Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruHonda NX 500 Dominator, Motor Dual Purpose Akan Segera Bangkit?

Honda NX 500 Dominator, Motor Dual Purpose Akan Segera Bangkit?

Honda NX 500 Dominator kabarnya akan menjadi kebangkitan dari sepeda motor dual purpose legendaris.

Sebagai pabrikan besar, tentu saja Honda perlu terus berinovasi dalam menghadirkan produk terbarunya. Hal itu tentunya berkaitan dengan kebutuhan pasar.

Terbaru, kabarnya Honda mengajukan merek dagang NX di Uni Eropa.

Baca Juga: Honda Goldwing 2022 Hadirkan Spesifikasi dan Fitur Cangih Rilis di Eropa

Motor Legendaris, Honda NX 500 Dominator

Muncul dugaan bahwa Honda akan kembali membangkitkan salah satu sepeda motor legendaris judul mereka, yakni NX 500 Dominator.

Nama NX memang cukup bergengsi. Itulah kenapa, sangat wajar rasanya jika Honda ingin membangkitkan kembali motor dual purpose legendaris tersebut ke dalam bentuk yang lebih modern.

NX merupakan motor Honda yang memiliki gaya petualangan. Postur dari motor ini cukup jangkung.

Ada juga roda depan motor yang lebih besar daripada bagian belakangnya.

Selain NX 500 Dominator, Honda juga memiliki NX 650 Dominator yang pertama kali hadir pada media 1988 hingga 2000.

Terbaru, Honda sepertinya telah mengajukan merek dagang NX dan NX 500 terbaru di Uni Eropa beberapa waktu lalu. Sehari setelah pengajuan, nomenklatur tersebut sudah terdaftar di aplikasi merek dagang lain di Selandia Baru.

Hal itu menjadi isyarat bahwa pabrikan motor asal Jepang ini sedang mengembangkan kuda besi petualang terbarunya.

Besar kemungkinan generasi berikutnya ini memiliki model identik dengan NX Dominator series lama yang hadir di era 80an.

Baca Juga: Honda CB650R Neo Sport Café Hadirkan Pembaharuan Kelas Premium

Bagaimana Tampilan Generasi Terbaru NX 500 Nanti?

Sejauh ini memang masih belum ada rincian mengenai generasi baru dari Honda NX 500 Dominator.

Akan tetapi, besar kemungkinan bahwa generasi terbaru ini masih identik dari sisi tampilannya dengan generasi pertamanya.

Soal mesin besar, kemungkinan basisnya akan sama dengan yang digunakan pada model adventure, CB500X, yakni 471cc.

Visordown menjelaskan jika kemungkinan NX 500 akan hadir ke dalam segmen yang lebih condong untuk penggunaan di jalan raya. Itulah kenapa ada kemungkinan roda depan motor akan berukuran 19 inci.

Namun, jika Honda menginginkan NX500 menjadi lebih besar dari motor enduro, maka kemungkinan velg depan motor ini berukuran 21 inch.

Baca Juga: Honda Monkey 2022 Gunakan Banyak Teknologi Baru, Ini Harganya!

Masih Spekulasi

Peluang Honda yang akan mengambil rute generasi baru NX 500 semakin besar oleh fakta ketika perusahaan tengah mengajukan beberapa merek dagang unit NX di beberapa negara Asia.

Di Indonesia, saat ini Honda sudah mengajukan hak atas nama “NX 150”. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tengah mempersiapkan motor yang lebih kecil dengan tampilan sedang.

Hal itu mencerminkan seperti apa yang Honda lakukan di masa lalu, karena Dominator lama hadir dalam kapasitas mulai dari 125cc hingga 650cc selama masa kejayaannya.

Kabar terbaru render dari NX yang lebih kecil telah muncul menjadi NX 200. Modelnya yang berorientasi off-road, plat bash, dan knalpot bawah ekor.

karena itulah kemungkinan untuk mengekstrapolasi NX sangat besar. Sehingga, besar kemungkinan render desain NX 200 akan hadir di NX 500.

Namun, hingga saat ini segala sesuatu seputar Honda NX 500 Dominator masih sekedar spekulasi dan masih harus sabar menunggu langkah yang akan perusahaan Jepang tersebut lakukan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -