Fakta Aneh Planet Venus Dalam Tata Surya

Fakta aneh planet Venus
Ilustrasi Fakta aneh planet Venus. Foto: Istimewa

Fakta aneh planet Venus kini menjadi penelitian utama. Hal ini berkaitan dengan adanya hal unik dari planet tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa planet tersebut juga termasuk dalam tata surya. Bahkan planet Venus juga termasuk dalam objek paling menarik di tata surya.

Planet ini memiliki warna yang sangat bagus. Oleh karena itu, banyak ilmuwan yang mulai meneliti planet ini.

Ada beberapa planet yang memang bisa dikunjungi dan tidak bisa dikunjungi. Salah satunya planet Venus yang menarik untuk dikunjungi dan diteliti.

Fakta Aneh Planet Venus

Tata surya memang sangat menarik dijadikan sebagai bahan penelitian. Hal ini dikarenakan banyak fakta yang belum diketahui oleh banyak orang.

Penelitian ini juga dilakukan untuk menambah wawasan. Tidak hanya wawasan tetapi juga ilmu pengetahuan.

Dalam ilmu pengetahuan, tata surya diisi dengan beberapa planet yang dibilang menarik. Hal ini bisa dilihat dari beberapa satelit yang merekam banyak planet dan satelit lainnya.

Selain bumi, ada beberapa planet yang bisa dikunjungi dengan bantuan khusus. Salah satunya adalah planet Venus.

Planet Venus sendiri baru-baru ini memberikan fakta yang begitu mengejutkan. Fakta aneh planet Venus ini menjadi kekaguman sekaligus penasaran banyak orang.

Planet yang sering disebut bintang kejora ini ternyata memiliki banyak fakta. Bisa dibilang menarik dan juga mengerikan.

Penelitian ini memang dilakukan untuk mengetahui karakteristik setiap planet. Jadi, banyak wawasan yang didapat dari beberapa planet di tata surya.

Tidak hanya bumi saja, tetapi ada beberapa planet lain yang bisa diteliti. Planet Venus ini juga memiliki keindahan warna yang sangat menarik.

Tidak heran jika planet ini disebut sebagai bintang kejora. Keindahannya ini ternyata menyimpan beberapa fakta menarik.

Fakta aneh planet Venus membuat banyak orang penasaran. Apalagi planet Venus memang jarang dikunjungi.

Bahkan sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Namun dari pandangan satelit, planet ini hampir menyerupai bumi.

Planet Venus inilah yang sangat menyerupai bumi. Mulai dari warna dan ukurannya pun hampir sama.

Fakta Aneh Planet Venus

Berikut ini beberapa fakta menarik sekaligus mengerikan dari planet Venus.

1. Jumlah Gunung Berapi Mencapai Ribuan

Fakta pertama dari planet Venus adalah banyak gunung berapi. Kurang lebih ada 1.600 gunung berapi yang ada di planet ini.

Bahkan jumlah ini bisa dibilang paling banyak diantara planet yang lain. Beberapa gunung berapi tersebut bisa dilihat dari permukaan planet venus.

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa planet ini memang memiliki banyak gunung berapi. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Namun para ilmuwan juga berpendapat bahwa kemungkinan gunung tersebut sudah tidak aktif lagi. Namun belum diketahui secara jelas apakah aktif atau tidak.

Banyaknya gunung berapi ini menjadi salah satu fakta aneh planet Venus.

2. Waktu Satu Hari Sangat Lama

Fakta kedua yang tidak kalah menariknya adalah waktu yang begitu lama. Hal ini menjadi salah satu keanehan dari planet Venus.

Para ilmuwan mulai membandingkan antara waktu di planet Venus dan Bumi. Terbukti bahwa waktu di planet Venus memang sangat lama.

Satu hari di planet Venus sama dengan 243 hari di bumi. Hal ini membuktikan bahwa waktu di Venus cukup lama.

3. Kondisi yang Begitu Panas

Fakta aneh planet Venus yang lainnya adalah kondisi cuaca. Perlu diketahui bahwa kondisi planet venus sangat panas.

Bahkan panasnya melebihi Bumi hingga 470 derajat Celcius. Tekanan airnya hampir tidak ada di planet ini.

Hal ini terjadi karena sebagian atmosfernya terbuat dari karbondioksida. Kemudian efek rumah kaca juga berdampak pada keadaan planet Venus.

4. Mirip Dengan Bumi

Fakta selanjutnya adalah planet Venus ini menyerupai Bumi. Planet Venus bisa dibilang sangat mirip dengan Bumi.

Hal ini membuat Venus disebut dengan kembaran bumi. Bahkan kedua planet ini hampir memiliki ukuran yang sama.

Kedua planet ini juga memiliki atmosfer yang tebal. Namun atmosfer planet Venus banyak mengandung asam sulfur yang beracun.

5. Tekanan Cukup Ekstrim

Fakta aneh planet venus adalah tekanannya yang cukup ekstrim. Bahkan bisa dibilang tekanannya 90 kali lipat lebih tinggi dari Bumi.

Tekanan udara di planet ini mencapai 1 kilometer di bawah laut. Bisa dikatakan sama dengan tekanan air yang ada di Bumi.

Fakta tersebut membuat banyak orang berpendapat bahwa Venus juga mengerikan. Meskipun tampilannya hampir mirip dengan bumi.

Fakta aneh planet Venus ini bisa dijadikan sebagai wawasan lebih mengenai tata surya. Khususnya pengetahuan mengenai planet Venus. (R10/HR-Online)