Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruBMW 3 Series Touring 2020, Wajah Lebih Tegas, Interior Akomodatif

BMW 3 Series Touring 2020, Wajah Lebih Tegas, Interior Akomodatif

BMW 3 Series Touring 2020 akhirnya memperlihatkan diri. Di dalam keterangan resminya, model 2020 tersebut diluncurkan pertama kali di Jerman. Mobil ini muncul dengan berbagai ubahan yang diterapkan mulai dari tampilan hingga segi fungsionalitasnya.

Di Indonesia sendiri, BMW 3 Series ini sudah diluncurkan oleh BMW. Meski di tengah pandemi Covid-19, peluncurannya dilakukan secara virtual melalui aplikasi video.

Hadirnya produk ini disebut BMW menjadi sebuah hal yang bersejarah. Sebab All New BMW 320i Touring M Sport menjadi salah satu produk Touring atau Station Wagon pertama. Ini merupakan mobil pertama yang diluncurkan resmi di Indonesia.

Spesifikasi yang Dibawa BMW 3 Series Touring 2020

Diluncurkannya kendaraan terbaru ini menjadi salah satu momen bersejarah dalam rangkaian BMW Seri 3 yang sangat legendaris. BMW percaya The 3 Touring akan semakin memperkuat warisan The 3. Selain itu, juga mempertahankan posisinya menjadi pemimpin dalam segmen mid sedan premium di Indonesia.

BMW muncul dengan tampilan maskulin dan dinamis. Jika dilihat secara ukuran, model baru ini mempunyai dimensi yang lebih meningkat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Baca juga: BMW iX3 Electric, Versi Listrik X3 SUV Siap Meluncur Akhir Tahun

Seperti bodi yang memiliki panjang dan lebar meningkat. Ukurannya menjadi 4.709 mm, dengan lebar 16 mm, serta tinggi 1470 mm. Sementara itu, jarak sumbu rodanya juga lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm.

Selain itu, peningkatan juga terdapat pada tapak ban BMW 3 Series Touring. Tapak ban tersebut dilebarkan menjadi 43mm untuk bagian depan dan 21mm untuk bagian belakang.

Eksterior Lebih Tegas

Wajah baru BMW Seri 3 Touring ini lebih tegas dengan adanya kidney grille khas dari BMW. Saat ini, kidney grille tersebut menyatu dan lebih besar. Bumpernya juga direvisi dengan gaya kekinian serta detail yang banyak.

Lampu LED dipasangkan menggunakan desain yang tajam. Penerangan tersebut dapat ditingkatkan menjadi BMW Laser Light dan LED fog lamps dengan mengambil paket opsional. Selain itu, bagian roof railnya juga telah menjadi fitur yang bawaan yang menawan.

Sementara itu, bagian belakang mobil ini mendapatkan peningkatan dengan kombinasi lampu belakang tipis. Lengkap dengan spoiler yang menyatu bersama bodinya.

Jendela belakang BMW 3 Series Touring ini dibuat dengan desain lebih lebar 20 mm agar bisa memberikan kesan lebih lapang untuk pengemudi. Kemudian di bagian bawah memiliki saluran pembuangan ganda.

Meskipun memiliki kesan yang tajam, namun secara menyeluruh tampak lebih lembut pada bagian buritan.

Interior Akomodatif

BMW 3 terbaru ini memiliki interior yang dikonfigurasi supaya lebih akomodatif. Seperti pada ruang bahu baris pertama yang diperbesar. Begitu pula pada jenjang antara kepala dengan langit-langitnya.

Kesannya, mobil ini menjadi sangat lapang. Selain itu, kemudinya juga didesain ulang dengan menggunakan balutan kulit.

Hal yang paling penting dari desain interior BMW 3 Series terbaru ini adalah kemampuan angkut yang dimiliki oleh bagasinya. Jok baris kedua memiliki konfigurasi kelipatan 40: 20:40.

Hal ini berfungsi untuk memberikan keleluasaan untuk pengguna BMW 3 Series Touring dalam mengatur kapasitas bagasi sesuai dengan kebutuhan.

Daya tampung saat bangku tidak dilipat semuanya adalah 500 liter. Naik 5 liter dari generasi yang diluncurkan sebelumnya. Sedangkan saat diperluas kapasitasnya menjadi 1.510 liter dan itu artinya naik 10 liter dari sebelumnya.

Baca juga: BMW M5 2021 Tampilan Lebih Sporty dengan Dukungan Mesin Gahar

Ruang penyimpanan yang ada di bawah bagasi juga disediakan. Ruangan ini juga dilengkapi dengan partisi. Selain itu, aksesnya akan lebih mudah karena terdapat pintu bagasi yang bisa dioperasikan secara elektrik.

Jika pengguna terjebak di dalam ruang yang sempit, maka jendela belakang dapat dibuka terpisah dengan pintu.

Performa Mesin

Bmw 3 Series Touring ini memiliki 6 pilihan mesin yang disuguhkan untuk anda. Detailnya adalah 3 jantung mekanis bermesin serta 3 diesel. Namun BMW tidak akan menghadirkan seluruhnya.

Sebagian akan disiapkan beberapa minggu sesudah peluncuran. Adapun varian yang menggunakan mesin bensin diantaranya adalah BMW M304i xDrive, BMW 320i Touring, dan BMW 330i.

Sementara itu, untuk varian diesel ada BMW 330d XDrive Touring, BMW 318d Touring, serta BMW 320d Touring.

Untuk penyaluran tenaganya dilakukan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan. Namun dapat ditingkatkan menjadi steptronic 8 speed untuk operasionalnya.

Sedangkan untuk BMW 3 series touring dengan bensin dan opsi enam silinder telah memakai steptronic 8 speed. (R10/HR-Online)

- Advertisment -