Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTerpeleset Saat Menolong Anak, Arif Tewas Terseret Arus Sungai di Ciamis

Terpeleset Saat Menolong Anak, Arif Tewas Terseret Arus Sungai di Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Seorang pria bernama Arif Suroso (39), asal Dusun Cibeureum, RT 30/07, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tewas terseret arus sungai.

Korban tenggelam saat melakukan pertolongan kepada anak yang terseret arus, di lokasi Wisata Desa (Tonjong Golok), Minggu (29/5/2022).

Lokasi wisata tersebut berada di Blok Sengon, Dusun Batukurung, RT 16/04, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Kronologi Korban Tewas Terseret Arus Sungai di Ciamis

Aep, seorang saksi mata mengatakan, kejadian tersebut bermula saat korban menolong anak yang terseret arus sungai di lokasi Tonjong Golok.

Baca Juga : Wisatawan Asal Cilacap Hilang Tenggelam Saat Berenang di Pantai Pangandaran

Namun saat berhasil menyelamatkan nyawa sang anak tersebut, korban malah terpeleset dan kemudian terseret arus hingga masuk ke dalam palung.

“Tadi kami sedang berekreasi bersama keluarga. Akan tetapi, saat itu ada anak yang terpeleset ketika sedang mencuci tangan usai makan. Anak itu langsung terseret arus,” katanya kepada HR Online, Minggu (29/5/2022).

Melihat ada ada yang terseret arus sungai, sambungnya, korban langsung melakukan pertolongan. Tapi sayang, setelah menolong anak tersebut, Arif  malah terpeleset dan masuk ke dalam palung.

“Tadi kami juga telah berusaha melakukan pertolongan. Namun karena kondisi palung dalam serta derasnya pusaran air, kami pun sempat kewalahan,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Tagana Ciamis, Behaki Efendi mengatakan, pihaknya menerima laporan ada orang tenggelam sekitar pukul 11.00 WIB.

Kemudian, pihaknya bersama tim relawan langsung meluncur ke TKP melakukan pencarian, dan berhasil menemukan korban. Namun saat melakukan evakuasi, kondisi korban sudah tidak bernyawa.

Menurutnya, dalam pencarian korban yang terseret arus sungai tidak menghabiskan waktu yang lama.

“Korban kami temukan di dasar palung dengan kedalaman sekitar 6 meter. Korban tadi dalam kondisi terjepit batu di dasar sungai,” terangnya.

Informasi di lapangan, setelah berhasil dievakuasi, jasad korban langsung dibawa ke Puskesmas Banjarsari, Kabupaten Ciamis untuk dilakukan visum. Dari keterangan medis, korban dinyatakan telah meninggal dunia.

Mengenali Tonjong Golok Wisata Desa yang Ada di Desa Kawasen

Sebagai informasi, bahwa Tonjong Golok yang merupakan lokasi tewasnya Arif karena terseret arus sungai adalah sebuah tempat wisata lokal yang ada di Desa Kawasen Kecamatan Banjarsari.

Adapun lokasinya berada di kawasan perhutani. Kemudian, pemerintah desa setempat mengubah lokasi Tonjong Golok ini menjadi destinasi wisata air.

Tonjong Golok sendiri mempunyai saluran air yang dihiasi bebatuan, serta dikelilingi pohon jati. Sehingga lokasi ini sangat nyaman untuk bermain dan berwisata.

Namun perlu diketahui, sepanjang saluran air Tonjong Golok banyak didapati palung yang dalam. Sehingga para wisatawan yang bermain ke lokasi tersebut, agar untuk selalu hati-hati saat hendak berenang. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)