Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Aki Mobil Hilang Setrum dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Aki Mobil Hilang Setrum dan Solusi Mengatasinya

Penyebab aki mobil hilang setrum harus para pemilik ketahui. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari aki mobil hilang setrum. Tentunya aki mobil yang sudah tidak berfungsi terjadi karena berbagai penyebab. 

Aki merupakan salah satu bagian penting bagi kendaraan supaya bisa beroperasi. Apabila aki tidak berfungsi dengan baik salah satu hal yang mungkin terjadi yaitu kendaraan tidak bisa hidup. Salah satu kerusakan yang sering terjadi yaitu aki tidak bisa menyimpan daya.

Baca Juga: Kepala Aki Mobil Patah, Ketahui Berbagai Penyebabnya!

Penyebab Aki Mobil Hilang Setrum yang Umum Terjadi

Biasanya aki mobil akan bertahan selama 3 sampai 5 tahun. Tetapi, kebiasaan mengemudi dan berbagai hal lainnya bisa mempersingkat masa pakai aki. Sehingga penting untuk memberi perhatian dan perawatan lebih pada komponen mobil ini.

Aki bisa memberikan bantuan daya listrik yang mobil perlukan untuk memberi sebuah energi pada semua komponen listrik. Adanya reaksi kimia bisa membuat mobil beraksi mengubah energi kimia menjadi energi listrik.

Namun, terdapat berbagai penyebab aki mobil menjadi hilang setrum atau tidak bisa menyimpan setrum. Berikut ini merupakan beberapa penyebab aki menjadi hilang setrum.

Terjadi Masalah pada Bagian Kabel

Penyebab aki mobil hilang setrum yang pertama yaitu terjadi masalah pada bagian kabel. Getaran yang terjadi pada mesin bisa membuat longgar sambungan kabel pada aki mobil.

Apabila kabel baterai kendor atau bahkan rusak bisa mengurangi kontak listrik antara aki dan alternator. Selain itu juga terdapat masalah lain yang bisa menyebabkan permasalahan listrik dalam sistem pengisian daya aki.

Masalah tersebut yaitu kabel yang ada dalam posisi netral. Untuk mengatasi hal ini, terlebih dahulu bagian kabel yang menyambung ke aki mobil. Apabila terdapat kabel yang kendor atau bahkan rusak segera perbaiki dan sambung kembali dengan benar.

Hal ini perlu pemilik mobil lakukan supaya aki mobil tetap memiliki daya setrum atau listrik. Sehingga lagi mobil akan berfungsi seperti biasa dan tidak kehilangan setrum lagi.

Baca Juga: Usia Pakai Aki Mobil, Berapa Lama dan Tanda Apa Harus Segera Diganti?

Aki Kering Pemilik Biarkan Terlalu Lama

Apabila mobil menggunakan jenis aki basah, maka jangan biarkan aki kering terlalu lama. Apabila membiarkan terlalu lama bisa menyebabkan aki mobil kehilangan setrum.

Air aki merupakan komponen penting yang bisa menunjang fungsi dengan baik. Aki yang basah harus selalu terendam supaya bisa menghasilkan sebuah daya listrik.

Oleh karena itu, supaya aki tidak kehilangan setrum jangan biarkan aki kering terlalu lama. Sebaiknya rutin lakukan pengecekan pada aki supaya bisa berfungsi dengan baik.

Terjadi Kerusakan pada Alternator

Penyebab aki mobil hilang setrum selanjutnya yaitu terjadi kerusakan pada alternator. Alternator mobil yang baik akan mengisi aki ketika mesin hidup.

Tetapi, apabila alternator rusak maka, aki mobil tidak akan terisi dengan benar. Walaupun alternator bisa bertahan lebih lama dari baterai timbal asam, masih memiliki waktu pakai yang terbatas. 

Alternator mobil perlu pemilik ganti setiap 80.000 mil atau setiap 7 tahun sekali. Terdapat beberapa gejala alternator yang buruk seperti lampu depan mengalami keredupan dan lampu peringatan sistem pengisian daya terus menyala.

Selain itu, aki mobil kehilangan daya secara cepat dan mesin mati secara mendadak juga bisa menjadi gejala alternator buruk. Sebagai solusi, Anda bisa rutin cek bagian-bagian yang menjadi gejala alternator rusak tersebut. 

Apabila terdapat sebuah kerusakan pada alternator segera lakukan perbaikan. Tetapi, apabila sudah tidak memungkinkan bisa mengganti aki dengan yang baru. Hal tersebut bisa pemilik mobil lakukan supaya aku tidak kehilangan setrum lagi.

Baca Juga: Takaran Volume Air Aki Mobil yang Aman, Jangan Sampai Salah!

Mengapa Aki Mobil Bisa Habis Sendiri?

Saat ini lebih banyak orang yang memilih aki mobil dengan tipe basah. Aki mobil tipe basah memiliki banyak keuntungan yang bisa para pengguna dapatkan.

Keuntungan tersebut seperti perawatan lebih mudah dan masa pakai yang tahan lama. Namun, pemilik aki mobil tipe basah sering lupa melakukan pengecekan. 

Sehingga tiba-tiba air aki sudah habis dan tidak bisa berfungsi seperti biasa. Air aki yang habis sendiri umumnya disebabkan oleh penggunaan mobil tanpa rutin melakukan cek pada tangki air. Apabila hal tersebut terus pemilik lakukan maka aki bisa tekor.

Penyebab aki mobil hilang setrum bisa beragam dan umumnya terjadi karena kurang perawatan. Maka dari itu supaya aki mobil bisa berfungsi dengan baik jangan sampai membiarkannya. Pengecekan dan perawatan secara rutin agar aki tidak hilang setrum. (R10/HR-Online)