Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruKisah Ratu Bilqis Masuk Islam Karena Ajakan Nabi Sulaiman

Kisah Ratu Bilqis Masuk Islam Karena Ajakan Nabi Sulaiman

Kisah Ratu Bilqis masuk Islam hingga menjadi mualaf tertulis dalam Al Quran. Kisah Ratu Bilqis merupakan seorang penguasa yang bijaksana yang akhirnya mau masuk Islam. Keberhasilan Ratu Bilqis masuk Islam tak lain karena usaha Nabi Sulaiman AS.

Dalam Alquran disebutkan jika Ratu Bilqis merupakan tokoh yang dikisahkan sebagai penguasa yang memiliki sifat bijaksana. Namun sayang sekali, ratu yang bijaksana tersebut tidak percaya dengan Allah SWT dan memilih untuk menyembah matahari.

Perjalanan Kisah Ratu Bilqis Masuk Islam

Kisah Ratu Bilqis masuk Islam ini berawal dari seekor burung Hud-Hud yang memberitahukan kepada Nabi Sulaiman atas seorang ratu yang cantik bijaksana dan tidak percaya akan Allah.

Nabi Sulaiman Kirim Surat untuk Sang Ratu

Mengetahui kabar dari burung Hud-Hud tersebut, Nabi Sulaiman memutuskan untuk mengirimkan surat kepada Ratu Bilqis. Tujuannya untuk berbincang dan mengajak agar Ratu Bilqis mau menyembah kepada Allah dan masuk Islam.

Baca juga: Bukit Sinai dalam Surat At-Tin, Sumpah Allah & Tempat Bersejarah

Surat nabi Sulaiman kepada Ratu Bilqis tersebut juga tertulis dalam Alquran surat An-Naml ayat 30 sampai 31.

Setelah membaca surat dari Nabi Sulaiman, sang ratu tidak segera mendatangi panggilan Nabi Sulaiman. Akan tetapi ia memilih untuk membalas surat tersebut.

Isi Jawaban Surat Ratu Bilqis

Isi balasan surat dari Ratu Bilqis ke Nabi Sulaiman juga ia tuliskan secara bijak. Sang ratu mengatakan apabila Sulaiman hanyalah seorang raja maka mereka akan memberikannya hadiah. 

Akan tetapi apabila Sulaiman merupakan seorang nabi seperti yang telah ia sebutkan pada Bilqis, maka dengan senang hati Bilqis akan menyatakan untuk menghadapinya dengan penuh hati-hati.

Mendengar kabar balasan dari Ratu Bilqis tersebut, akhirnya Nabi Sulaiman menolak dengan tegas hadiah yang Ratu tawarkan tersebut. Dengan demikian, satu-satunya jalan diambil yaitu dengan berkunjung ke kerajaan kediaman Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman memilih untuk mengembalikan hadiah pemberian dari Ratu Bilqis. Pengembalian hadiah tersebut juga bermaksud untuk memperingatkan kepada Ratu Balqis dan juga para pembesarnya supaya mereka tidak bersikap angkuh atau sombong. 

Nabi Sulaiman Membangunkan Singgasana Ratu Bilqis

Pada suatu ketika, masih berdasarkan sejarah Islam, Nabi Sulaiman bertanya kepada para bala tentaranya, siapakah di antara para bala tentara Nabi Sulaiman yang bisa membangun singgasana untuk Ratu Balqis sebelum sang ratu berkunjung ke kerajaan Nabi Sulaiman.

Mendengar pertanyaan Nabi Sulaiman tersebut, akhirnya para jin berkata bahwa mereka sanggup datangkan kepada Nabi Sulaiman singgasana tersebut sebelum Sulaiman berdiri dari tempat duduknya.

Selanjutnya, ada juga seseorang ahli kitab Taurat dan Zabur yang mengatakan jika mereka akan membawa singgasana tersebut sebelum mata berkedip.

Baca juga: Sejarah Turunnya Kitab Zabur untuk Nabi Daud AS

Meski hal tersebut seperti tidak mungkin, namun ucapan para bala tentaranya Sulaiman akhirnya terbukti. Pada saat singgasana Ratu Balqis dapat dibangun dengan indah dan megah, Nabi Sulaiman mengatakan jika ini merupakan karunia Tuhan agar tidak mengingkari nikmat yang Allah berikan.

Ratu Bilqis Datang ke Istana

Pada akhirnya Nabi Sulaiman mengirimkan undangan lagi kepada Ratu Bilqis. Setelah menerima undangan tersebut akhirnya Ratu Bilqis datang ke kerajaan Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman memperlihatkan singgasana yang telah bala tentara buat tadi. Kemudian menanyakan kepada Ratu Bilqis, apakah seperti ini istanamu?

Melihat singgasana yang mewah tersebut Ratu Bilqis terkejut dan menjawab sepertinya seperti itulah singgasananya.

Mendengar jawaban sang ratu yang takjub tersebut akhirnya Nabi Sulaiman mengajak Ratu berkeliling dan berjalan ke lantai istana yang terbuat dari kaca. Lalu, di bawah lantai kaca istana tersebut terdapat kolam.

Mengetahui pemandangan lantai istana tersebut, Ratu Bilqis berjalan dengan hati-hati dan hendak menyingkap sedikit pakaian yang menutupi betisnya. Sang ratu khawatir pakaian tersebut terkena air kolam.

Melihat hal tersebut, Nabi Sulaiman mengatakan jika itu bukanlah air. Namun hanya lantai istana yang berlapis kaca.

Baca juga: Kisah Cincin Nabi Sulaiman AS yang Hilang Dicuri Raja Jin!

Perkataan nabi Sulaiman yang menjelaskan tentang lantai istana tersebut membuat sang ratu merasa malu. Hingga pada akhirnya Ratu Bilqis berkata jika ia telah berbuat zalim dan ia berserah diri kepada Allah Tuhan semesta alam bersama Nabi Sulaiman.

Bertepatan sesudah kejadian ini akhirnya Ratu Bilqis memutuskan untuk memeluk agama Islam. 

Kisah Ratu Bilqis masuk Islam atas ajakan Nabi Sulaiman ini menjadi bukti kekuasaan Allah yang besar. Apalagi sejarah Islam ini sangat penting untuk kita pelajari. (R10/HR-Online)