Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruBaim Wong Lapor Polisi, Kasus Penipuan Berkedok Giveaway

Baim Wong Lapor Polisi, Kasus Penipuan Berkedok Giveaway

Baim Wong lapor polisi belum lama ini. Usut punya usut ternyata nama Baim Wong tercatut dalam kasus penipuan berkedok giveaway sehingga ia lapor polisi. Aktor sekaligus YouTuber Indonesia ini merasa nama baiknya tercemar karena kasus bermodus giveaway bodong tersebut.

Baca Juga: Kondisi Terkini Devano Danendra, Jadi Korban Bully Netizen

Heboh Aktor Baim Wong Lapor Polisi

Rabu 18 Januari 2023, pihak Polda Metro Jaya mengatakan telah menerima laporan dari Baim Wong. Hal ini lantaran terdapat pelaku penipuan yang mengatasnamakan Baim Wong.

Selama ini Baim Wong memang kerap melakukan giveaway. Akan tetapi, selama melakukannya, ia tak pernah minta apapun seperti uang ataupun hal lainnya.

Walau demikian, sudah banyak korban yang terlanjur terjerat karena percaya bahwa oknum tersebut adalah Baim Wong. Nyatanya oknum ini merupakan pihak tak bertanggung jawab yang hanya menggunakan nama Baim Wong saja.

Keputusan Baim Wong dengan lapor polisi dinilai tepat. Karena laporan tersebut, pihak kepolisian langsung bertindak tegas untuk mencari siapa pelaku penipuan berkedok giveaway tersebut.

Dalam laporannya, Baim menyinggung mengenai pencemaran nama baik lewat media elektronik dan manipulasi data yang seakan-akan otentik. Hal ini sudah tertuang jelas dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga: Verrel Bramasta Bongkar Alasan Venna Melinda Bucin ke Ferry Irawan, Terlanjur Nyaman?

Penipuan Berkedok Giveaway

Kasus penipuan ini berhasil menjerat korbannya dengan memberikan iming-iming uang yang mampu berlipat dari yang telah diberikan. Karena hal tersebut, korban langsung tergiur untuk memberikan uangnya.

Bahkan seakan terhipnotis, korban secara tak sadar pergi ke ATM untuk transfer. Tak tanggung-tanggung, nominal yang ditransfer bisa mencapai puluhan juta. Ada juga korban yang memberikan Rp 30 juta.

Korban Penipuan Giveaway

Saat lapor polisi, Baim Wong merasa miris dengan kondisi korban yang terkena penipuan berkedok giveaway. Selain karena kehilangan uang, ternyata korbannya termasuk bukan orang mampu.

Hal ini bisa terlihat dari salah satu korbannya yang merupakan penjual seblak. Pendapatan per harinya terungkap hanya memperoleh Rp 150.000.

Untuk bisa mengikuti giveaway, korban pun rela meminjam dana dari orang di sekitarnya. Hal ini tentu menambah penderitaan yang para korban alami.

Baca Juga: Ria Ricis Pecat Karyawan Gegara Ambil Sisa Kue di Kulkas, Netizen Murka!

Kasus Serupa

Baim Wong juga menjelaskan bahwa penipuan dengan modus seperti ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 2018 silam. Ia mengetahui karena banyak korban yang mengadu kepadanya.

Hal yang mengejutkan, ternyata salah satu korbannya juga ada yang merupakan warga asing. Korban tersebut terkena penipuan hingga Rp 140 juta.

Bukan hanya prihatin, Baim Wong juga geram karena penipuan bermodus giveaway semakin marak terjadi. Ia juga siap membuka pengaduan untuk para korban penipuan baik secara langsung maupun melalui media sosialnya.

Baim Wong lapor polisi karena namanya tercatut dalam kasus penipuan. Terlepas dari hal tersebut, modus penipuan ini bukan hanya sebatas lewat WhatsApp sampai Facebook saja, namun telah merambah ke TikTok. (R10/HR-Online)