Android Beam Samsung Dukung Transfer Data, Berikut Cara Praktisnya

Android Beam Samsung
Ilustrasi Android Beam Samsung. Foto: Ist/Net

Android Beam Samsung memungkinkan pengguna untuk mengirim konten antar perangkat lain hanya menekannya kembali ke belakang. Android Beam cukup ideal dalam berbagai jenis konten, halaman web, video, foto, peta, dan lain sebagainya.

Melalui fitur ini, anda dapat dengan cepat untuk mentransfer konten antar perangkat lain tanpa adanya proses persiapan yang lama melalui NFC. Maka dapat dipastikan, fitur ini hanya digunakan pada perangkat Android yang telah support NFC.

Mengenal Android Beam Samsung dan Cara Menggunakannya

Smartphone Android dengan dukungan Near Field Communication atau NFC dapat transfer data dengan sentuh ponsel. Fitur ini tidak tersedia pada semua perangkat HP.

Baca Juga : HP Oppo Support WiFi 5Ghz Dukung Penggunaan Drone, Ini Pilihannya!

Namun jika perangkat Android yang anda gunakan telah support NFC, maka fitur ini memungkinkan anda untuk mengirim informasi secara cepat hanya dalam hitungan detik.

Persyaratan Penggunaan Android Beam Samsung

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan penggunaan fitur Android Beam antara lain:

Pastikan Anda Gunakan Ponsel Android versi 4.0 atau yang Lebih Canggih

Untuk dapat mengetahui apakah ponsel anda menggunakan sistem operasi Android 4, maka anda dapat masuk ke menu Pengaturan. Kemudian pilih “About Phone”, lalu periksalah versi sistem operasi Android yang anda miliki.

Apabila ponsel anda telah menggunakan sistem operasi Android 4.0 atau lebih, maka dapat dipastikan perangkat tersebut telah mempunyai Android Beam.

Pastikan Ponsel Anda Support NFC

Dengan adanya fitur NFC dalam perangkat HP, dapat memungkinkan komunikasi antar ponsel dengan jarak sekitar 10cm. NFC seringkali ditemukan pada ponsel seri terbaru dalam berbagai merk.

NFC akan semakin banyak anda temukan pada perangkat setelah fitur Android Beam diperkenalkan pada 2011 silam. Anda dapat menuju ke menu Settings, lalu cari pengaturan “More atau Communications”.

Baca Juga : HP Vivo dengan Fitur NFC, Berikan Dukungan Aktivitas Pemindaian

Namun jika pada perangkat Android yang akan anda gunakan untuk berkirim data tidak terdapat fitur NFC, maka anda tidak bisa menggunakan Android Beam pada ponsel tersebut.

Mengaktifkan Android Beam Samsung

Sebelum mengirim file data, penting bagi anda untuk mengaktifkan terlebih dahulu fitur Android Beam dengan langkah:

  1. Temukan opsi NFC pada HP anda pada menu Setting, kemudian tekan “ON” atau anda dapat ketuk menu Pengaturan untuk mengaktifkannya.
  2. Langkah berikutnya, carilah opsi Android Beam pada menu Pengaturan. Klik “ON” atau anda dapat tekan “Android Beam” untuk mengaktifkan fitur ini.
  3. Selanjutnya lakukan langkah yang sama guna memastikan jika perangkat Android si penerima juga telah mengaktifkan NFC serta fitur Android Beam. Seperti yang kita sebutkan sebelumnya jika ponsel si penerima tak memiliki fitur NFC, maka anda tidak dapat gunakan Android Beam.

Cara Menggunakan Android Beam Samsung untuk Transfer File Via NFC

Adapun cara menggunakan fitur Android Beam untuk mengirim file melalui fitur NFC antara lain:

  1. Aktifkan NFC pada kedua perangkat smartphone. Caranya hanya dengan membuka menu Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih koneksi, lalu aktifkan NFC dan pembayaran.
  3. Cari file yang akan anda kirim. File tersebut dapat berupa gambar, dokumen, foto, video, dan lain sebagainya pada perangkat yang akan mengirim. Lalu pilih “Share” atau “Bagikan” dan pilih Android Beam Samsung.
  4. Proses berikutnya adalah mendekatkan sensor NFC pada kedua HP Android yang anda gunakan. Tunggu hingga proses pengiriman file selesai.

Selain cara di atas, anda juga dapat mengirim data dengan menggunakan NFC dengan langkah yang lebih praktis. Cara tersebut adalah dengan memilih file yang akan anda transfer. Selanjutnya dekatkan kedua perangkat Android yang akan anda gunakan hingga muncul tulisan “Sentuh untuk memancarkan”.

Baca Juga : Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!

Kemudian tap pada layar ponsel si pengirim dan tunggu hingga proses transfer berhasil terkirim. Transfer data dalam bentuk apapun akan terasa lebih praktis dan simpel dengan memanfaatkan fitur NFC dengan Android Beam Samsung.

Dibandingkan saat transfer data melalui bluetooth, transfer data menggunakan NFC dengan Android Beam Samsung memiliki kecepatan transfer data yang tidak jauh berbeda saat anda menggunakan bluetooth. Maka apabila file yang akan anda kirim dalam jumlah yang banyak serta berukuran besar, proses pengiriman akan lebih lambat. Lain dengan mengirim data melalui fitur NFC. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto