Rabu, November 30, 2022
BerandaBerita TerbaruNASA Temukan Planet Surga yang Tertutup Lapisan Air Jernih

NASA Temukan Planet Surga yang Tertutup Lapisan Air Jernih

NASA Temukan Planet Surga yang juga mendapat julukan sebagai ‘Planet Laut’. Nama Planet Planet Surga  juga tidak sembarangan NASA berikan. Hal itu karena planet ini terlihat sangat mirip dengan yang ada di film aksi 1995 oleh aktor Kevin Costner “Waterworld” yang disebut dengan Planet Surga.

Tentu saja planet satu ini berada di luar Tata Surya Matahari. NASA mengatakan bahwa Planet Surga terletak cukup jauh dari Bumi. Apa yang membuatnya mendapat julukan surga tersebut?

Baca Juga: NASA Temukan Planet Mirip Neraka yang Diselimuti Lava, Mengerikan!

Mengejutkan, NASA Temukan Planet Surga di Dekat Tata Surya!

Kondisi setiap planet akan berbeda-beda. Hal itu biasanya menjadi ciri khas mereka yang kemudian menjadi cikal bakal julukannya.

Setelah menemukan planet mirip neraka, kini para ilmuwan di dalam Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja menemukan Planet Surga atau Planet Laut.

Melansir dari akun media sosial NASA, planet satu ini benar-benar tertutupi oleh lapisan air yang sangat jernih.

Tim peneliti yang berada di bawah komando Charles Cadieux, mahasiswa doktoral di Universitas de Montreal dan anggota Institute for Exoplanet Research (iREX) berhasil melihat planet ni dengan teleskop luar angkasa.

Mereka menggunakan ruang angkasa National Aeronautics and Space Administration, TESS yang memungkinkan para peneliti untuk menemukan ruang di dalam sistem planet dekat dengan Bumi.

Baca Juga: Fakta Planet Jupiter, Jadi Planet Terbesar Hingga Punya Banyak Satelit!

Berada 100 Juta Tahun Cahaya dari Bumi

Nyatanya Planet Surga yang baru NASA temukan ini berada di jarak yang cukup dekat dengan Bumi, yakni sekitar 100 juta tahun cahaya.

Dengan teleskop luar angkasa berteknologi modern, para ilmuwan telah berhasil melihat lebih jelas bagaimana wujud dan kondisi planet satu ini.

Setelah NASA temukan Planet Surga, maka tentu saja mereka melakukan penelitian lanjutan. Dari Bumi planet ini terlihat cukup indah dari warna permukaannya yang tertutup air.

NASA juga menjelaskan bahwa Planet Surga tersebut mengorbit kepada salah satu dari dua bintang yang berukuran kecil. Bintang tersebut berada di konstelasi Draco dan berhasil tim peneliti nasional temukan.

Baca Juga: Planet 55 Cancri e, Kembaran Bumi yang Dipenuhi dengan Berlian

NASA Juga Sudah Pernah Menemukan Planet Neraka

Sebelum menemukan Planet Surga ini, NASA sudah terlebih dahulu menemukan Planet Neraka. Melansir dari Phys, planet tersebut berjarak lebih dekat, yakni sekitar 50 tahun cahaya.

Planet dengan nama 55 Cancri e mengorbit begitu dekat dengan bintang induknya yang sangat mirip dengan Matahari di Tata Surya.

Sehingga, kondisi permukaannya memiliki dimensi dalam keadaan terbakar yang konstan. Kondisi tersebut membuat planet ini terlihat seperti neraka yang terbakar terus-menerus.

Dari data yang ada, planet 55 Cancri e hanya berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintang induknya, atau setara dengan 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

NASA berpendapat bahwa sebelumnya tidak pernah ada planet yang berada dalam keadaan ekstrim seperti pada 55 Cancri e di dekat Tata Surya.

Setelah Planet Neraka, kini NASA temukan Planet Surga yang juga dekat dengan Tata Surya. Planet Surga ini kebalikan dengan Planet Neraka karena justru tertutup oleh air. (R10/HR-Online)