Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film More Than Robots, Dokumenter Kompetisi Robotik FIRST

Sinopsis Film More Than Robots, Dokumenter Kompetisi Robotik FIRST

Sinopsis film More Than Robots merupakan garapan asli Disney+ Hotstar. More Than Robots menjadi film dokumenter yang mengagumkan.

Film ini sebelumnya sudah tayang perdana di SXSW Film Festival 2022 sebelum akhirnya tayang di platform streaming video Disney+ Hotstar pada 18 Maret 2022 lalu.

Baca Juga: Sinopsis Film Justice League, Dapatkah Superman Hidup Kembali?

More Than Robots mengangkat kisah dokumenter dari kompetisi robotika internasional yang berlangsung di Los Angeles pada tahun 2020.

Tentang Sinopsis Film More Than Robots

Gillian Jacobs merupakan sutradara yang bertanggung jawab terhadap film dokumenter eksklusif pada Disney+ Hotstar, More Than Robots.

More Than Robots akan berfokus pada kisah kompetisi internasional robotika. Anda juga akan melihat bagaimana awal mula terbentuknya kompetisi robotik tersebut yang berasal dari Dean Kamen.

Dean Kamen sendiri merupakan seorang dari For Inspiration and Recognition of Science and Technology atau FIRST.

FIRST merupakan komunitas robotik yang telah berdiri selama 30 tahun lamanya. Dalam proses mendirikannya, Kamen melakukan visi demi menciptakan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi rekayasa.

Sinopsis film More Than Robots akan terdiri dari banyak footage campuran yang tergabung sehingga menjadi sebuah film dokumenter.

Potongan video tersebut berupa dokumentasi profesional, hingga rekaman smartphone hingga footage Zoom.

Kompetisi Robot Internasional

Ketika menonton sinopsis film More Than Robots, Anda akan mengikuti kisah para remaja internasional dan mentornya dalam menjalani Kompetisi Robotika FIRST 2020.

Baca Juga: Sinopsis Film Korea Yaksha: Ruthless Operations, Aksi Mata-Mata Elit

Terdapat 4 tim remaja dari Los Angeles, Meksiko, dan juga Jepang. 

Film dokumenter ini berawal dengan situasi yang rumit dan serius di antara para pesertanya dalam merakit robot. Nantinya robot tersebut akan mereka tampilkan dalam kompetisi.

Selanjutnya, alur waktu dalam film akan mundur untuk menjelaskan berbagai latar belakang dan juga persiapan para tim dalam mengikuti kompetisi tersebut.

Salah satu peserta dari tim Los Angeles bernama Jacob bercerita mengenai awal mula dirinya sangat tertarik dengan Matematika dan juga teknologi.

Suatu ketika Jacob datang ke pameran klub suku cadang robot yang membuatnya menyukai dunia robotik. Pada akhirnya Jacob tergabung dalam “The Vitruvians Bots” tim 4201 dengan keahliannya dalam mengodekan mekanisme panel kontrol.

Kemudian cerita beralih pada peserta bernama Fatima yang tertarik dengan kompetisi FIRST, karena merupakan sebuah perayaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sorak sorai meriah.

Meski begitu, Fatima juga tetap serius dalam mengikuti kompetisi. Selanjutnya seorang mentor bernama Kanon yang merupakan mahasiswa Psikologi mewakili tim dari Jepang.

Konon, timnya bekerja keras dan mendapat bantuan dari Dr. Tomyama yang juga merupakan mentor dari “Sakura Tempesta”.

Terakhir ada tim dari Meksiko bernama Nautilus 4010. Tim ini memiliki mentor bernama Victor yang sangat mendalam dunia robotik.

Selain itu, Mariana sebagai ketua tim juga mewakili perjalanan Tim Nautilus di Kompetisi Robotik FIRST.

Realita Sulit dalam Kompetisi

Setelah memperkenalkan semua tokohnya, sinopsis film More Than Robots ini kembali berfokus pada proses persiapan tim.

Mereka harus menghadapi realita kompetisi yang tidak mudah. Terdapat berbagai tantangan sulit, mulai dari sumber daya terbatas hingga penundaan persiapan karena Covid-19.

Jalan cerita semakin rumit ketika tim Jepang akhirnya tidak bisa mengikuti kompetisi pertama. Hingga salah satu peserta Meksiko kecewa karena harus segera lulus dari bangku SMA tahun ini.

Meski tidak terlihat berkompetisi di RFC, namun para peserta tetap produktif selama pandemi sebagai komunitas pecinta robot.

Baca Juga: Sinopsis Inventing Anna, Sosialita Gadungan Buronan Amerika

Hal tersebut membuktikan bahwa program ini dapat melahirkan banyak insan muda yang berbakat.

Tayang di Disney+ Hotstar

Pada akhirnya, More Than Robots bukan hanya sekedar sebuah judul yang klise.

Dalam durasi kurang lebih satu setengah jam, film dokumenter ini berhasil membawa para penontonnya ikut merasakan kefrustasian dan semangat para peserta lomba.

Peserta dalam Kompetisi Robotik FIRST terus berjuang sekuat tenaga mereka demi memberikan hasil yang maksimal di tengah berbagai kendala yang menerpa.

Itulah kenapa, film dokumenter More Than Robots ini akan memberikan contoh yang baik untuk para anak-anak dan remaja dalam hal meraih mimpi dan pantang menyerah.

Anda dapat menyaksikan kelanjutan sinopsis film More Than Robots ini bersama dengan keluarga untuk mengisi waktu liburan dan menambah motivasi melalui Disney+ Hotstar. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)