Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BisnisEntitas Dalam Investasi Cukup Berpengaruh, Selektif saat Memilih

Entitas Dalam Investasi Cukup Berpengaruh, Selektif saat Memilih

Entitas dalam investasi dimana sebagian besar penghasilan yang brutonya terdapat dari aktivitas perdagangan aset keuangan. Entitas tersebut dikelola oleh entitas lain.

Pengelola tersebut adalah lembaga simpanan, perusahaan asuransi tertentu, lembaga kustodian atau entitas investasi. Kegiatan investasi semakin hari mengalami peningkatan.

Berbagai investor melakukan hal ini dengan tujuan berbeda. Seperti yang kita lihat jika mendirikan sebuah perusahaan bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang harus dipenuhi guna bisa mendirikan bisnis tersebut.

Baik itu, dari perizinan maupun hal penting lainnya. Hal ini menunjukkan jika entitas dalam investasi adalah hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Apalagi bagi investor wajib tahu entitas sebuah perusahaan secara detail.

Baca Juga: Investasi Pendapatan Tetap Menjadi Instrumen Diandalkan Tahun 2022

Entitas Dalam Investasi, Jangan Sampai Salah Pilih

Saat ini kegiatan investasi semakin populer dan cukup banyak peminatnya. Bahkan sejak pandemi, justru berbagai instrumen menawarkan kegiatan investasi dengan berbagi kelebihan.

Karena adanya hal ini terkadang masyarakat masih bingung dalam memilih investasi. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang salah menentukan investasi. Hingga akhirnya terjadilah penipuan atau investasi bodong.

Sebaiknya pilih investasi dengan perizinan lengkap. Jangan hanya memilih investasi dengan hasil besar dan jangka waktu cepat. Hingga April 2022 pun pemerintah telah mendapatkan 7 entitas yang menawarkan investasi tanpa izin.

2 entitas melakukan money game, 1 penjualan langsung, 2 forex dan robot trading, 1 perdagangan aset kripto dan masih banyak entitas lainnya yang tidak berizin. Sebagai investor ada baiknya jika Anda lebih mengetahui akan jenis investasi dan entitasnya.

Baca Juga: Rekomendasi Lokasi Investasi Properti di Indonesia, Dijamin Cuan

Jenis Entitas Bisnis

Dalam dunia investasi entitas adalah suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Ada jenis entitas induk dan anak. Entitas induk itu sendiri adalah suatu entitas yang memiliki lebih dari satu entitas anak.

Sedangkan entitas anak merupakan suatu entitas baik yang bukan perseroan terbatas. Misalnya persekutuan yang dikendalikan oleh entitas lain.

Dari keduanya, semua entitas dalam investasi memang memiliki peran masing-masing dalam dunia bisnis. Investasi dalam entitas merupakan akuntansi sebuah perusahaan asosiasi.

Laporan keuangan tersebut sebagai informasi dalam laporan konsolidasian. Sedangkan untuk entitas induk itu sendiri menyajikan laporan keuangan tersendiri. Tujuan umum sebagai general purposes financial statements.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang Permanen, Keuntungan dan Contohnya

Belakangan ini sering muncul berita yang memang menarik banyak petinggi dan artis akibat investasi bodong atau ilegal. Padahal bekerjasama dengan entitas ilegal menjadi sebuah pelanggaran hukum.

Bahkan belum lama ini Satgas Waspada Investasi (SWI) memerintahkan untuk dapat menghentikan berbagai kegiatan yang memfasilitasi broker OctaFx karena menjadi sebuah pelanggaran hukum.

Sebaiknya untuk masyarakat yang ingin mencoba menjadi trader jangan asal melangkah. Sebab banyak hal yang harus investor pahami.

Adanya keuntungan dan kerugian yang bisa trader hadapi tentu menjadi perhitungan yang matang. Menurut laporan survey Otoritas Jasa Keuangan tingkat pemahaman masyarakat akan dunia trading jauh lebih kecil.

Hal inilah yang mengakibatkan masyarakat Indonesia mudah tertipu. Sehingga investor wajib selektif saat memilih entitas dalam investasi. (R10/HR-Online)