Anime Kuroko No Basket Season 1, Sinopsis dan Momen Epik Kuroko

Anime Kuroko No Basket Season 1
Sinopsis Anime Kuroko No Basket Season 1. Foto: Ist/Net

Anime Kuroko No Basket Season 1 memiliki genre sport yang memiliki banyak penggemar. Bahkan banyak orang yang menjadi cosplayer menyerupai karakter anime ini.

Hal ini karena Kuroko No Basket memiliki alur cerita yang menarik. Bahkan tak sedikit orang menyukai anime pertama kali gara-gara Kuroko ini.

Film yang rilis tahun 2012 ini memiliki 76 episode yang terbagi menjadi 3 season. Yuk kita bahas momen-momen epik Kuroko pada season 1!

Sinopsis Anime Kuroko No Basket Season 1

Awal cerita, SMA Swasta Seirin sedang mencoba merekrut anggota ekskul. Banyak ekskul yang tengah membuka pendaftaran, mulai dari ekskul membaca, minum teh hingga basket.

Namun ada satu ekskul yang sepi peminat, padahal sudah ada sejak setahun lalu. Ekskul tersebut adalah Tim Basket Seirin.

Mereka memang kurang terkenal. Apalagi di Jepang sendiri olahraga basket menjadi minoritas. Konon orang Jepang lebih suka Rugby, Sepakbola dan juga Baseball.

Baca Juga: Attack On Titan S4 Episode 11, Kehangatan Warga Eldia

Lalu ada seseorang yang muncul dengan tubuh besar dan ingin ikut tim basket. Ia bernama Kagami Taiga. Ia mendaftar karena menyukai basket. Semenjak SMP, Taiga tinggal di Amerika Serikat yang merupakan kiblat basket dunia. 

Koganei, anak kelas 2 memungut kertas pendaftaran yang jatuh. Ia berbicara bahwa pelatih menjatuhkannya. 

Saat membaca kertas pendaftaran yang jatuh, semuanya kaget ketika membaca siswa yang mendaftar adalah lulusan dari SMP Teiko. 

SMP Teiko adalah pemegang 3 kali juara basket nasional. Sekolah tersebut bahkan terkenal dengan sebutan Kiseki No Sedai atau Generasi Keajaiban. Sontak semua kaget karena ada orang berbakat di tim Seirin.

Selanjutnya dalam sinopsis anime Kuroko No Basket Season 1, latihan pun mulai pada keesokan harinya. 

Aida Riko yang masih kelas 2 SMA menjadi pelatih. Hal pertama yang ia perintahkan adalah untuk membuka baju seluruh anggota baru. Rupanya Aida adalah anak seorang pelatih. 

Ketika melihat badan orang, matanya akan mengeluarkan angka. Hal ini membuat Aida Riko tahu tentang kelebihan dan kekurangan pemainnya.

Ia pun kaget melihat Kagami yang memiliki postur dan otot-otot yang luar biasa. Pelatih itu lebih kaget lagi melihat Kuroko yang badannya di bawah rata-rata. 

Ternyata Kuroko adalah siswa lulusan SMP Teiko yang sempat membuat geger saat masa pendaftaran. Aida Riko sempat berpikir bagaimana mungkin tim terkuat memiliki orang seperti Kuroko.

Kemampuan Kuroko

Tim basket kelas 1 dan kelas 2 bertanding untuk menguji kekuatan. Tim baru Seirin ini mampu melaju hingga Semifinal pertandingan resmi. Hal itu jadi sebuah rekor, karena hanya beranggotakan kelas 1 saja pada waktu itu.

Pertandingan pun mulai, Kagami menjadi ujung tombak kelas 1 dengan Dunk-nya yang dahsyat. Namun Kagami, di-marking hingga 3 orang yang membuatnya susah bergerak.

Saat itulah Kuroko yang menjadi beban tim mengubah keadaan. Ia meminta agar setiap bola di-passing untuknya. Semua anak kelas dua dibuat tercengang karena tiba-tiba ada umpan yang tak terlihat.

