Aplikasi TikTok Luncurkan Smartphone, Ini Spesifikasinya

Aplikasi TikTok luncurkan smartphone Android pertamanya bernama Jianguo Pro 3 yang bekerja sama dengan ByteDance.
Aplikasi TikTok luncurkan smartphone Android pertamanya bernama Jianguo Pro 3 yang bekerja sama dengan ByteDance. Photo : Net/Ist.

Aplikasi TikTok luncurkan smartphone Android pertamanya bernama Jianguo Pro 3 yang bekerja sama dengan ByteDance. Namun, karena aplikasi TikTok sebagai pengembang dalam pembuatannya, maka ponsel tersebut memiliki beberapa aplikasi bawaan yang dibuat ByteDance.

Smartphone tersebut hasil kerja bareng antara ByteDance dengan Smartisan yang merupakan vendor ponsel asal China. Sebelumnya telah beredar rumor yang menyebutkan bahwa aplikasi TikTok akan membuat sebuah smartphone, tapi belum terungkap mengenai nama dari ponsel pintarnya itu.

Dibekali Hardware Mumpuni

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (04/11/2019), aplikasi TikTok luncurkan smartphone Android dengan dibekali aplikasi bawaan yang telah terpasang di smartphone Jianguo Pro 3 salah satunya Douyin, yakni aplikasi TikTok versi China. Bahkan, untuk membuka aplikasi ini, pengguna cukup melakukan swipe langsung dari layar ponsel.

Selain itu, penggunanya juga dapat menambahkan berbagai efek seperti halnya aplikasi TikTok, yang bisa diterapkan ke semua video dengan beberapa jenis durasi waktu. Jadi tidak cuma video pendek saja.

Meskipun Jianguo Pro 3 merupakan ponsel pertama dari aplikasi TikTok, namun perangkat tersebut sudah dibekali hardware yang bisa dibilang cukup mumpuni.

Hal itu terlihat dari prosesor gaming yang dipercayakan TikTok pada smartphone-nya ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 855+, disandingkan dengan RAM 12GB, serta penyimpanan eksternalnya hingga 265GB.

Untuk kapasitas baterainya juga besar, yakni 4.000 mAh yang didukung dengan teknologi FC (Fast Charging) 18W. Sedangkan, di sektor fotografi, smartphone besutan aplikasi TikTok ini mengusung konfigurasi empat kamera di belakang.

Keempat kamera yang ada di bagian belakang ponsel TikTok itu masing-masing kamera utama 48 MP, 13 MP lensa ultra-wide, 8 MP lensa telefoto, dan 5 MP lensa makro.

Sementara, untuk kamera depannya beresolusi 20 MP untuk kebutuhan selfie lengkap dengan teknologi pixel binning (penggabungan foto) guna memperkuat detail pada foto selfie.

Mengenai harga, di China sendiri smartphone Jianguo Pro 3 milik aplikasi video pendek TikTok yang dibekali layar 6,39 inci itu dibandrol harga termurah sekitar 2.899 yuan atau setara dengan Rp 5,7 jutaan.

Namun, mengenai ketersediaan ponsel tersebut di pasar global, hingga saat ini belum ada informasinya.

Spesifikasi Lengkap Smartphone TikTok

Aplikasi TikTok luncurkan smartphone Android pertamanya bernama Jianguo Pro 3. Photo : Net/Ist.

Jianguo Pro 3 yang merupakan smartphone pertama besutan aplikasi video pendek TikTok, menyediakan slot dual SIM (Nano). Layarnya memiliki bentang 6,39 inci, menggunakan AMOLED FullHD+ 1080 x 2340 piksel, 403 ppi, dan rasio 100.000:1.

Smartphone Android TikTok ini berjalan dengan sistem operasi Smartisan 7. Untuk dapur pacunya menggunakan Qualcomm Snapdragon 855+ yang dipadukan dengan varian RAM berkapasitas hingga 125GB, dan didukung UFS 2.1. Sedangkan, untuk memori eksternal hingga 256GB didukung UFS 3.0.

Beralih ke sektor kamera, Jianguo Pro 3 dibekali quad-camera di belakang yang masing-masing 48 MP kamera utama menggunakan lensa dari Sony IMX586, f/1.75, kamera 13 MP yang memiliki bidang pandang hingga 123 derajat.

Kemudian, lensa telefoto 8 MP yang didukung zoom optik sampai dua kali lipat, dan 5 MP lensa makro yang mampu membidik gambar subjek dari jarak 2 centimeter.  

Selanjutnya, ada lensa beresolusi 20 MP di bagian depan ponsel untuk kebutuhan swafoto yang sudah didukung dengan teknologi piksel binning guna menghasilkan foto selfie lebih cerah.

Sedangkan, untuk konektivitas, Jianguo Pro 3 sebagai smartphone pertama TikTok dan ByteDance ini sudah dilengkapi jaringan 4G LTE, WiFi a/b/g/n/ac, Bluetooth v5.0, GPS, Wi-Fi Direct, GLONASS, dan Galileo.

Ponsel pintar Android besutan aplikasi TikTok dan ByteDance ini memiliki bobot 185 gram dengan dimensi 156,6 x 74,38 x 7,8mm. Baterainya berkapasitas jumbo, yakni 4.000 mAh, didukung teknologi fast charging 18W dengan difasilitasi oleh USB Type-C.

Di negara asalnya, yaitu di China, smartphone Jianguo Pro 3 ini tersedia dalam tiga pilihan warna, hitam, putih, dan hijau matsutake. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...