Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruEnergi Potensial Listrik: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Energi Potensial Listrik: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Energi potensial listrik sangat familiar dalam ilmu Fisika. Sesuai dengan namanya, ilmu yang satu ini memang berkaitan dengan energi potensial dalam muatan listrik. Lebih jelasnya, cek materi ilmu Fisika berikut ini.

Baca Juga: Kuat Arus Listrik, Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya

Mengenal Energi Potensial Listrik

Mata pelajaran Fisika berisikan banyak materi, salah satunya energi potensial. Pada dasarnya, energi potensial ini diukur dengan Joule. Energi tersebut berasal dari gaya Coulomb konservatif.

Selanjutnya, energi akan langsung diasosiasikan menggunakan konfigurasi berbagai muatan titik di sistem yang telah didefinisikan.

Untuk semakin mengenal energi potensial, bisa cek pembahasan seputar pengertiannya. Anda pun akan lebih mudah memahami ilmu Fisika secara mendalam.

Pengertian

Energi dalam materi Fisika memang ada beragam jenis. Mulai dari energi Kinetik, energi Potensial, dan lain sebagainya.

Energi potensial pun terbagi ke dalam beragam jenis. Seperti energi potensial listrik, energi potensial gravitasi, dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya jenis energi dalam ilmu Fisika tersebut, kali ini akan mengulas energi potensial listrik secara tuntas. Pada dasarnya, tiap energi di atas memang memiliki definisi sendiri-sendiri. Pastikan Anda tak melewatkannya begitu saja.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa energi potensial sebenarnya adalah besaran skalar. Energi ini memiliki definisi sebagai suatu usaha yang gaya Coulomb lakukan untuk memindahkan muatan uji +q. Pemindahan ini berlangsung dari satu titik ke titik lainnya.

Usaha yang gaya Coulomb lakukan tersebut setara dengan besarnya energi potensial. Dalam artian, apabila usahanya besar, maka energinya juga tinggi.

Begitu pula sebaliknya. Apabila usahanya minim, tentu saja energinya juga rendah.

Baca Juga: Perbedaan Watt dan Volt dalam Listrik dan Cara Menghitungnya

Perbedaan dengan Potensial Listrik

Karena sebutan yang hampir sama, energi potensial listrik seringkali salah makna dengan potensial listrik. Padahal keduanya jelas berbeda. Ada beberapa hal yang jadi pembedanya.

Energi potensial sangat penting saat kerja per satuan muatan. Kinerja ini bertujuan untuk membawa partikel bermuatan tak terhingga ke titik tertentu. Jauh berbeda dengan potensial listrik yang ada dalam pelajaran Fisika.

Potensial listrik memindahkan muatan 1C tak hingga ke sumbernya. Dari cara kerjanya memang terlihat beda. Selain kinerja, perbedaan keduanya juga bisa Anda cermati dari faktor yang mempengaruhinya.

Energi potensial sebenarnya berdasar besarnya dua partikel yang bermuatan. Sementara untuk potensial listrik, berdasarkan satu partikel ke dua titik berbeda. Perhatikan baik-baik supaya tidak salah dalam membedakannya.

Perbedaan lainnya juga bisa Anda ketahui dari objek. Energi potensial listrik bisa meningkat apabila objek berhasil naik ke ketinggian. Sedangkan potensial listrik, dipengaruhi oleh objek yang ada di dua ketinggian berbeda.

Sumber juga menjadi hal lain yang membedakan keduanya. Energi potensial didapat dari bahan elastis. Baik itu dengan cara peregangan bahan maupun kompresi.

Di lain sisi, potensial listrik tersimpan berkat material di dua panjang kompresi. Bisa juga pada peregangan yang berbeda-beda. Dengan mencermati beberapa hal tersebut, tentu Anda bisa lebih mudah dalam membedakan keduanya.

Baca Juga: Pengertian Listrik Dinamis, Karakteristik, dan Jenis Arusnya!

Contoh

Energi potensial listrik memiliki banyak contoh yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun salah satu contoh tersebut yaitu tabung gas. Tepatnya saat gas belum terisi ke tabung lalu disambungkan ke kompor.

Contoh lainnya ialah karet yang belum tertarik. Kemudian ada pula contoh dari lampu yang belum beraliran listrik dan masih banyak lagi. Contoh energi potensial ini sangat mudah Anda temukan.

Pada dasarnya, nilai yang terpapar dari energi potensial suatu muatan di posisi tertentu tak terungkap secara pasti. Meski begitu, muatannya bisa melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Adanya perpindahan sudah pasti terdapat perubahan.

Dengan mencermati keadaan tersebut, maka Anda bisa tahu adanya perubahan energi potensial pada muatan. Berbeda apabila muatan tak berpindah. Walau memenuhi syarat sebagai energi potensial, namun belum termasuk perubahan energi potensial.

Dengan menyimak review di atas, tentu Anda telah memahami sekaligus mengenal energi potensial listrik secara mendalam. Sebagai salah satu materi populer di ilmu Fisika, bab energi sangat sayang apabila Anda lewatkan. Dengan mempelajarinya secara baik, maka bisa memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan yang pastinya bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. (R10/HR-Online)