Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghitung CC Motor dengan Rumus Dijamin Hasil Akurat

Cara Menghitung CC Motor dengan Rumus Dijamin Hasil Akurat

Cara menghitung CC motor jangan sampai salah. Sebagai pemilik motor perlu tahu bagaimana cara menghitung CC untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu simak tutorial kendaraan di bawah ini.

Apalagi dalam dunia otomotif mengetahui tahapan bore up mesin membutuhkan pengukuran kapasitas CC kendaraan secara tepat. Jadi tidak ada salahnya jika Anda tahu bagaimana cara pengukurannya.

Baca Juga: Cara Merontokkan Cat Body Motor dengan Langkah Mudah Berikut!

Pentingnya Tahu Cara Menghitung CC Motor

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang memiliki banyak varian. Tipenya pun beragam ada yang sport, bebek, atau matik. Semua memiliki keunggulan masing-masing.

Bahkan setiap tipe motor juga hadir dengan spesifikasi dan kapasitas CC yang berbeda. Jenis mesin yang satu ini memiliki peran penting dalam penggunaan sepeda motor untuk sehari-hari.

Ada baiknya Anda tahu bagaimana cara untuk menghitungnya. CC sepeda motor tidak bisa dihitung secara sembarangan. Sehingga tidak semua pemilik kendaraan ini tahu caranya.

CC adalah volume dalam ruang bahan bakar. Setiap mesin memiliki kapasitas ruang bakar tidak sama, tergantung dengan tipe dan jenisnya. Sebenarnya melihat langsung dari spesifikasi pabrikan bisa saja.

CC kecil menunjukkan jika kendaraan lebih hemat bahan bakar saat digunakan. Namun memiliki kekurangan yaitu dari segi kecepatan dan performanya.

CC mesin motor lebih tinggi membantu mesin bisa lebih hemat energi dan cocok bagi mereka yang menginginkan sepeda motor berefisiensi tinggi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Blind Spot Bagi Pengendara Sepeda Motor yang Aman

Menghitung CC Motor dengan Rumus

Cara menghitung CC motor sebenarnya cukup sederhana, namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya. Anda bisa coba menghitung CC motor dengan rumus.

Sebenarnya banyak metode yang bisa Anda gunakan berdasarkan parameter. Jika menghitung CC berdasarkan volume tabung ada rumus sendiri yaitu phi x ( r x r ) x t = hasil: 1000.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui jenis motor dan komponen lainnya untuk dapat mengetahui hasilnya. Sedangkan jika berdasarkan kapasitas mesin rumus perhitungannya yaitu cc = 0,785 X (D X D) X L.

Di mana D adalah diameter piston dan L merupakan panjang stroke. Masukkan komponen yang diperlukan dan Anda bisa menghitungnya.

Sebenarnya untuk menghitung CC motor pun kini bisa dengan bantuan aplikasi.

Anda bisa cari aplikasi di Play Store yaitu Motorun Engine Tools. Aplikasi dapat Anda gunakan untuk keperluan sepeda motor 2 atau 4 tak. Semua dapat Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga: Cara Membuat Lampu Hazard pada Motor, Jadi Tanda Peringatan

Contoh Menghitung CC Motor pada Yamaha Jupiter Z1

Menghitung CC mobil dengan rumus tentu jauh lebih mudah. Jika Anda masih bingung, berikut ini ada contoh perhitungan mengetahui CC pada motor Yamaha Jupiter Z1.

Diketahui Jupiter Z1 memiliki piston berdiameter 50 mm. Sedangkan untuk langkah piston 57.9. Maka cara menghitungnya yaitu:

Cc = (3.14 x r x r x p) / 1000

= (3.14 x 25 mm x 25 mm x 57.9 mm) / 1000

= 113.64 cc.

Cara menghitung CC motor dengan rumus bisa Anda lakukan untuk mengetahui spesifikasi mesinnya. Apalagi ketika ingin melakukan modifikasi, Anda bisa mencoba cara ini karena lebih akurat. (R10/HR-Online)