Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Kerja Speedometer Digital pada Motor Berdasarkan Tipe-nya

Cara Kerja Speedometer Digital pada Motor Berdasarkan Tipe-nya

Cara kerja speedometer digital pada motor penting untuk Anda ketahui dan pahami, karena pada kenyataannya ada saja yang belum mengetahuinya.

Speedometer keluaran terbaru seperti ini memang memiliki banyak keunggulan, sebab bisa membaca kecepatan yang lebih akurat.

Tidak hanya itu saja, melainkan cara untuk perawatannya sendiri pun juga tergolong sangat simpel dan mudah.

Sebab, speedometer terbaru ini memiliki kombinasi pulsa magnetik dan pulser serta memanfaatkan sensor optik.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor, Cek Langkah-langkahnya!

Cara Kerja Speedometer Digital pada Motor yang Wajib Anda Ketahui

Sudah tidak asing lagi bahwa speedometer adalah sesuatu yang berperan sangat penting dan terletak pada bagian depan sepeda motor. Sehingga para penggunanya bisa melihat dengan mudah tentang kecepatan mereka selama mengendarainya.

Karena speedometer sendiri merupakan alat pengukur kelajuan kendaraan dan menjadi perlengkapan standar setiap motor.

Jadi, komponen ini bermanfaat untuk mengukur dan mengendalikan kecepatan motor ketika sedang pengguna pakai dalam mengendarai.

Speedo yang masih tergolong baru ini hadir dengan tampilan yang futuristik dan tentunya jauh lebih akurat. Sayangnya ada sebagian besar orang yang justru tidak mengetahui tentang bagaimana cara kerjanya.

Baca Juga: Penyebab Speedometer Motor Mati yang Paling Umum, Wajib Diketahui!

Cara Kerja

Cara kerja speedometer digital pada motor ini sebenarnya memiliki prinsip kerja dengan memanfaatkan pulsa magnetik dan pulser.

Kemudian putaran roda bagian depan akan melewati sistem gir yang akan memutar kawat kopel, selanjutnya memutar roda.

Setelah itu, lubang akan melewati optocoupler lalu memberikannya sinyal agar bisa terbaca. Nah, salah satu kelebihan utama dari jenis speedometer ini adalah bisa untuk memberi gambaran kecepatan yang sangat presisi.

Meski demikian, cara perawatannya memang harus benar-benar maksimal supaya fungsinya juga tetap optimal. Oleh karena itu, guna menghindari kerusakan Anda wajib untuk melakukan perawatan secara berkala.

Baca Juga: Speedometer Naik Turun, Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya!

Tipe Speedometer

Sebenarnya speedometer jenis terbaru ini juga mempunya dua tipe yakni tipe pulser dan tipe gearbox. Untuk tipe pulser ini akan menggunakan magnetic sensor kemudian mengirimkan sinyal magnet dengan frekuensi tertentu.

Jadi frekuensi inilah kemudian akan terkirim dan menunjukkan berapa kecepatan kendaraan tersebut.

Sedangkan tipe gearbox ini mempunyai sistem yang hampir sama saat putaran roda terhubung dengan rangkaian gearbox serta poros pada speedo dashboard.

Walaupun berbeda tipe, akan tetapi keduanya tetap memiliki kesamaan yang sama. Sebab putaran tersebut akan berubah ke dalam sinyal yang mempunyai frekuensi tertentu.

Kemudian sinyal itu akan terkirim ke microprocessor dan mengalami pengolahan yang kemudian manusia bisa memahaminya.

Jadi besaran frekuensi itu akan diterjemah ke dalam satuan bilangan bulat yang bisa Anda lihat pada bagian panel layar speedometer.

Setelah Anda tahu cara kerja speedometer digital pada motor, maka Anda mungkin sudah tidak akan merasa kebingungan lagi. Sebab Anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara kerjanya. (R10/HR-Online)