Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Johar yang Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Daun Johar yang Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun johar bagi kesehatan memang banyak yang tak tahu. Padahal daun johar ini memiliki banyak manfaat dahsyat yang tidak terduga untuk kesehatan manusia. Hal ini lantaran jenis tanaman obat ini memang jarang kita jumpai di sekitar kita.

Tanaman yang satu ini katanya sudah cukup lama digunakan sebagai pengobatan tradisional sebagai obat-obatan herbal. Tidak hanya untuk membudidayakan ikan saja, melainkan daun ini juga dapat mencegah serta mengatasi berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan, Efektif Mengobati Typus

Manfaat Daun Johar untuk Kesehatan yang Baik dan Efektif

Johar sendiri memiliki nama latin Cassia Siamea yang tumbuh seperti pohon kayu dan tumbuh melalui biji. Bahkan beberapa kota pun sudah ada banyak yang memanfaatkan tanaman ini sebagai salah satu pohon peneduh, sebab daunnya sangat rindang.

Jenis tanaman ini memiliki batang kayu yang cukup keras dan kuat serta tinggi bisa mencapai 2 meter bahkan ada yang lebih. Sama halnya seperti beberapa tanaman herbal lainnya, sebab bagian dari tanaman ini kaya akan manfaat.

Salah satunya ada bagian daunnya, yang mana daun dari tanaman ini memiliki banyak khasiat tak terduga untuk kesehatan tubuh seseorang.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang harus Anda ketahui supaya tidak menyepelekan keberadaan pohon rindang ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Lompong, Efektif Mengatasi Masalah Pencernaan!

Menyembuhkan Kencing Manis

Salah satu manfaat daun johar adalah mampu untuk menyembuhkan penyakit berupa kencing manis. Seperti yang kita ketahui, bahwa kencing manis adalah salah satu gejala yang sering timbul karena penyakit diabetes.

Sehingga dengan memanfaatkan daun tanaman ini, maka Anda bisa terhindar dari gejala kencing manis seperti ini. Lantas bagaimana cara untuk mengolah daun johar agar efektif untuk mengobati dan mengatasi kencing manis?

Sebagai langkah pertama Anda bisa ambil segenggam daun johar lalu cuci sampai benar-benar bersih dan rebus hingga mendidih dengan 1 gelas air. Tunggu sampai airnya sedikit berkurang dan saring kemudian minum air rebusan itu setidaknya 2 kali sehari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambang Darah, Mampu untuk Menyembuhkan Luka!

Bagus untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Daun johar sendiri adalah salah satu jenis tanaman yang kaya akan antioksidan tinggi. Hal ini karena termasuk ke dalam salah satu jenis tumbuhan yang banyak mengandung kadar flavonoid tinggi.

Biasanya dalam tanaman daun johar ini, kandungan flavonoid yang paling banyak ditemukan adalah terletak pada bagian daun yang masih muda. Siapa sangka ternyata senyawa ini bagus untuk antimikroba sebagai obat infeksi jamur pada luka hingga antivirus dan antikanker.

Tak hanya itu saja, melainkan kandungan efektif sebagai anti alergi, antioksidan tinggi yang ampuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahkan berkat beberapa kandungan seperti ini, maka daun johar bisa melindungi tubuh manusia dari serangan radikal bebas penyebab penyakit.

Untuk bisa mendapatkan manfaat antioksidannya, maka Anda bisa mengonsumsi daun ini dengan cara merebusnya menggunakan air. Kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur agar mendapat manfaatnya.

Nah, beberapa manfaat daun johar untuk kesehatan seperti ini sudah Anda ketahui. Mungkin saja Anda berkeinginan untuk mengonsumsinya agar kesehatan selalu terjaga. (R10/HR-Online)