Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TerbaruKandungan Surat Al Ashr, Menyia-nyiakan Waktu Artinya Merugi

Kandungan Surat Al Ashr, Menyia-nyiakan Waktu Artinya Merugi

Kandungan surat Al Ashr penting untuk diketahui. Surat Al Ashr mempunyai kandungan terhadap waktu serta keselamatan bagi umat manusia. Surat Al Ashr ini adalah salah satu dari bagian dari juz 30 Al Quran.

Al Ashr tergolong surat Makkiyah lantaran turun di Kota Makkah. Surat Al Ashr tersebut terdiri atas 3 ayat. Dengan begitu termasuk dalam golongan surat pendek di dalam Al Quran.

Memahami Kandungan Surat Al Ashr

Meskipun hanya terdiri dari tiga ayat, namun makna surat Al Ashr ini sangat luar biasa. Ya, surat Al Ashr ini menerangkan bahwasanya Allah SWT sudah bersumpah atas nama waktu.

Sehingga, celakalah untuk manusia yang menyia-nyiakan waktu hanya dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kecuali orang yang punya keimanan, senantiasa menunaikan amal soleh.

Baca juga: Kandungan Surat Al Zalzalah, Gambaran Dahsyatnya Hari Kiamat

Selain itu, beruntunglah orang-orang yang saling berwasiat terhadap kebenaran serta kesabaran.

Al Ashr berarti mengajarkan kepada tiap-tiap muslim agar tidak menyia-nyiakan waktunya. Surat pendek ini menerangkan apabila seorang muslim tidak menggunakan waktunya untuk melakukan hal-hal yang berguna, maka kelak ia akan merugi.

Sedangkan, jika Anda menggunakan waktu untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat serta beribadah pada Allah SWT, maka Anda bakal memperoleh berkah yang begitu luar biasa besarnya. 

Arti dari Al Ashr adalah masa atau waktu. Isi pokok kandungan surat Al Ashr yaitu memaknai masa di dunia ini dengan melakukan berbagai hal yang baik serta bermanfaat.

Menerangkan betapa pentingnya untuk menghargai waktu. Sebab, jika tidak maka Anda termasuk golongan orang-orang yang bakal merugi. 

Pasalnya, tujuan dari surat Al Ashr yaitu lewat ayat sumpah untuk tidak mengutuk waktu serta yakin terhadap berbagai hal berhubungan dengan masa yang bisa mengakibatkan bencana atau musibah.

“Demi masa”, Allah SWT bersumpah atas nama masa. Hal tersebut memperlihatkan betapa pentingnya memaknai masa. Karena setiap detik, tiap-tiap kedipan mata di dunia ini terdapat amanah yang mesti kita pertanggungjawabkan.

Makna Surat Al Ashr Ayat 1

Terdapat sejumlah makna di dalam kandungan surat Al Ashr berdasarkan tafsir Jalalain. Mulai dari ayat pertama, “Wal-‘ashr” yang mana Allah SWT bersumpah dengan mengatakan masa.

Masa sendiri punya makna sebagai waktu. Apabila Allah SWT bersumpah dengan makhluknya, maka jadi sebuah isyarat untuk Nabi Muhammad SAW dan orang-orang beriman.

Dengan kata lain, arti Al Ashr di ayat pertama yaitu agar Nabi Muhammad SAW beserta orang-orang yang beriman memberikan perhatian lebih terhadap waktu. 

Mereka harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin guna melakukan hal terpuji sesuai ajaran Islam. Sebab, waktu bakal terus berjalan serta tidak akan terulang kembali walaupun sedetik saja.

Makna Surat Al Ashr Ayat 2

Bunyi surat Al Ashr ayat ke-2 yakni:

Masih menurut tafsir Jalalain, kandungan surat Al Ashr ayat ke-2 tersebut artinya adalah menjelaskan apabila tidak sedikit manusia dalam keadaan yang merugi.

Baca juga: Kandungan Surat Al Maidah Ayat 32, Penerapan, Nilai, dan Hikmah

Penyebab hal tersebut adalah banyak orang yang tidak dapat memanfaatkan kesempatan hidup di dunia ini dengan sebaik mungkin, sesuai petunjuk agama Islam.

Setiap harinya, mereka hanya sibuk menikmati duniawi yang sejalan dengan hawa nafsu. Mereka tak menyadari bahwasanya dunia ini sifatnya hanya sementara. Sedangkan yang kekal yaitu kehidupan di akhirat kelak.

Makna Surat Al Ashr Ayat 3

Sementara bunyi surat Al Ashr ayat ke-3 adalah:

Makna dari kandungan surat Al Ashr pada ayat yang ketiga ini memiliki arti penjelasan bagaimana cara supaya tidak menjadi golongan orang-orang merugi.

Baca juga: Kandungan Surat Al Isra Ayat 32, Larangan Mendekati Zina

Ada 3 syarat yang terkandung di dalam surat pendek ini. Pertama adalah orang-rang yang beriman dan menunaikan amal soleh. Kedua saling menasehati dalam kebenaran. Terakhir yaitu saling menasehati tentang kesabaran.

Waktu selalu berjalan, masa tak akan pernah mundur. Begitu pula manusia, hendaknya selalu memperbaiki diri serta menjaga kualitas ibadahnya. 

Hal yang tidak boleh terlewatkan tentu saja memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengerjakan amal saleh serta saling memberikan nasihat di jalan yang benar.

Arti dan kandungan surat Al Ashr tersebut bisa Anda jadikan pengingat supaya senantiasa berbuat kebaikan. Jadikan kandungan Al Quran itu sebagai motivasi untuk terus memperbanyak ibadah dan tidak menyia-nyiakan masa di dunia yang hanya terbatas ini. Sehingga, di kemudian hari Anda tidak akan merugi. (Muhafid/R6/HR-Online)