Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruPembuatan Oksigen di Mars oleh MOXIE Milik NASA Berhasil!

Pembuatan Oksigen di Mars oleh MOXIE Milik NASA Berhasil!

Pembuatan oksigen di Mars sudah berhasil? NASA sudah melakukan pembuatan oksigen di planet Mars ini selama beberapa waktu. Mereka meluncurkan robot penjelajah yang membawa MOXIE ke planet Mars.

MOXIE adalah singkatan untuk Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment. Ini merupakan sebuah kotak emas kecil yang berguna untuk membentuk oksigen di planet tersebut.

Setelah percobaan beberapa saat, jurnal Science Advanced menyebutkan bahwa eksperimen tersebut berhasil.

Baca Juga: Solar Edges Nuclear Sebagai Sumber Energi di Permukiman Mars

NASA Lakukan Pembuatan Oksigen di Mars

Selama ini nama planet Mars selalu muncul jika berbicara mengenai dunia kedua. Artinya para ilmuwan memang pernah mengatakan bahwa Mars bisa menjadi pengganti Bumi.

Namun bukan berarti hal itu menjadi hal yang mudah. Bagaimanapun juga Mars tidak memiliki oksigen yang merupakan komponen utama untuk makhluk hidup.

Tahun lalu, NASA meluncurkan robot Perseverance yang membawa sebuah kotak emas kecil. Kota emas tersebut adalah Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE. Sejak saat itu MOXIE telah berhasil membuat oksigen dari udara yang tipis di Mars.

Baca Juga: Penemuan Karbon di Mars oleh Robot NASA, Jadi Tanda Kehidupan?

Telah Mencapai Output Targetnya

Pada Rabu di dalam jurnal Science Advanced, tim di balik eksperimen MOXIE mengkonfirmasi bahwa alat ini telah memberikan kinerja yang sangat baik.

Bahkan mereka mengeluarkan oksigen yang sebanding dengan laju keluaran pohon Bumi sederhana. Pada akhir 2021 kemarin, data ekstensif menunjukkan bahwa alat ini berhasil mencapai output targetnya.

Mereka mengeluarkan oksigen sebanyak enam gram per jam selama tujuh percobaan terpisah dan juga dalam berbagai kondisi atmosfer. Artinya itu termasuk siang dan malam, musim Mars yang berbeda, dan lain-lain.

Michael Hecht, peneliti utama misi MOXIE mengatakan bahwa satu-satunya yang belum tim tunjukkan adalah berlari saat waktu fajar atau senja. Saat itu suhu di Mars berubah secara substansial.

Ia menambahkan bahwa timnya sudah memiliki kartu as dan telah mengujinya di lab. Mungkin mereka dapat mencapai tonggak terakhir bahwa tim tersebut dapat berlari kapan saja.

Hasil pembuatan oksigen di Mars yang stabil ini menunjukkan bahwa MOXIE dapat menjadi langkah menjanjikan pertama untuk mewujudkan gol untuk membawa manusia ke Mars.

Baca Juga: Peta Bawah Tanah Mars, Inovasi Pertama Kali Dalam Sejarah

Menjadi Eksperimen Bersejarah yang Sangat Penting

Adanya eksperimen ini sukses menciptakan sebuah sejarah baru. Para peneliti bersama ilmuwan dan perencana NASA membayangkan bahwa mereka akan meluncurkan MOXIE dalam versi lebih baik untuk ke Mars sebelum misi manusia terjadi.

Secara berkelanjutan, MOXIE bisa memproduksi oksigen pada tingkat yang setara dengan ratusan pohon di Bumi. Sistem ini seharusnya memang dapat menghasilkan oksigen yang cukup untuk menopang kebutuhan manusia di sana.

Selain itu oksigen ini juga bisa menjadi bahan bakar roket yang dapat mengembalikan astronot ke Bumi. Adapun eksperimen pembuatan oksigen di Mars ini menjadi demonstrasi pertama “pemanfaatan sumber daya” setempat yang biasanya harus membawa dari Bumi. (R10/HR-Online)