Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Little Women Drama Korea dan Versi Film, Mana yang Lebih Seru?

Perbedaan Little Women Drama Korea dan Versi Film, Mana yang Lebih Seru?

Perbedaan Little Women drama Korea dan film menjadi sorotan. Sejak tayang di Netflix pada 3 September 2022, drama Korea yang menampilkan Kim Go Eun itu pun menjadi salah satu tayangan terpopuler.

Menurut Good Data Corporation, drakor Little Women menjadi perbincangan hangat di sejumlah artikel, forum, hingga sosial media. Selain itu, banyak orang memberi pujian atas akting Nam Ji Hyun dan Park Ji Hu di drama ini.

Berkat kepopuleran dramanya, orang pun semakin penasaran dengan cerita Little Women di layat lebar yang tidak sama.

Mulai dari karakter utama, plot, hingga genre ternyata keduanya punya daya tarik masing-masing. Simak perbedaan Little Women drama Korea dan versi film untuk mengetahui lebih lanjut.

Baca Juga: Drama Korea Kim Go Eun selain Little Women

Perbedaan Little Women Drama Korea dan Versi Film

Walau sama-sama terinspirasi dari novel klasik berjudul sama karya Louisa May Alcott, cerita di drama Korea dan film Hollywood sangat berbeda.

Tanggal Perilisan

Perbedaan Little Women drama Korea dan versi film adalah tanggal perilisan yang berjarak 2 tahun.

Pemirsa yang sudah pernah menonton filmnya pasti menaruh harapan yang tinggi saat hendak menonton versi drama Korea. Pasalnya, film Little Women yang rilis tahun 2019 mendapat ulasan positif dari para kritikus.

Ada beberapa film adaptasi Little Women, yang terbaru adalah arahan sutradara Greta Gerwig. Film produksi Columbia Pictures ini tayang pertama kali di Festival Film Internasional yang bertempat di Rio de Janeiro tanggal 9 Desember 2019. Sementara di Amerika Serikat, film ini rilis pada tanggal 25 Desember 2019.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tanggal 3 September 2022, drama Korea Little Women tayang perdana di saluran tvN. Dalam proses produksinya, drama ini melibatkan sutradara Kim Hee Won dan penulis Jung Seo Kyoung. Episode pertama meraih rating rata-rata 6,3 persen dan terus meningkat hingga kini.

Karakter Utama

Mengikuti kisah karakter utama menjadi hal yang paling seru. Namun, ada perbedaan Little Women drama Korea dan versi film soal karakter utamanya. Aktor-aktor yang memerankan karakter utama pun bukan bintang biasa.

Film Little Women 2019 menceritakan kisah empat bersaudara yaitu Meg (Emma Watson), Jo (Saoirse Ronan), Amy (Florence Pugh) dan Beth (Eliza Scanlen).

Baca Juga: Fakta Park Ji Hu, Pemeran Oh In Hye di Little Women

Keempat saudara tersebut tumbuh dalam kemiskinan namun punya ikatan yang kuat. Mereka harus kehilangan si bungsu Beth yang meninggal karena sakit.

Sedangkan di drama Korea, karakter utamanya adalah Oh In Joo (Kim Go Eun), Oh In Kyung (Nam Ji Hyun), dan Oh In Hye (Park Ji Hu).

Sebelum Oh In Hye lahir, anak ketiga bernama Oh In Seon telah meninggal sehingga drama ini berfokus pada tiga bersaudara. Selain itu, perbedaan Little Women drama Korea dan versi film terletak pada plotnya.

Alur Cerita

Di filmnya, alur cerita diambil dari sudut pandang JO yang punya bakat menulis. Meg memutuskan untuk menikah agar bisa mengurangi beban keluarganya. Sementara Amy yang punya hobi bermain piano memilih untuk menikahi orang kaya yang tidak terlalu dicintai.

Perbedaan Little Women drama Korea dan versi film ini sangat menonjol. Di drama, Oh In Joo sangat terobsesi pada uang dan cukup populer di kalangan pria. Sedangkan Oh In Kyung bekerja sebagai reporter dan bertekad untuk mengungkap konspirasi.

Si bungsu Oh In Hye punya pemikiran lebih realistis. Tak mau terus-terusan menjadi beban, ia pun berusaha keras hingga berhasil mendapatkan beasiswa dengan bakat melukisnya. Pemilik yayasan yang memberi beasiswa juga menyambut Oh In Hye dengan tangan terbuka untuk tinggal bersama mereka.

Periode Waktu

Selanjutnya ada perbedaan Little Women drama Korea dan versi film di periode waktu. Keduanya menggunakan latar tempat di era yang berbeda, sehingga otomatis mempengaruhi cerita. Gaya bangunan dan pakaian juga berbeda-beda mengikuti jamannya.

Di filmnya, cerita berlatar New England abad ke-19. Pada masa itu, karakter utama menggunakan pakaian wanita bergaya Eropa. Rumah-rumah yang ada di film juga tampak lebih sederhana dan tua karena menyesuaikan dengan periode waktunya.

Di drama Korea kita menyaksikan cerita di masa kini, tahun 2022. Semua yang ada di cerita mulai rumah, pakaian, dan teknologi yang ada sudah benar-benar canggih. Kehidupan karakter utama di drama pun menghadapi tantangan yang lebih beragam.

Baca Juga: Fakta Nam Ji Hyun, Pernah Pacaran dengan Ji Chang Wook?

Perbedaan Genre

Hal menarik dari drama Korea adalah soal pemilihan genrenya. Perbedaan Little Women drama Korea dan versi film juga terletak pada genre.

Film Little Women menggunakan genre romantis dan melodrama yang menyentuh. Sementara drama Korea Little Women termasuk genre makjang yang penuh dengan plot twist mengejutkan. Salah satunya ketika Oh In Joo tiba-tiba mendapatkan aset senilai 70 miliar won.

Meski memiliki beberapa perbedaan, namun keduanya sama-sama menyampaikan pesan tentang ikatan saudara dan keluarga. Hanya saja cara penyampaiannya yang berbeda.

Drama Korea menyoroti kisah wanita berdaya dengan isu-isu yang relatable. Sementara filmnya memperlihatkan bagaimana setiap orang mengambil jalan hidupnya masing-masing. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)