Penerimaan CPNS 2018, Posisi Ini yang Paling Banyak Ditawarkan

Ilustrasi kekurangan guru PNS. Foto: Istimewa

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Pada penerimaan tahun 2018 ini, kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional mencapai angka 238.015 formasi. Guru dan dosen adalah posisi yang paling banyak ditawarkan.

Dilansir situs berita nasional, Kamis (06/09/2018), Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmadja, menyebutkan, untuk kedua posisi tersebut jumlahnya mencapai sekitar 122 ribu.

“Untuk posisi guru terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran, guru agama, serta dosen di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan di Kementerian Agama,” terang Setiawan.

Sementara, kebutuhan pada penerimaan CPNS 2018 secara nasional mencapai angka 238.015 formasi, terdiri dari 51.271 untuk instasi pusat, yakni kementerian atau lembaga, dan 186.744 untuk instansi daerah. Semua formasi tersebut dibuka untuk 76 kementerian atau lembaga, dan 525 pemerintah daerah.

Dia menyebutkan, pemerintah mengestimasikan pendaftaran akan dibuka pada 16-20 September 2018. Sampai saat ini pembukaan pendaftaran masih menunggu kesiapan dari 25-26 pemerintah daerah.

Lanjut Setiawan, posisi guru dan dosen, serta tenaga kesehatan sengaja diberikan porsi paling banyak. Sebab, untuk posisi guru, dosen dan tenaga medis, pemerintah tidak menerapkan prinsip zero minus growth, atau melakukan moratorium pada posisi ini karena posisi-posisi tersebut sekarang ini masih paling banyak dibutuhkan.

“Posisi paling banyak kedua yaitu untuk formasi tenaga kesehatan, seperti dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi dan tenaga medis. Pada penerimaan CPNS 2018, posisi ini ditawarkan sekitar 60 ribu,” terangnya.

Sedangkan, untuk posisi lainnya yakni tenaga teknis yang diisi dari para pelamar umum, jumlahnya sebanyak 30 ribu. Posisi ini akan diisi disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing berdasarkan rencana pembangunan masing-masing daerah, khususnya menyangkut pembangunan infrastruktur. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...