Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul, Mudah dan Pasti Berhasil

Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul, Mudah dan Pasti Berhasil

Cara mengatasi keyboard HP tidak muncul menarik untuk dibahas. Ada beberapa cara untuk mengatasi keyboard pada layar HP yang tidak muncul. Seperti yang diketahui papan ketik atau keyboard di handphone punya peranan yang cukup penting.

Jika keyboard di ponsel mengalami error seperti tiba-tiba hilang atau tidak mau muncul tentu saja bakal sangat mengganggu, bukan? Papan ketik di HP kerap Anda pergunakan untuk mengetik pesan di aplikasi chatting. Seperti DM Instagram, WhatsApp, Line, messenger Facebook, dan lain sebagainya.

Sehingga, apabila papan ketik HP tidak bisa dipergunakan, Anda mesti mengatasinya dengan segera. Pasalnya, tanpa adanya keyboard Anda akan merasa sangat kesusahan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Kirim SMS, Dijamin Berhasil!

Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul dengan Mudah

Beberapa merek smartphone Android mungkin pernah mengalami masalah papan ketik error dengan keterangan yang berbeda-beda. Mulai dari munculnya sebuah notifikasi error yang bunyinya “Sayangnya Keyboard Telah Berhenti”.

Ada juga yang sampai keyboard tidak mau muncul lantaran terjadi error, sehingga papan ketik tersebut hilang secara tiba-tiba.

Apabila keyboard HP terjadi error atau secara tiba-tiba menghilang, tentu saja akan membuat Anda bingung serta merasa risau. Terlebih lagi apabila ponsel dalam keadaan yang benar-benar sangat Anda butuhkan.

Permasalahan keyboard HP yang error atau hilang memang bisa terjadi di semua perangkat Android. Masing-masing pengguna punya kendala error di aplikasi papan ketik yang tidak sama.

Mulai dari munculnya pesan error, tidak respon, macet, hilang, bahkan tidak muncul. Terdapat kemungkinan permasalahan papan ketik yang hilang terjadi lantaran service sistem serta aplikasi tidak berjalan dengan baik.

Selain itu, bisa juga karena bugs di aplikasi papan ketik serta penumpukan file sampah. Nah, dari beberapa kemungkinan tersebut, Anda dapat menjajal beberapa tips di bawah ini.

Restart HP

Cara mengatasi keyboard HP tidak muncul yang pertama yakni dengan merestart ponsel. Ada kemungkinan sistem pada HP serta aplikasi terinstal yang tidak berjalan dengan baik.

Sehingga mengakibatkan papan ketik hilang atau tidak muncul. Harapannya, dengan merestart atau me-reboot HP, sistem maupun aplikasi terinstal mampu berjalan dengan baik kembali.

Tips ini biasanya ampun untuk mengatasi aplikasi papan ketik yang macet atau tidak muncul ketika sedang ingin mengetik. Apabila nantinya masih bermasalah, Anda dapat mencoba cara berikutnya yakni update aplikasi keyboard.

Baca Juga: Cara Merawat Touchscreen HP Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak!

Update Aplikasi Keyboard

Apabila dengan merestart HP tidak menjadikan keyboard normal kembali, maka cobalah untuk memperbarui aplikasi. Terdapat kemungkinan ada bugs pada aplikasi keyboard.

Sehingga, biasanya perbaikan dilakukan dengan memperbarui aplikasi. Selain perbaikan, update aplikasi juga memperoleh peningkatan performa, stabilitas, serta fitur.  

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan Anda buka Google Play Store di ponsel Android Anda
  2. Lalu klik ikon “Titik Tiga” yang terdapat pada bagian atas dan pilihlah “Aplikasi & Game”
  3. Temukan lalu pilihlah “aplikasi keyboard” yang Anda pakai
  4. Klik “Update” dan tunggulah hingga proses pembaruan selesai dilakukan
  5. Selesai.

Hapus Data Aplikasi Papan Ketik

Selain update, Anda juga dapat mencoba cara mengatasi keyboard HP tidak muncul dengan menghapus data aplikasi papan ketik. Ya, cara satu ini juga cukup efektif untuk mengatasi aplikasi error di HP Android.

Bukan hanya di aplikasi keyboard, Anda juga dapat mencoba menghapus data aplikasi apabila di kemudian hari terjadinya error pada aplikasi yang lainnya.

Dengan menghapus data aplikasi, maka seluruh preferensi aplikasi, cache, basis data, serta data sementara yang lain bakal terhapus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bukalah menu Setting/Pengaturan di HP Anda
  2. Lalu pilihlah “Kelola Aplikasi > temukan dan pilih “aplikasi keyboard” yang Anda pakai
  3. Selanjutnya pilihlah “Hapus data” > konfirmasi dengan “Hapus semua data”
  4. Selesai.

Reset HP

Apabila Anda mengalami permasalahan papan ketik tidak muncul dalam keadaan HP terkunci dengan kata sandi atau PIN, maka tentu saja Anda tidak dapat masuk ke beranda ponsel. 

Dalam hal ini, Anda pun tidak dapat masuk ke menu Pengaturan guna menghapus data aplikasi maupun menginstal aplikasi keyboard yang baru. 

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat mencoba mengembalikan HP Android ke setelan pabrik. Caranya adalah dengan melakukan hard reset lewat Recovery Mode.

Baca Juga: Solusi Layar HP Tergores, Salah Satunya dengan Pasta Gigi

Force Stop Keyboard

Cara mengatasi keyboard HP tidak muncul selanjutnya adalah dengan melakukan force stop keyboard. Papan ketik Android ini termasuk App Background Service atau yang biasa disebut dengan aplikasi yang terus berjalan walaupun Anda tidak sedang memakainya.

Nah, dengan melakukan force stop alias menghentikan secara paksa, ini dapat membantu Anda agar keyboard yang tadinya tidak muncul atau hilang bisa digunakan kembali. Berikut langkah-langkah melakukan force stop keyboard:

  1. Bukalah menu Setting/Pengaturan >App/Aplikasi/Apk
  2. Sesudahnya, silahkan cari aplikasi keyboard (nama aplikasi ini bisa berbeda di setiap ponsel)
  3. Langkah selanjutnya adalah klik Paksa Berhenti/Force Stop
  4. Sesudah itu, aplikasi keyboard bakal berhenti
  5. Nah, langkah terakhir yaitu Anda tinggal restart ponsel keyboard berjalan normal lagi.

Mencoba salah satu cara mengatasi keyboard HP tidak muncul biasanya akan berhasil, tinggal Anda pilih cara mana yang bakal digunakan. Sebagai saran pakailah cara termudah dengan konsekuensi paling ringan, yakni menonaktifkan ponsel lebih dulu. Apabila tidak berhasil, barulah melakukan cara yang lain. (R10/HR-Online)