Fitur Baru di MIUI 11 Terungkap, Kinerja Handal Bawa Segudang Keunggulan

Fitur Baru di MIUI 11
Fitur MIUI 11. Foto: Istimewa

Fitur baru di MIUI 11 diungkapkan oleh vendor Xiaomi belum lama ini. Hadirnya fitur terbaru memungkinkan pengguna bisa lebih nyaman saat mengoperasikannya.

Rencananya, MIUI 11 akan diproduksi dengan base dari Android 10. Hanya saja, hingga kini belum ada kejelasan apakah MIUI 11 Android 10 juga akan disematkan pada seri lamanya.

Seperti yang diketahui, sebelumnya seri lawas Xiaomi mendapatkan perubahan pada MIUI saja dengan versi Android sama.

Terlepas dari itu semua, MIUI 11 ini dikabarkan akan diterapkan pada beberapa jenis ponsel buatan Xiaomi. Smartphone yang berbekal MIUI 11 pasti memiliki kinerja yang lebih tangguh dam optimal.

Fitur Baru di MIUI 11

MIUI 11 diperkenalkan pada 24 September 2019 lalu bersamaan dengan rilisnya Mi 9 Pro. Custom OS MIUI ini sendiri didukung dengan beragam fitur baru yang memanjakan penggunanya.

Bagi anda yang sudah tak sabar lagi ingin mengetahui apa saja fitur yang dibawa MIUI 11, ada baiknya anda simak ulasannya berikut ini.

Dark Mode

Salah satu fitur yang bisa anda temukan di MIUI 11 yaitu Dark Mode. Fitur yang satu ini memiliki fungsi seperti Dark Mode di perangkat lainnya.

Dengan menerapkan fitur baru di MIUI 11 ini, maka pengguna Xiaomi bisa merasakan tampilan interface layar yang gelap. Penggunaan Dark Mode sendiri bisa menghemat baterai ponsel.

Selain itu, keunggulan fitur Dark Mode lainnya yaitu bisa membuat pandangan mata terasa lebih nyaman sehingga tak mudah perih saat menatap layar.

Tak heran jika Dark Mode menjadi salah satu fitur yang banyak dinanti oleh pengguna Xiaomi. Terlebih lagi, fitur ini sudah mendukung tampilan pada aplikasi pihak ketiga dan browser.

Ultra Power Saving

Selain Dark Mode, MIUI 11 juga dilengkapi dengan fitur Ultra Power Saving. Dengan fitur ini, baterai ponsel akan terasa lebih awet digunakan.

Saat anda mengaktifkan fitur ini, maka semua aplikasi akan mati, kecuali SMS dan telepon. Selain itu, layarnya akan berubah menjadi monokrom hitam putih.

Jika anda ingin memiliki smartphone Xiaomi dengan baterai yang tahan lama, maka anda bisa menerapkan fitur baru di MIUI 11 ini.

Berbeda dengan fitur Dark Mode yang sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan dalam MIUI 10 Beta, Ultra Power Saving ini hanya disediakan khusus untuk pengguna MIUI 11.

Automatic Screenshot Management

Fitur lainnya yang juga bisa ditemukan di MIUI 11 yaitu Automatic Screenshot Management. Fitur yang satu ini adalah fitur penghapusan screenshot otomatis.

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan menghapus hasil screenshot yang pengguna ambil dalam jangka waktu tertentu usai dibagikan.

Dengan memanfaatkan fitur Automatic Screenshot Management, maka pengguna tak perlu repot-repot menghapus hasil screenshot yang memenuhi gallery ponsel.

Adanya Automatic Screenshot Management memungkinkan anda tak perlu berpikir berulang kali untuk mengambil hasil tangkapan layar lagi.

Living Display

Di MIUI 11, anda juga bisa menemukan fitur Living Display. Dengan fitur baru di MIUI 11 ini, pengguna bisa mengatur sendiri bagaimana tampilan layar depan smartphone yang digunakan.

Perlu untuk anda ketahui, vendor Xiaomi mengungkap bahwa MIUI 11 bisa memberikan tampilan yang lebih fresh dan menawan.

Mengenai ikon aplikasi, pada umumnya tampilan ikon aplikasi pada MIUI 11 akan terlihat lebih sederhana dan minimalis.

Hanya saja, ikonnya terkesan elegan karena dilengkapi dengan animasi tepat di bagian tampilan antarmukanya dan bahkan diperhalus.

Bisa Hilangkan Notch

MIUI 11 juga dilengkapi dengan fitur khusus yang memungkinkan pengguna bisa menghilangkan layar notch atau layar berponi.

Tak hanya itu, berkat fitur baru di MIUI 11, notifikasi yang biasa ditemukan di menu ponsel juga tertata lebih rapi. Penataannya akan disesuaikan dengan kategori yang sudah ditentukan sendiri oleh penggunanya.

Misalnya saja, notifikasi baterai dijadikan satu status bar dengan notifikasi mute, kekuatan sinyal dan pemasangan headphone.

Dengan demikian, pengguna Xiaomi yang berbekal MIUI bisa merasa lebih mudah dalam menemukan menu yang dibutuhkannya.

Face Unlock dan Unlock by Voice Command

Fitur Unlock yang juga disediakan di MIUI 11 ini sekilas mirip dengan penggunaan fingerprint saat unlock ponsel. Hanya saja, password menggunakan wajah penggunanya.

Sementara untuk fitur Unlock by Voice Command memungkinkan pengguna untuk mengunci perangkat dengan kata-kata yang diucapkan secara langsung.

Sebenarnya masih ada banyak fitur baru di MIUI 11 yang menarik untuk diketahui. Hanya saja, beberapa fitur di atas termasuk fitur yang banyak direkomendasikan. (R10/HR-Online)

Loading...