HP Xiaomi Redmi Note 8 Segera Dirilis di Indonesia Pekan Depan, Apa Keunggulannya?

HP Xiaomi Redmi Note 8 Segera Dirilis
HP Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Foto : Xiaomi

HP Xiaomi Redmi Note 8 dikabarkan bakal dirilis di Indonesia Kamis minggu depan (17/10/2019). Adapun kepastian hadirnya HP Xiaomi Note 8 ini terungkap dari akun resmi Facebook serta Twitter @RedmiIndonesia milik Xiaomi Indonesia. Dari bocoran tersebut angka “8” terlihat di gambar, yang diduga Xiaomi Redmi Note 8.

Walaupun Note 8 ini sudah dirilis terlebih dulu di negara asalnya China dan beberapa negara lainnya di Asia pada Agustus lalu, namun sayang pihak Xiaomi Indonesia tidak memberikan detail speknya.

Sementara dari situs resmi Xiaomi, bahwa Note 8 ini sudah hadir dalam 2 varian, yaitu model reguler serta Note 8 Pro. Masing-masing varian tersebut ada perbedaan dalam speknya, antara lain besaran RAM, ‘otaknya’ dan resolusi kamera.

Meski berbeda, tapi kedua model itu memiliki keunggulan yakni di sektor fotografi dengan memasang 4 kamera di belakang. Lantas bagaimana dengan spek lainnya? Berikut ini pembanding spesifikasi HP Xiaomi Redmi Note 8 (Reguler) dan Pro, yang HR online kutip dari GSM Arena.

Spek HP Xiaomi Redmi Note 8 (Reguler)

Sebagai bahan perbandingan dengan smartphone Redmi Note 8 yang terlebih dulu hadir di negara lain, untuk varian reguler dibekali dengan RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, kemudian 6 GB / 64 GB dan 6 GB / 128 GB. Penyimpanan tersebut bisa ditambahkan dengan menggunakan microSD mencapai 256 GB.

Sedangkan untuk otaknya, Redmi Note 8 versi reguler memakai chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm), CPU octa-core dan GPU atau grafis Adreno 610.

Di sektor fotografi, smartphone ini dibagian belakang dibekali dengan quad camera (4 kamera). Keempat kamera itu memiliki resolusi masing-masing 48 MP sebagai lensa utama dengan bukaan f/1.8 (wide), yang bisa melakukan zoom sampai 8 kali.

Kemudian lensa kedua 8 MP aperture f/2.2 (ultrawide), ketiga 2 MP (f/2.4) dan terakhir 2 MP sebagai sensor kedalaman. Semua kamera belakangnya itu tersusun secara vertikal dengan LED flash di sebalah kanannya.

Sedangkan bagian depan dari HP Xiaomi Redmi Note 8 versi reguler ini dipasang lensa dengan resolusi 13 MP, yang disimpan di notch tengah-tengah bagian atas layar.

Dibagian layarnya memiliki bentang seluas 6.3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel serta aspek rasio 19.5:9. Layar yang berpanel IPS LCD ini dipasang juga anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Spek lainnya, baterai berkapasitas 4000 mAh plus fitur fast battery charging 18W. Sistem operasi (OS) sudah berbasis Android 9.0 (Pie) dan menjalankan antramuka MIUI 10. Sektor keamanan mengandalkan sensor sidik jari (rear-mounted).

Spek Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Sementara itu, untuk HP Xiaomi Redmi Note 8 Pro dibekali dengan tiga varian RAM, antara lain 6 GB / 64 GB, 6 GB / 128 GB dan 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.  

Sedangkan dapur pacunya dipersenjatai chipset Mediatek Helio G90T (12nm), dengan GPU atau grafis Mali-G76 MC4.

Sektor kamera sama-sama mengandalkan 4 lensa di belakang. Akan tetapi, untuk Xiaomi Redmi Note Pro ini lebih besar ketimbang versi reguler.

Kamera utamanya memiliki lensa beresolusi 64 MP bukaan f/1.9 (wide), kamera kedua 8 MP aperture f/2.2 (ultrawide), ketiga 2 MP dan terakhir 2 MP. Untuk posisi keempat kamera itu berada di tengah-tengah bodi belakang, yang disampingnya dipasang LED flash.

Sedangkan kamera selfie di HP Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga lebih besar. Kamera depannya ini terpasang lensa dengan resolusi 20 MP.

Perbedaan lainnya dengan versi reguler, untuk yang Pro terpasang baterai Non-removable Li-Po dengan kapasitas 4500 mAh. Tersedia juga fitur pengisian super cepat 18W.

Sementara dibagian layar Redmi Note 8 Pro lebih lebar yakni 6.53 inci, dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan aspek rasio 19.5:9. Untuk panel dan anti goresnya sama dengan versi reguler.

Jika dilihat dari spesifikasi dari dua HP Xiaomi Redmi Note 8 yang ada di atas tersebut, tentunya sangat menggoda untuk memilikinya. Namun, sayangnya spek itu belum dipastikan apakah juga akan hadir di Indonesia. untuk kepastiannya tunggu saja pada 17 Oktober 2019 nanti. (Adi/R5/HR-Online)