Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Transfer Aplikasi Sesama Android Menggunakan Tips Mudah Berikut!

Cara Transfer Aplikasi Sesama Android Menggunakan Tips Mudah Berikut!

Cara transfer aplikasi sesama Android kini bisa Anda lakukan dengan menggunakan berbagai macam cara yang tentunya tergolong lebih simpel.

Melakukan proses transfer seperti game antar smartphone kini ternyata juga sudah menjadi hal yang wajar dilakukan di Indonesia.

Nah, pasalnya dengan cara seperti itu maka para pengguna bisa langsung menginstall aplikasi tersebut tanpa harus mengunduhnya dahulu.

Kini juga sudah ada banyak langkah yang bisa mereka lakukan tanpa ribet dan tentu lebih praktis serta cepat.

Baca Juga: Cara Kerja NFC di Android, Bisa Mentransfer Data dengan Mudah, Simak!

Cara Transfer Aplikasi Sesama Android yang Termudah dan Praktis

Salah satu momen yang tidak menyenangkan saat proses ganti HP yaitu saat harus kembali menginstall berbagai aplikasi lagi.

Nah, seperti yang kita tahu, bahwa Android sendiri memang memiliki banyak keunggulan daripada iOS tentang integrasi perangkat berkat layanan cloud.

Selain itu, Google sendiri pun juga sudah memiliki banyak cara yang bisa digunakan untuk mentransfer aplikasi ke perangkat lainnya. Meski demikian, sangat penting bagi Anda bahwa sebelumnya sudah melakukan backup data aplikasi sebelum melakukannya.

Sehingga Anda bisa menyimpan data game, mengakses riwayat game, dan lain sebagainya dengan mudah. Melakukan transfer atau mengirim aplikasi kini juga bisa Anda lakukan dengan mudah dan praktis.

Kebanyakan orang menilai juga bahwa dengan menggunakan Bluetooth untuk mengirim aplikasi sudah tidak zamannya lagi. Namun siapa sangka ternyata dengan Bluetooth tersebut kita bisa dengan mudah untuk melakukan kirim aplikasi antar HP.

Baca Juga: Cara Transfer Aplikasi dari HP ke Laptop, Berikut Panduan Mudahnya

Melalui Bluetooth

Cara transfer aplikasi sesama Android bisa Anda lakukan dengan menggunakan Bluetooth. Ini adalah fitur bawaan yang sudah ada pada HP.

Salah satunya adalah mampu mengirimkan berbagai macam file, baik video, foto, sampai dengan dokumen termasuk aplikasi.

Akan tetapi, untuk mengirimkannya melalui Bluetooth, maka memang membutuhkan jenis HP yang sudah mendukung. Langkah yang pertama Anda bisa mengaktifkan fitur Bluetooth kemudian pada fast mode Anda bisa tekan ikon Bluetooth atau buka Setting lalu Bluetooth dan Ok.

Pastikan dulu bahwa HP si penerima juga sudah memiliki fitur yang sama, sehingga proses pengiriman aplikasi bisa berjalan maksimal. Anda bisa langsung memilih aplikasi mana yang Akan ada kirim dengan cara buka menu Setting pada HP si pengirim.

Buka menu pengaturan, aplikasi, dan tekan agak lama pada aplikasi itu sampai muncul sejumlah menu kemudian tekan opsi Share. Klik pada nama HP dan biarkan sampai proses sharing aplikasi itu berjalan sampai benar-benar selesai.

Melalui WhatsApp

Cara transfer aplikasi sesama Android ternyata juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan platform WhatsApp. Walaupun tidak memiliki fitur untuk berbagi aplikasi, rupanya WhatsApp bisa untuk mengirim berbagai macam aplikasi dengan mudah.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa WhatsApp sendiri adalah salah satu aplikasi pesan instan online yang memiliki banyak pengguna.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan. Sebut saja seperti panggilan suara, panggilan video, mengirim dokumen, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga sudah tersedia secara gratis di berbagai macam toko aplikasi, termasuk pada layanan Google Play Store untuk Android. Akan tetapi, untuk mengirimkan sebuah aplikasi melalui WhatsApp, maka Anda sudah harus mengubahnya dalam format APK.

Jika sudah berhasil merubah formatnya, kini saatnya Anda bisa langsung mengirimkan aplikasi yang Anda inginkan ke pengguna lain. Jadi Anda juga harus memiliki bantuan aplikasi lain yang bernama ES File Explorer File Manager.

Baca Juga: Android Beam Samsung Dukung Transfer Data, Berikut Cara Praktisnya

Melalui SHAREit

Cara transfer aplikasi sesama Android selanjutnya dengan mudah juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan Share It. Ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa untuk mengirimkan video, foto, dokumen, dan juga termasuk segala macam aplikasi dengan mudah.

Nah, untuk langkah yang pertama maka Anda harus mengunduh aplikasi SHAREit ini pada HP Anda dan HP si penerima tersebut. Jika sudah, kemudian buka aplikasinya dan jangan lupa untuk membuat profil terlebih dahulu.

Pada HP pengirim atau milik Anda, Anda tekan opsi Send dan pilih aplikasi mana yang akan Anda kirim ke si penerima atau orang lain. Nah, sementara itu pada HP si penerima bisa langsung di klik Receive saja.

Setelah kedua HP tersebut benar-benar saling terhubung, tinggal klik opsi Send pada HP Anda dan klik install pada HP si penerima. Bagaimana cukup mudah bukan?

Setelah mengetahui sejumlah cara transfer aplikasi sesama Android, kini saatnya Anda untuk langsung mencobanya. Anda bebas mau memilih dengan cara yang mana. (R10/HR-Online)