Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruBeli Pertalite dan Solar Harus Pakai Aplikasi, Konsumen Wajib Daftar Mulai 1...

Beli Pertalite dan Solar Harus Pakai Aplikasi, Konsumen Wajib Daftar Mulai 1 Juli 2022

Beli Pertalite dan Solar harus pakai aplikasi. Bagi konsumen yang berhak membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi tersebut wajib melakukan pendaftaran melalui MyPertamina mulai tanggal 1 Juli 2022 mendatang.

PT Pertamina (Persero) melakukan langkah tersebut karena selama ini banyak konsumen yang tidak punya hak menggunakan Pertalite dan Solar. Apabila tidak diatur, maka kuota yang ditetapkan setiap tahun akan jebol.

Guna memastikan penyalurannya tepat sasaran, PT Pertamina menggandeng Pertamina Patra Niaga melakukan uji coba untuk menyalurkan Pertalite dan Solar bagi konsumen yang berhak. Pengguna BBM bersubsidi tersebut harus sudah terdaftar dalam sistem MyPertamina.

Alfian Nasution, Dirut Pertamina Patra Niaga dalam keterangannya, Senin (27/06/2022) mengatakan, pihaknya menyiapkan website MyPertamina yang mulai dibuka tanggal 1 Juli 2022.

Bagi masyarakat yang merasa punya hak menggunakan BBM jenis Pertalite maupun Solar bisa mendaftar melalui aplikasi online tersebut.

Baca Juga : Manfaat Aplikasi Online Untuk Efisiensi dan Pengembangan Bisnis

Setelah itu konsumen menunggu konfirmasi terkait identitas dan kendaraannya terkonfirmasi sebagai pengguna Pertalite atau Solar yang telah terdaftar.

Dengan sistem MyPertamina ini maka pihaknya akan terbantu dalam mencocokkan data konsumen/pengguna.

Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai Aplikasi

Alfian Nasution juga meminta masyarakat tidak khawatir jika tidak punya aplikasi MyPertamina. Sebab, pendaftaran bisa pengguna lakukan melalui website MyPertamina.

Pengguna yang telah mendaftarkan identitas dan kendaraannya melalui aplikasi online tersebut akan mendapat notifikasi yang masuknya melalui email.

Baca Juga : Aplikasi Online Groceries, Belanja Sayur Lebih Praktis Saat Pandemi

Jika konsumen sudah terdaftar maka akan mendapatkan code QR khusus. Code ini menunjukkan kalau data mereka sudah cocok sehingga bisa membeli BBM bersubsidi Pertalite maupun Solar.

Alfian menjelaskan, terpenting memastikan sudah menjadi pengguna dan terdaftar dalam website MyPertamina.

Apabila semua datanya sudah cocok, konsumen bisa melakukan transaksi pada SPBU. Seluruh transaksi tercatat secara digital.

Pertamina Bisa Kenali Konsumen Pertalite dan Solar

Baca Juga : Aplikasi Pembayaran Online Gratis Untuk Usaha Kecil

Itulah yang Pertamina harapkan, bisa mengenali pengguna Pertalite dan juga Solar. Dengan begitu, maka kedepannya dapat menjadi acuan bagi Pertamina dan pemerintah dalam membuat kebijakan atau program terkait subsidi energi.

Sekaligus juga bisa melindungi masyarakat yang benar-benar berhak untuk menikmati BBM bersubsidi tersebut.

Alfian menambahkan, rencana uji coba pertama akan pihaknya lakukan di sejumlah daerah, seperti Jawa Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Utara dan Kalimantan Selatan. (R3/HR-Online/Editor-Eva)