merah akan hancur dengan sendirinya. Meski begitu, sel darah merah tidak akan pernah habis karena tubuh akan terus memproduksi darah baru.

Sedangkan sel darah putih atau leukosit memiliki fungsi untuk membunuh bibit kuman penyakit. Sementara itu, keping darah berguna untuk proses pembekuan darah.

Sel darah putih juga terbagi lagi menjadi eosinofil, neutrofil, basofil (yang sumsum merah hasilkan), monosit (Limfoid hasilkan), dan limfosit.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Adiposa, Fungsi, dan Klasifikasinya

Jaringan Ikat pada Hewan

Kita tahu bahwa jaringan darah pada hewan berada di dalam jaringan ikat. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari jaringan ikat itu sendiri?

Berikut ini fungsi dari jaringan ikat yang ada pada hewan.

  • Jaringan ikat berfungsi sebagai pembungkus organ-organ di dalam tubuh hewan.
  • Sebagai pelekat atau penghubung antara satu jaringan dengan jaringan lainnya.
  • Mengisi rongga yang tersisa di antara organ.
  • Memberi bentuk pada tubuh hewan atau skeleton.
  • Jaringan ikat menjadi produsen darah (jaringan darah/hematopoietik).
  • Berperan untuk menjaga panas tubuh atau adiposum.
  • Menjadi pelindung tubuh dari bakteri yang masuk (jaringan ikat longgar).

Baca Juga: Asimilasi Dalam Biologi pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Kita bisa simpulkan bahwa fungsi jaringan darah pada hewan sangat penting. Melalui jaringan darah, oksigen serta zat-zat yang masuk ke dalam tubuh dapat tersalurkan dengan merata ke semua organ. (R10/HR-Online)

- Advertisment -