Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaArtikelOlahraga Ideal Selama PSBB Agar Tubuh Tetap Sehat, Apa Saja?

Olahraga Ideal Selama PSBB Agar Tubuh Tetap Sehat, Apa Saja?

Olahraga ideal selama PSBB memang perlu dilakukan. Mengingat tubuh juga harus tetap sehat dan bugar meski banyak pembatasan.

Kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar ini sudah diterapkan di ibu kota. Kebijakan ini ditujukan untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Penyebaran virus Corona yang semakin merajalela ini membuat hari libur diperpanjang. Kebijakan-kebijakan lain seperti WFH dan social distancing harus benar-benar dipatuhi. Namun ada kalanya masyarakat merasa bosan untuk tetap di rumah.

Sebab, berdiam diri di rumah tanpa melakukan apapun membuat suasana semakin jenuh. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga. Selain menghilangkan jenuh, olahraga juga dapat membuat tubuh semakin aktif.

Olahraga Ideal Selama PSBB, Apa Saja?

Pentingnya olahraga pada tubuh membuat banyak orang semakin bersemangat untuk berolahraga. Olahraga sendiri merupakan salah satu aktivitas yang dianjurkan untuk dilakukan.

Akan lebih baik jika dilakukan secara teratur dan diimbangi dengan asupan makanan sehat. Terlebih lagi saat berada dalam situasi PSBB seperti ini.

Social distancing, WFH, dan kebijakan lainnya sangat berdampak pada kegiatan sehari-hari. Termasuk berolahraga yang sudah menjadi salah satu kebiasaan rutin.

Pembatasan yang terjadi di beberapa kota memang mempengaruhi aktivitas. Namun kini ada beberapa olahraga ideal selama PSBB yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah bersepeda.

Olahraga di luar rumah memang lebih baik. Karena selain sehat juga mendapatkan paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D. Bersepeda bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk berolahraga.

Mengapa bersepeda dikatakan sebagai olahraga yang tepat? Intensitas bersepeda cukup rendah. Bersepeda juga bisa dilakukan di komplek perumahan saja. Sehingga tidak melanggar kebijakan PSBB.

Namun sebelum memulai bersepeda, akan lebih baik jika mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pastikan bahwa kebijakan social distancing juga harus dipatuhi.

Olahraga ideal selama PSBB yang selanjutnya adalah jalan sehat. Jalan-jalan juga merupakan alternatif yang tepat. Jika tidak memiliki sepeda, maka bisa melakukan jalan sehat.

Olahraga ini juga bisa dijadikan sebagai aktivitas rutin selama PSBB. Jalan sehat bisa dilakukan di sekitar perumahan. Kemudian menggunakan halaman rumah untuk melakukan pemanasan merupakan cara yang tepat.

Tidak perlu menempuh jarak yang jauh, cukup beberapa meter saja dari rumah. Kemudian jalan sehat bisa dilakukan berulang-ulang di jalan yang sama. Dengan begitu, kebijakan PSBB dan social distancing tetap dipatuhi.

Jalan sehat ini bisa dilakukan sendiri, begitupun dengan bersepeda. Memang lebih baik melakukan olahraga sendiri tanpa mengajak teman. Hal ini dilakukan juga sebagai wujud social distancing.

Agar tubuh semakin sehat, maka olahraga bisa dilakukan secara rutin. Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Apalagi selama pandemi Corona ini belum terselesaikan, maka wajib untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Olahraga Ideal Selama PSBB

Berdiam diri di rumah memang membosankan. Selain membosankan, ternyata kurang beraktivitas juga dapat menimbulkan penyakit.

Hal ini dikarenakan tubuh kurang bergerak dan kurang mendapat vitamin D. Kebijakan PSBB memang harus dipatuhi, namun akan lebih baik jika situasi ini lebih dimanfaatkan.

Berolahraga selama masa PSBB bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu bersepeda dan juga lari.

Olahraga ideal selama PSBB sendiri memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh. Salah satunya adalah memberikan kekuatan pada otot kaki. Selain itu, bersepeda juga bisa membakar kalori yang ada pada tubuh.

Kemudian olahraga jalan sehat. Selain melemaskan otot, jalan sehat juga bisa meningkatkan stamina tubuh. Sehingga tubuh akan terbiasa bergerak dan tidak mudah lelah. Beberapa manfaat olahraga tersebut sangat berguna untuk tubuh.

Oleh karena itu, manfaatkan waktu luang selama PSBB ini untuk berolahraga. Meskipun pola makan dijaga tetapi tidak ada aktivitas, maka banyak penyakit yang akan muncul. Diantaranya adalah diabetes, kolesterol naik, bahkan obesitas.

Organ dalam juga akan terganggu. Seperti jantung yang akan semakin lemah. Hal ini membuat darah tidak mengalir dengan lancar.

Beragam olahraga ideal selama PSBB diatas bisa dilakukan di sela-sela waktu. Sehingga tubuh akan tetap sehat meski dalam kondisi seperti ini. (R10/HR Online)