Baca Juga: Sinopsis Anime Noblesse, Manusia Buatan yang Jadi Satpam Sekolah

Sinopsis anime Kuroko No Basket Season 1, selanjutnya bercerita saat satu sentuhan dari Kuroko tak disadari oleh para pemain membuat perubahan besar. 

Nama keahlian itu adalah Misdirection yang biasanya dilakukan oleh para pesulap dengan kecepatan tangan. Berkat kemampuan umpan dari Kuroko dan Kagami, kelas 1 pun menang.

Bentrok Pertama Kiseki No Sedai

Tiba-tiba Aida Riko berjalan melompat-lompat dan diketahui para pemain. Kapten Seirin Hyuga pun langsung mengatakan hati-hati.

Karena lawan tim basket Seirin untuk latih tanding pasti berat. Rupanya lawan mereka adalah tim basket dari SMA Kaijou. 

SMA ini adalah semifinalis pertandingan nasional tahun lalu. Ada juga anggota Kiseki No Sedai di tim basket SMA Kaijou, yaitu Kise Ryouta.

Dalam sinopsis Anime Kuroko No Basket Season 1, SMA Seirin pun datang ke Kaijou. Sayangnya penyambutan terhadap mereka sangat tidak layak.

Mereka hanya boleh menggunakan setengah lapangan. Bahkan Kise, pemain andalan SMA Kaijo tidak ikut bermain. Rupanya pelatih Kaijou ini sangat merendahkan Seirin.

Namun, tak berlangsung lama, dunk dari Kagami langsung merusak ring. Dengan marah, Pelatih Kaijou menggunakan satu lapangan penuh. 

Saat itu pula Kise masuk lapangan. Kise memiliki kemampuan untuk meniru setiap gerakan pemain lainnya. Kagami dan Kise menjadi pencetak skor bagi kedua tim. 

Bahkan Kise meniru gerakan-gerakan dari Kagami. Petaka muncul kala  Kuroko tak sengaja terpukul oleh Kise. Kuroko pun terpaksa keluar lapangan.

Menjelang Quarter 4, Kuroko memaksa untuk kembali bermain. Permainan Kuroko dan Kagami berhasil membuat Kise mati langkah.

Buzzer Beat Kagami di pertandingan ini mengalahkan Kise. Buzzer Beat adalah mencetak gol ketika bel pertandingan berbunyi.

Pertemuan Kuroko dengan Ahli Tiga Poin

SMA Seirin pun mengikuti pertandingan nasional Interhigh. Di awal mereka bisa menang dengan mudah bahkan tanpa perlu Kagami dan Kuroko. 

Tiba saatnya menghadapi lawan kuat yaitu SMA Shutoku. Dalam sinopsis Anime Kuroko No Basket Season 1, SMA Shutoku juga memiliki anggota Kiseki No Sedai yang ahli dalam lemparan tiga angka, yakni Midorima Shintarou. 

Pada pertandingan ini, Kagami menunjukkan kemampuannya yaitu high jump dan Air Walking. Ia memiliki lompatan yang tinggi dan cukup lama melayang di udara. 

Kemampuan inilah yang bisa menghentikan tembakan tiga angka Midorima. Saat itu juga Kuroko mati langkah karena ada Takao.

Takao memiliki penglihatan Hawk Eye. Sehingga setiap gerakan Kuroko bisa diantisipasi. Namun lambat laun Kuroko bisa mengakali Takao.

Permainan Kagami-Kuroko pun kembali berjalan. Hingga detik-detik akhir, Midorima akan melakukan tembakan tiga angka. Kagami melompat, namun Midorima tak melakukan shoot. 

Namun di sana ada Kuroko yang mencuri bola. Akhirnya kemenangan pun diraih Seirin.

Dalam sinopsis Kuroko No Basket Season 1 baru ada tiga nama Anggota Kiseki No Sedai. Masih ada tiga lagi yang belum muncul. Masih ada Aomine, Atsushi dan sang kapten Kiseki No Sedai Akashi. Tunggu kelanjutannya di Season 2 dan Season 3. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu