Fakta Unik tentang Telepon yang Wajib Anda Tahu

Fakta unik tentang telepon
Fakta unik tentang telepon dan ini adalah salah satu bentuk telepon kuno. Foto: Istimewa

Tahukah anda jika ternyata ada banyak fakta unik tentang telepon yang jarang atau belum banyak diketahui orang. Kebanyakan pengguna telepon kurang peduli dengan aspek teknologinya kecuali sekedar sebagai pemakai.

Telepon sebagai produk teknologi sangat besar manfaatnya untuk berkomunikasi. Bahkan dengan teknologi, jenis maupun bentuk komunikasi antar manusia semakin beragam dan variatif.

Selama ini kita mengenal fungsi utama telepon adalah untuk bercakap secara audio tanpa bisa melihat lawan bicara. Begitupun yang namanya telepon harus tersambung oleh kabel seperti pada telepon rumah.

Namun cara berkomunikasi tersebut terasa begitu konvensional setelah ditemukannya teknologi telepon nirkabel. Handphone saat hadir pertama kali terasa begitu fenomenal.

Namun cara berkomunikasi konvensional makin berubah. Apalagi setelah teknologi gadget dengan hadirnya telepon pintar alias smartphone yang mengubah secara revolusioner cara berkomunikasi manusia modern.

Berkomunikasi kini tak hanya dengan cara bercakap secara audio saja melalui telepon. Bahkan tanpa harus bertemu secara langsung, teknik video call membuat cara berkomunikasi bertatap muka jarak jauh jadi terwujud.

SMS (short message service) sebagai cara berkirim kata pun makin variatif dengan hadirnya beragam aplikasi chatting. Bahkan dari aplikasi ini pula terbangun hubungan lintas budaya dan lintas benua.

Ini Dia 3 Fakta Unik tentang Telepon

Berikut ini beberapa fakta unik tentang telepon yang tidak banyak diketahui orang.

Graham Bell Bukanlah Pencipta Telepon

Nama Alexander Graham Bell dikenal masyarakat sebagai penemu teleponyang pertama kali. Temuan initerjadi pada tahun 1876. Padahal, jauh sebelum itu ada orang lain yang telah menemukan bahkan menciptakan telepon.

Ya, namanya adalah Antonio Meucci, seorang imigran asal Florence, Italia. Orang yang memiliki nama lengkap Antonio Santi Giuseppe Meucci inilah yang pada tahun 1849 justru telah menemukan telepon.

Bahkan hasil karya Meucci ini telah didaftarkan patennya pada tahun 1871 jauh sebelum Bell menemukannya.  Ternyata, Bell melalui perusahaan telepon miliknya merupakan orang yang mengembangkan hasil temuan Meucci tersebut.

Ponsel Pertama di Dunia

Saat ini smartphone telah menjadi alat komunikasi yang paling banyak digunakan manusia di seluruh dunia. Namun tahukah anda siapa yang berjasa dalam membuat telepon seluler pertama kali?

Dia adalah Rudy Krolopp, seorang teknisi yang berhasil merancang dan mengembangkan ponsel pertama di dunia.

Fakta unik tentang telepon
Fakta unik tentang telepon dan ini adalah salah satu bentuk telepon kuno. Foto: Istimewa

Enginer ini bekerja pada perusahaan Motorola yang juga dikenal sebagai brand ponsel ternama. Ponsel bernama Motorola DynaTac 8000X yang diciptakannya tercatat sebagai ponsel pertama di dunia.

Untuk akhirnya berhasil menciptakan Motorola DynaTac 8000X, Krolopp butuh waktu hingga 10 tahun loh. Perjalanan waktu yang tidak bisa dibilang sebentar.

Begitu juga dengan biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan ponsel itu ternyata telah menghabiskan hingga US $ 100 juta atau lebih dari Rp 1,4 triliun…wow!

Asal tahu saja, ponsel pertama di dunia ini bentuknya lebih seperti batu bata dengan berat mencapai 1 kg. Karena itulah Motorola DynaTac 8000X juga populer dengan sebutan The Brick.

Ponsel Termahal di Dunia

Saat ini teknologi ponsel semakin canggih. Selain bentuknya semakin kecil, fiturnya juga semakin lengkap. Banyaknya vendor yang membuat ponsel ikut mendongkrak pamor smartphone.

Bahkan dengan sebuah smartphone anda ibaratnya memiliki banyak perangkat lainnya seperti kamera foto, kamera video, laptop, hingga organizer pribadi. Sangat praktis tanpa perlu bikin kantong kempis.

Meskipun fiturnya makin canggih, smartphone justru telah menjadi ponsel pintar yang harganya makin murah saja. Smartphone keluaran terbaru dengan segmen high end level hanya dijual di atas Rp 10 jutaan.

Penampakan telepon type ponsel termahal di dunia. Foto: Istimewa

Namun tahukah anda berapa harga ponsel termahal saat ini? Tanpa mengenyampingkan fitur dan kualitas ponsel, harga ponsel juga ditemtukan pada eksklusivitasnya.

Falcon Supernova Pink Diamond iPhone 6 adalah ponsel termahal di dunia saat ini. Asal tahu saja, telepon seluler ini dijual dengan harga US$ 95,5 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Mahalnya ponsel ini karena casingnya berlapis emas 18 karat yang sangat mewah. Apalagi dengan adanya sebuah berlian besar berwarna pink yang ada di bagian belakang.

Itulah beberapa fakta unik tentang telepon yang semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda. (R8/HR-Online)