Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Rumus Excel di Android, Simak Tutorialnya Ini!

Cara Menggunakan Rumus Excel di Android, Simak Tutorialnya Ini!

Cara menggunakan rumus Excel di Android mungkin belum Anda ketahui, sehingga mulai sekarang wajib untuk tahu bagaimana tutorial lengkapnya ini.

Namun bagi yang sudah biasa menggunakan Excel versi PC, kemungkinan juga sudah tahu cara untuk menggunakan Excel di HP.

Walaupun ada banyak perbedaan mendasar dari keduanya, akan tetapi untuk beberapa fungsi basic mereka juga tetap sama. Hanya pada intinya bahwa kita perlu sedikit untuk memahami serta improvisasi saja.

Baca Juga: Cara Menambah Font di Word Android Termudah, Begini Tips-nya!

Cara Menggunakan Rumus Excel di Android yang Mudah, Pemula Harus Tahu!

Seperti yang kita tahu bahwa Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak yang memudahkan segala macam pekerjaan manusia.

Jadi Microsoft Office ini juga terdiri dari berbagai macam perangkat lunak tergantung dari tujuan pengolahan data tersebut.

Sebut saja seperti Microsoft Excel, ini adalah sebuah perangkat lunak dari Microsoft guna mengolah data agar menjadi hasil output seperti grafik.

Sementara itu, proses pengolahan data juga akan memudahkan seperti perkalian berulang yang lebih mudah daripada menghitung secara manual.

Sayangnya tidak semua orang tahu cara menggunakan rumus Excel di Android. Jika Anda salah satunya maka jangan langsung panik.

Awalnya Microsoft Excel ini sendiri lebih identik digunakan untuk komputer, namun seiring dengan perkembangan zaman, HP pun juga bisa memanfaatkan Excel.

Sehingga peran smartphone juga semakin dekat dengan manusia, sehingga Microsoft kini sudah ada pada HP dan bisa langsung pengguna install.

Saat Anda akan menggunakan rumus-nya namun tidak bisa maka jangan panik, karena ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Downgrade Android 11 ke 10 Simple, Simak Langkahnya!

Install Aplikasi

Sebelum lanjut ke cara menggunakan rumus Excel di Android, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan aplikasinya. Anda bisa mencarinya di layanan Google Play Store kemudian pasang pada HP Android Anda.

Jika sudah selesai, buka aplikasi kemudian klik Baru dan pilih file apa yang akan anda buat nantinya. Sementara itu, untuk membuat tulisan pada lembar kerja Anda bisa klik lembar kerja dan nanti akan muncul ikon gunting.

Jika akan mengedit, Anda bisa klik huruf A dengan logo Pensil dan lihat ke bawah nanti akan muncul sejumlah pilihan seperti untuk mempertebal.

Selanjutnya apabila Anda akan merubah nama sheet, maka bisa klik lembar 1 dan Anda bisa langsung mengganti nama tersebut.

Tidak hanya berhenti sampai sini saja, namun saat Anda akan menghitung angka dengan mudah, maka bisa menggunakan rumus ini.

Cukup memanfaatkan Android dan aplikasi Microsoft Excel saja, Anda bisa secara otomatis menghitung pertambahan dalam hitungan detik.

Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Cara menggunakan rumus Excel di Android misalnya seperti VLOOKUP dan HLOOKUP ini sebenarnya sangat mudah dan simpel. Hanya saja ada beberapa orang yang kemungkinan belum bisa dan tahu bagaimana langkah untuk memulainya itu.

Sebagai contoh saat akan menjumlahkan angka ke bawah mulai dari cell A1 hingga ke A4 secara manual, maka gunakan rumus A1 A2 A3 dan A4.

Nah, untuk menjumlahkan pada Excel baik jumlah ke samping atau bawah dan menjumlahkan antar kolom sheet ini cukup mudah.

Anda bisa mencari menu sisipkan dan untuk kolom A adalah berisi number sedangkan kolom B ini berisi text. Rumus VLOOKUP sendiri berfungsi sebagai memuat ataupun membaca data tetap maupun data-data lainnya.

Jadi salah satu rumus pada Excel yang wajib untuk Anda ketahui dan kuasai adalah rumus VLOOKUP yang satu ini. Karena jika sudah mengetahui dan memahami bagaimana cara kerjanya, maka segala macam pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Baca Juga: Cara Main Youtuber Life Android, Dijamin Bisa Membuat Ketagihan!

Rumus SUM

Cara menggunakan rumus Excel di Android seperti SUM ini juga sebenarnya sangat mudah, hanya saja tak semua orang mengetahuinya. Pasalnya dalam sekejap bahwa rumus SUM seperti ini bisa muncul tanpa harus mengetikkan dulu.

Sementara itu, cara untuk bisa mengatur jumlah angka pada belakang koma seperti blok dari cell G7 sampai baris paling bawah adalah dengan klik kanan. Selain itu tinggal klik format cell dan secara otomatis akan langsung muncul menu format cell.

Jadi, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengklik Number kemudian atur Decimal Places dengan 2. Daripada Anda harus mengetik rumus SUM, maka Anda dapat langsung memunculkan rumus ini pada Excel dengan menekan opsi Alt secara bersamaan.

Sedangkan untuk menghitung ini, maka Anda dapat membuat rumus formula pada kolom C. Caranya adalah dengan menggunakan angka 1002 maka penulisannya yaitu 1002 kemudian tekan enter.

Anda bisa langsung meletakkan kursor HP dan klik pada cell yang akan Anda lihat rumusnya, kemudian lihat ke formula bar. Sebenarnya masih ada banyak rumus yang bisa Anda gunakan dalam memperbaiki data.

Namun beberapa cara menggunakan rumus Excel di Android seperti tadi mungkin sudah membantu Anda untuk mengerjakan tugas. (R10/HR-Online)