Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Setting TCS NMAX, Para Pemula Harus Tahu Langkah Ini!

Cara Setting TCS NMAX, Para Pemula Harus Tahu Langkah Ini!

Cara setting TCS NMAX penting Anda ketahui. Pasalnya TCS ini memiliki peran sangat vital untuk memberi kontrol maksimal untuk pengendara. Komponen motor ini juga sudah ada pada New NMAX Connected ABS.

Traction Control System atau TCS ini berfungsi untuk mencegah ban bagian belakang kehilangan traksi alias selip ketika motor sedang berakselerasi. Terutama di permukaan jalan yang licin, berpasir atau basah, maka keberadaannya berperan sangat penting.

Baca Juga: Cara Menyetel Stasioner Motor Paling Mudah, Begini Tips-nya!

Cara Setting TCS NMAX yang Harus Anda Ketahui

Sebagian besar pengendara sepeda motor pastinya pernah jatuh dari motor akibat dari ban selip saat melaju di jalanan licin maupun berpasir. Pasalnya ban selip akan terjadi jika kondisi jalanan seperti ini, apalagi sang pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Sehingga dengan demikian ban pun akan langsung berhenti berputar dan pengendara tarik pedal gas secara mendadak. Hingga pada akhirnya hilangnya traksi ban kendaraan sebab adanya kecepatan yang sangat tinggi itu.

Hal seperti inilah yang menyebabkan ban akhirnya menjadi tidak seimbang lagi dan bahkan bisa mencelakai sang pengendara motor tersebut. Dari sinilah betapa pentingnya fitur TCS guna menunjang keselamatan selama berkendara bagi para penggunanya.

Pada mode default, fitur TCS ini memang berada dalam kondisi menyala maupun aktif. Meski demikian, fitur tersebut masih bisa kita matikan dengan menekan tombol switch control pada bagian kiri stang.

Baca Juga: Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi dan Beberapa Penyebab untuk Diketahui

Mengenal Fitur TCS

Sebelum lanjut ke cara setting TCS NMAX, ada baiknya lagi jika kita mengetahui tentang keberadaan Traction Control System ini. Seperti yang kita tahu bahwa Yamaha memang juga berhasil meningkatkan fitur keamanannya pada model Maxi skutik andalannya, NMAX.

Bila dahulu fitur keamanan pada NMAX hanya Anti-lock Braking System atau ABS, maka pada mode baru adalah Traction Control System atau TCS. Pada segmen skutik, maka fitur tersebut sebelumnya hanya hadir pada model XMAX dan TMAX saja, namun sekarang tidak.

Bagaimana tidak, pasalnya fitur terbaru ini saat ini juga sudah hadir pada motor matic dengan mesin yang lebih kecil seperti mesin 155 cc. Traction Control System ini adalah fitur keamanan yang bisa mencegah ban kehilangan traksi ketika melewati jalanan yang licin.

Kebanyakan orang, ketika motornya mengalami hilangnya daya cengkram ban, maka mereka akan merasa panik. Pada intinya bahwa fitur ini akan membuat kenyamanan ekstra bagi pengendaranya saat melalui permukaan jalan berpasir dan licin.

Bagaimana Mengoperasikannya?

Cara setting TCS NMAX sebenarnya cukup mudah, jika Anda seorang pemula, maka bisa membaca artikel ini sampai selesai. Memang fitur tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhan para penggunanya masing-masing, baik on atau off.

Nah untuk mengoperasikannya, pertama-tama bisa tekan tuas pengatur speedometer pada balik setir sebelah kiri. Kemudian operasikan tuas pengatur tampilan speedo dengan cara tekan tuas sambil memperbaiki perubahan pengaturan.

Pilih pengaturan yang ada tulisan TCS pada bagian sebelah kiri bawah dengan tulisan on/off pada bagian sebelah kanan bawah. Jika sudah lalu tekan saja tuas selama 3 detik untuk bisa mengaktifkan maupun mematikan fitur TCS tersebut.

Nah untuk TCS yang Anda nonaktifkan, maka akan ada tanda dengan logo TCS yang menyala dengan warna orange, begitu sebaliknya. Sedangkan untuk kembali ke pengaturan awal, cukup tekan tuas sebanyak 1 kali pada menu odometer.

Baca Juga: Tabung Minyak Rem Motor, Jangan Asal Pasang, Begini Cara Tepatnya

Cara Kerja dan Fungsi

Tak hanya tahu cara setting TCS NMAX saja, melainkan Anda juga harus tahu dan memahami bagaimana cara kerjanya. Pada dasarnya fitur ini akan memanfaatkan speed sensor yang bisa membaca kecepatan pada putaran roda depan dan belakang.

Apabila sensor mendeteksi adanya perbedaan pada kecepatan, maka informasi itu bisa langsung terkirim ke ECU lalu ECU merespon dan mengurangi putaran mesin. Sedangkan untuk mengurangi putaran mesin ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara.

Pertama dengan memundurkan waktu pengapian dan juga dengan cara mengurangi suplai bensin di bagian ruang pembakaran. Khususnya untuk model NMAX Connected ABS, maka mode default sudah ada dalam kondisi aktif atau menyala.

Meski demikian fitur tersebut masih bisa Anda matikan, caranya adalah dengan menekan tombol switch control pada bagian kiri stang. Nah, setelah itu langsung pilih opsi on/off yang bisa Anda lihat pada tampilan speedometer.

Seperti tadi, bahwa fitur TCS ini berfungsi untuk mencegah ban bagian belakang kehilangan traksi atau selip. Setelah tahu cara setting TCS NMAX, fungsi dan cara kerjanya, maka penting bagi Anda untuk melakukan perawatan secara berkala. (R10/HR-Online)