Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruLady Gaga of Mathematics, Spesies Baru Laba-laba Hijau Neon Langka

Lady Gaga of Mathematics, Spesies Baru Laba-laba Hijau Neon Langka

Di awal tahun 2020 ini, peneliti menemukan spesies laba-laba baru yang diberi nama Lady Gaga of Mathematics. Bukan hanya namanya saja yang unik, akan tetapi juga karakteristiknya.

Penemuannya sendiri telah diterbitkan di jurnal ZooKeys pada tanggal 22 Januari lalu. Adanya jenis laba-laba baru Lady Gaga of Math seakan memperlihatkan bahwa ternyata banyak spesies yang belum diketahui di alam ini.

Alasan Penamaan Lady Gaga of Mathematics

Laba-laba dengan nama Lady Gaga of Math ini mampu mengundang rasa penasaran publik. Bagaimana tidak, nama yang dibawanya terbilang unik dan tak biasa.

Tahukah anda bahwa nama tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Nama spesies baru ini diambil dari Cedric Villani yang adalah ahli matematika asal Prancis sekaligus penggemar berat laba-laba.

Cedric Villani sendiri pernah menyabet penghargaan 2010 Fields Medal dengan usia dibawah 40 tahun yang membuatnya dijuluki sebagai Lady Gaga of Franch Mathematics.

Kecintaan Cedric Villani terhadap laba-laba bisa dilihat di berbagai hal, salah satunya yaitu kebiasaannya yang selalu menyematkan bros laba-laba di kerahnya.

Selain terinspirasi dari Cedric Villani, penamaan spesies laba-laba baru Lady Gaga of Mathematics juga dikarenakan metodenya dalam membuat jaring.

Diketahui bahwa laba-laba Lady Gaga of Math menerapkan matematika dalam membuat jaring. Hal ini dilakukannya dengan tepat dan konsisten.

Dengan menggunakan kaki depannya, spesies ini bisa mengukur sudut constan secara mudah dan perlahan. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Alireza Zamani selaku Ketua Peneliti di Biodiversity Unit, University of Turku, Finlandia.

Berkat kemampuannya tersebut, spesies baru ini juga diberi nama lain, yakni Araniella Villani. Laba-laba ini masuk ke dalam kategori keluarga laba-laba penenun dengan pola jaringan yang indah dan terstruktur.

Keistimewaan dan keunikan yang dimiliki laba-laba Lady Gaga of Mathematics membuat peneliti tertarik untuk mempelajarinya lebih mendetail.

Karakteristik Lady Gaga of Math

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bukan hanya nama Lady Gaga of Math saja yang menyita perhatian publik, akan tetapi juga karakteristiknya.

Jika anda juga penasaran, anda tak perlu khawatir. Alireza Zamani bukan hanya membeberkan soal nama yang diberikannya, akan tetapi juga detail karakteristik Lady Gaga of Math.

Sebagai spesies baru, tampilan Lady Gaga of Math tentu saja tak seperti laba-laba lainnya. Lady Gaga of Math ini mempunyai warna hijau neon yang terkesan mencolok.

Perlu untuk anda ketahui, warna hijau terang ini sangatlah langka pada spesies laba-laba. Sesuai dengan penjelasan Alireza Zamani, warna ini berasal dari pigmen empedu biliverdin.

Dengan warna hijau neon, laba-laba Lady Gaga of Mathematics bisa memiliki kemampuan berkamuflase. Tak heran jika keberadaan laba-laba Lady Gaga of Math di alam sangat sulit dideteksi.

Tak berhenti di situ saja, warna hijau terang ini juga membuat Lady Gaga of Math dijuluki sebagai laba-laba mentimun hijau.

Selain memiliki tampilan yang mengesankan, spesies laba-laba ini juga mempunyai rambut runcing yang tampak menutupi tubuhnya.

Meski sekilas terlihat biasa, namun rambut runcing tersebut memiliki saraf-saraf yang berperan sebagai indera sehingga memungkinkan Lady Gaga of Math untuk bisa merasakan dunia luar.

Perihal makanannya, ternyata tak berbeda jauh dengan spesies laba-laba lainnya. Lady Gaga of Mathematics ini memakan serangga terbang yang berukuran kecil.

Persebaran Lady Gaga of Math

Beralih ke wilayah persebarannya, laba-laba Lady Gaga of Math ini bisa ditemukan di beberapa negara. Sebut saja Kazakhstan timur, Iran barat daya, dan India utara.

Setidaknya ada 10 negara di dunia yang menjadi habitat Lady Gaga of Math. Hanya saja, hal tersebut belum diketahui ilmu sains hingga saat ini.

Dengan rentang persebaran tersebut, laba-laba Lady Gaga of Math seringkali membangun jaringnya di hutan. Spesies ini sangat suka mendiami semak-semak maupun tumbuhan lainnya yang ada di dalam hutan.

Tak kalah penting untuk anda ketahui juga bahwa spesies laba-laba baru ini ternyata berpedoman pada rasio emas. Hal ini tentunya menambah deretan keistimewaan Lady Gaga of Math.

Disamping itu, Lady Gaga of Mathematics juga berkerabat dekat dengan Araneus diadematus. Dimana laba-laba penenun taman ini mampu membentuk 30 benang radial yang indah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -