Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruBatagor Kering Bandung, Nikmati Sensasi Khas Pedas, Manis dan Gurih

Batagor Kering Bandung, Nikmati Sensasi Khas Pedas, Manis dan Gurih

Batagor kering Bandung merupakan salah satu jenis jajanan yang cukup populer di kota Bandung. Jajanan khas satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Tidak hanya pada kota asalnya saja, akan tetapi batagor juga cukup populer di berbagai wilayah Indonesia. Batagor mirip dengan siomay goreng.

Batagor berasal dari singkatan bakso tahu goreng. Cara pembuatannya pun cukup mudah, dengan bahan dasar tahu yang dilembutkan.

Selanjutnya diisi dengan adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan juga tepung tapioka. Selanjutnya campuran bahan tersebut dibentuk menyerupai bola yang kemudian digoreng dengan menggunakan minyak panas hingga matang.

Batagor dapat menjadi camilan untuk berbagai suasana. Bahkan jajanan ini dapat menjadi oleh-oleh khas saat anda berkunjung ke kota Bandung.

Ciri Khas Batagor Kering Bandung

Batagor adalah salah satu hidangan khas kota Bandung yang banyak ditawarkan, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Baca Juga: Sambal Goreng Kentang dalam Berbagai Kreasi Unik dan Lezat

Sesuai dengan namanya, bakso tahu goreng berasal dari tahu. Lalu berisikan adonan yang terbuat dari ikan serta tepung sagu atau tepung tapioka yang selanjutnya digoreng.

Pada umumnya, batagor tersaji dengan sambal kacang gurih serta pedas yang berbalut kecap. Selanjutnya hidangan tersebut memperoleh kelengkapan potongan jeruk limau untuk memberikan rasa yang menyegarkan.

Selain menggunakan ikan tenggiri, adonan isian batagor dapat terbuat dari jenis ikan lain seperti ikan tuna, kembung, atau udang dengan berbagai varian rasa.

Batagor kering Bandung merupakan salah satu jajanan pinggir jalan yang cenderung sebagai hidangan camilan. Selain rasanya yang khas, gurih, serta lezat, harga dari jajanan ini sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Saat ini banyak sekali pedagang yang menjajakan batagor kering, baik dengan berkeliling, membuka warung-warung pinggir jalan, bahkan anda bisa menemukan menu hidangan batagor pada rumah makan besar kota Bandung.

Anda pun dapat membeli batagor secara online. Dengan cara ini, tentu dapat membuat pemasaran batagor kering semakin menyebar ke berbagai wilayah.

Proses Pembuatan Batagor Kering Bandung

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, batagor khas Bandung berbahan dasar dari ikan tengiri, tepung tapioka, atau tepung sagu. Selain itu, juga terdapat bahan lain yang dapat anda temukan pada hidangan khas Sunda ini, yakni telur serta kulit pangsit.

Baca Juga: Kuliner Malam Bandung Paling Populer dan Khas Murah, Wajib Dicoba!

Untuk bumbu adonan batagor terdiri dari bawang putih, merica, garam, serta gula pasir. Mengenai proses pembuatannya, langkah pertama haluskan semua bumbu. Lalu tumis dan campurkan ke dalam ikan tenggiri yang telah halus.

Selanjutnya masukkan telur, sedikit minyak, serta santan secukupnya. Jangan lupa untuk mencampurkan tepung sagu ke dalam adonan tersebut. Setelah adonan tercampur rata, lalu bungkus dengan menggunakan kulit pangsit.

Kulit pangsit merupakan alternatif lain dari tahu. Adonan batagor yang telah terbungkus selanjutnya dapat anda goreng dengan api sedang agar memperoleh warna kuning kecoklatan. Batagor kering Bandung pun siap untuk anda hidangkan.

Batagor kering pada umumnya tersaji dengan bumbu kacang. Dalam pembuatan bumbu kacang, bahan-bahannya antara lain kacang yang telah halus, bawang putih, gula, garam, kecap, serta jeruk nipis.

Untuk proses pembuatannya, tumis bawang putih dan cabai. Selanjutnya tumisan anda haluskan, tambahkan gula, garam, dan juga kacang halus. Kemudian tambahkan air secukupnya, haluskan kembali hingga tingkat kekentalan sesuai yang anda inginkan.

Cara Penyajian Batagor Kering Bandung

Untuk penyajian batagor kering dapat anda siram dengan menggunakan saus bumbu kacang. Selanjutnya untuk menambah rasa segar dari batagor, dapat anda tambahkan dengan perasan jeruk nipis atau jeruk limau.

Bahkan ada pula yang menambahkan cuka sesuai dengan selera. Untuk anda para pecinta pedas, anda dapat menambahkan saus atau sambal dan juga kecap.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Lezat Dalam Berbagai Variasi dan Mudah Dipraktekkan

Perpaduan rasa pedas, manis, gurih, dan asam bersama dengan kehadiran rasa ikan tengiri yang khas, menjadikan hidangan ini memiliki cita rasa tersendiri. Selain itu, rasa kenyal dan renyah batagor kering menjadi sensasi nikmat untuk jajanan khas Bandung ini.

Jajanan batagor kering Bandung memiliki banyak penggemar hampir sebagian besar masyarakat. Karena rasanya yang nikmat dan khas, harga dari jajanan ini sangat terjangkau bagi semua kalangan. Istimewanya lagi, batagor kering saat ini tersedia dalam kemasan praktis yang tahan beberapa lama. Oleh karena itu, batagor dapat anda jadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke kota Bandung. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img